Seribu Keindahan Yang Ditwarkan Air Terjun Coban Sewu Malang

Mungkin beberapa orang masih asing dengan destinasi wisata Coban Sewu. Secara administratif, air terjun ini sangatlah unik karena berada di dua daerah sekaligus, yakni terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang.

Keindahan air terjun Coban Sewu yang juga dikenal dengan air terjun tumpak sewu ini sangatlah berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Coban Sewu memiliki area air terjun yang tinggi dan sangat luas, dan jika dilihat seperti gabungan beberapa air terjun.

Seribu Keindahan Yang Ditwarkan Air Terjun Coban Sewu Malang
image : https://www.instagram.com/isna_firliana

Tidak hanya itu, Coban Sewu ini juga dihiasi dengan tebing kokoh yang diselimuti hijaunya tumbuhan, yang seakan-akan memeluk tebing.

Menuju Lokasi Coban Sewu

Jika dari Kota Malang, pengunjung bisa menuju arah Lumajang, karena seperti yang disebutkan diatas tadi, air terjun Coban Sewu berada tepat di dua kabupaten berbeda, yakni Malang dan Lumajang.

Memang agak jauh jika ditempuh dari Kota Malang, namun selama perjalanan kesini bakal disuguhkan panorama yang sangat indah, seperti hijaunya sawah, bukit sampai Gunung Semeru. So pasti akan membuat perjalanan terasa sangat menyenangkan.

Untuk menikmati Coban Sewu, terdapat dua spot yang bisa jadi pilihan, yakni Coban Sewu dari sisi Kabupaten malang yang brada tepat di Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading.

Sedangkan untuk spot Coban Sewu dari Lumajang, berada tepat di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Setelah sampai di destinasi, pengunjung bisa membeli tiket sekitar Rp 5000 per orang. Sebuah harga yang sangat terjangkau untuk menikmati seribu keindahan dari Coban Sewu.

Setelah memiliki tiket, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak yang bisa dibilang agak ekstrim dengan jarak kurang lebih 500m saja.

Hati-hati medan untuk turun cukup ekstrim, karena pengunjung harus menuruni menggunakan bambu. Walaupun fungsinya seperti tangga namun bambu ini lebih mirip seperti perosotan, karena berliku-liku dan sangat tinggi.

Menaiki tangga coban sewu
image : ww.instagram.com/echapiekny

Tapi semua itu akan terbayar ketika sudah sampai bawah air terjun. Air terjun yang sangat megah, besar, tinggi air yang bersih ditambah lingkungan yang masih sangat asri, bakal pengunjung nikmati ketika disni.

Air Terjun Coban Sewu malang
image : www.instagram.com/ramadhanpr

Tips Berkunjung Ke Coban Sewu

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, karena medan yang bisa dibilang cukup ekstrim, sebaiknya ketahui dahulu beberapa tips berikut ini, selain untuk kenyamanan juga untuk keselamatan bagi pengunjung.

1. Akan lebih baik jika menggunakan sendal dan sepatu outdoor

Untuk menikmati indahnya Coban Sewu, pengunjung dituntut untuk turun ke bawah air terjun. Maka dari itu sangat disarankan untuk memakai sandal dan sepatu outdor yang memang didisain untuk kegiatan tracking.

2. Gunakan Jasa Guide Untuk Menyusuri

Gunakanlah jasa guide untuk menyusuri jalan menuju Coban Sewu. Hal ini untuk berjaga-jaga agar tidak kesaar saat menuruni tebing. Selain itu dengan guide akan lebih aman, karena mereka tahu jalan.

3. Bawahlah Bekal Secukupnya. 

Jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup ketika menuruni tebing. Karena dibawah dipastikan tidak ada penjual yang menjajakan daganganya.

4. Perhatikan Cuaca Sekitar

Jika ingin berkunjung ke Coban Sewu sebaiknya perhatikan cuaca. Karena tidak akan memungkinkan untuk menuruni air terjun ketika cuaca lagi mendung ataupun hujan.

Sealin itu perhatikan juga waktu tempuh. Jadi jangan turun terlalu sore, karena bisa berbahaya ketika gelap tiba.

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?