Royal Ambarrukmo dan Sekar Jagad Hadirkan Semangat Kartini Untuk Perempuan Berdaya Juang Tangguh

Share:

Perayaan hari Kartini yang agak berbeda di tahun ini, karena tepat jatuh di bulan suci Ramadhan.

Hal ini membuat Royal Ambarrukmo Yogyakarta dan juga Paguyuban Pecinta Batik (PPBI) Sekar Jagad, berkolaborasi pada Hari Kartini 21 April 2022.

Bedug Ramadhan di Pendopo Agung Ambarrukmo
Bedug Ramadhan di Pendopo Agung Ambarrukmo, photo : Andri/Piknikdong

Di waktu yang sama Royal Ambarrukmo Yogyakarta masih menyelenggarakan Bedug Ramadhan di Pendopo Agung Ambarrukmo yang telah berlangsung sejak 15 April 2022 lalu, sehingga kemeriahan makin bertambah dengan terselenggaranya Hari Kartini kali ini.

Semangat Kartini Untuk Perempuan Berdaya Juang Tangguh

Tema utama “Semangat Kartini Untuk Perempuan Berdaya Juang Tangguh” ini dipilih dengan maksud untuk aksi pemberdayaan perempuan-perempuan masa kini yang berjuang penuh semangat, utamanya di masa pandemi dengan berbagai peranan kehidupan yang dijalani.

Kini bukan hanya pendidikan yang setara dengan laki-laki seperti cita-cita awal seorang RA Kartini, namun lebih meluas pada kesetaraan perempuan dengan laki-laki di berbagai ranah kehidupan.

Di masa pandemi ini pun wanita semakin nampak juga turut menjadi penggerak ekonomi rumah tangga, selain perannya menjadi seorang ibu, istri dan teman sekaligus pendidik bagi anak-anak dalam kesehariannya di tengah bermacam kesibukan mereka.

Salah satunya kreatifitas dan inovasi perempuan yang mengembangkan UMKM di bidang produksi makanan, minuman, kerajinan, batik, dan dekorasi yang ditampilkan juga di Bedug Ramadhan Royal Ambarrukmo.

Tangguhnya perempuan atau Kartini masa kini patut diapresiasi dengan dorongan positif dan lingkungan yang mendukung kebahagiaan dan semangatnya agar dapat terus turut andil dalam berbagai hal, termasuk karir dalam pekerjaan.

Penampilan karya-karya busana muslim yang dibawakan oleh para anggota Sekar Jagad
Penampilan karya-karya busana muslim yang dibawakan oleh para anggota Sekar Jagad, photo : Andri/Piknikdong

Di perayaan Kartini kali ini yang agak berbeda ialah PPBI Sekar Jagad turut menggandeng tiga desainer kenamaan yaitu Lia Mustafa, Iffah M. Dewi dan Philip Iswardono yang menampilkan karya-karya busana muslim sebagai wujud semangat Ramadhan untuk persiapan menyonsong hari kemenangan di Idul Fitri nanti.

Penampilan karya-karya busana muslim ini dibawakan oleh para anggota Sekar Jagad dengan 15 karya terbaru dari tiga desainer tersebut.

Tak hanya itu, ada juga pembacaan tiga buah puisi Kartini karya beberapa tokoh muda Indonesia yang menjiwai semangat Kartini oleh para perempuan muda dari sahabat Royal Ambarrukmo Yogyakarta melalui Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta.

Acara kemudian ditutup menjelang waktu buka puasa dengan siraman rohani dari Hj. RAy. Sitoresmi.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 13

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!