Siap ke Festival Jogja Kota 2022, Ada Apa Saja Disana?

Share:

Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota dengan Kawasan Cagar Budaya yang cukup luas.

Memiliki luas wilayah 32,5 km atau hanya sekitar 1,02 % luas Provinsi DIY, Kota Yogyakarta memiliki 4 Kawasan Cagar Budaya (KCB), yaitu KCB Kotagede, KCB Kraton, Pakualaman, dan Kotabaru.

Festival Kota Jogja 2022
Festival Kota Jogja 2022, photo : Sany/Piknikdong

Keempat KCB tersebut masing-masing memiliki latar belakang sejarah serta kehidupan sosio kultural yang berbeda, dengan karakteristik dan keunikannya.

Kotagede menjadi representasi awal periode Mataram, sementara Kraton dan Pakualaman adalah babak baru tempat dimana pondasi Kraton Ngayogyakarta dan Kadipaten Pakualaman didirikan.

Bertempat tidak jauh dari Kraton, Malioboro menjadi bagian dari sumbu filosofis sekaligus cerminan pluralisme masyarakat Kota Yogyakarta dengan beragam etnis hidup di dalamnya.

Terakhir, KCB Kotabaru adalah sisi modernitas Kota Yogyakarta yang sedari awal didesain pemerintahan Kolonial Belanda sebagai tempat tinggal orang-orang Eropa.

Festival Jogja Kota 2022 diselenggarakan untuk menampilkan karakteristik dan keunikan sosio-kultural masing-masing KCB.

Kapan dan dimana Festival Jogja Kota Tahun 2022

Festival Jogja Kota batch kedua ini akan diselenggarakan di Embung Giwangan Jl. Tegalturi No.43 Giwangan, Kota Yogyakarta pada hari Jum’at sampai dengan Minggu tanggal 2 s.d 4 Desember 2022.

Ada apa saja di FESTA 2022 (Festival Jogja Kota)

Festival Jogja Kota 2022
Festival Jogja Kota 2022

FESTA 2022 akan menampilkan seni pertunjukan beserta potensi wilayah kolaborasi masyarakat 14 Kemantren se Kota Yogyakarta yang terklasterisasi dalam Kawasan Cagar Budaya (KCB).

Seperti yang kita tahu bahwa di Kota Yogyakarta ada 4 Kawasan Cagar Budaya (KCB) yaitu KCB Gumaton (Tugu-Malioboro-Kraton), KCB Pakualaman, KCB Kotabaru, dan KCB Kotagede.

Kolaborasi masyarakat antar Kemantren di Kawasan Cagar Budaya ini diistilahkan dengan ‘’Jagongan’’.

FESTA 2022, akan menampilkan ‘’Jagongan Kraton” yang menampilkan kolaborasi kemantren Kraton, Ngampilan, Wirobrajan, Mantrijeron, Gedongtengen dan Tegalrejo.

KCB “Jagongan Pakualaman” kolaborasi Kemantren Pakualaman, Gondomanan dan Mergangsan, ‘’Jagongan Kotabaru’’ kolaborasi Kemantren Gondokusuman, Jetis dan Danurejan serta ada ‘’Jagongan Kotagede’’ kolaborasi Kemantren Umbulharjo dan Kotagede.

Setiap ‘’Jagongan’’ menampilkan seni pertunjukan yang unik dan merepresentasikan potensi potensi di wilayah Kawasan Cagar Budaya masing-masing.

Banyak Stand Kuliner

Selain itu, setiap Jagongan akan meyediakan Booth yang berisi produk-produk unggulan baik kuliner maupun produk kreatif yang bisa dibeli oleh pengunjung.

Kemudian juga akan ada live cooking makanan khas di lokasi Booth seperti live cooking apem dan serabi kocor, sehingga pengunjung bisa merasakan experience yang berbeda.

Selain live cooking, juga akan ada Demo kerajinan seperti pembuatan Blangkon hingga praktek kesenian jemparingan yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Produk kuliner, live cooking, domo kerajinan tersebut bisa ditemukan pengunjung dalam booth-booth tiap ‘’Jagongan’’ yang di desaign unik dengan istilah Warung Kota atau WARKOT.

Jam Buka Festival Jogja Kota 2022

Dalam penyelenggaraan FESTA Tahun 2022 ini dimulai pukul 15.00 dan dikahiri pada pukul 22.00 setiap harinya.

Penampil atau artis di FESKOT 2022

FESKOT juga akan dimeriahkan oleh penampilan sederet artisartis Yogyakarta seperti DJ Dylan, Kabaret Show, Musik Angkringan, Udara Baand, Rubah di Selatan, FLKFSTVLS, Evanloss hingga The Rain.

Disetiap sore akan ada sesi diskusi interaktif dalam ‘’Afternoon Tea’’.

Afternoon Tea akan disi dengan diskusi film beserta para tokohtokoh perfilman serta diskusi interaktif jogja masa depan.

Di akhir pelaksanaan Festival Jogja Kota akan ada launching Kalender Event Budaya di tahun 2023 Penyelenggaraan Festival Jogja Kota Tahun 2022 ini terbuka untuk umum dan gratis tidak dipungut biaya.

Masyarakat bisa datang menyaksikan FESTA sejak dimulainya acara pukul 15.00 hingga selesai.

Pelaksanaan FESTA di Embung Giwangan diharapkan mampu menumbuhkan potensi ekonomi dan budaya di Kawasan Jogja Selatan.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 3.7 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!