Indahnya Golden Sunrise Silancur Highland Magelang, Bikin Gak Mau Pulang!

Halo sobat piknik, sudah siap untuk piknik di era new normal ini? Kangen gak sih sama destinasi alam yang tenang, sejuk dan asri?

Pasti menyenangkan jika mengunjungi destinasi wisata yang menyejukkan dan jauh dari hingar bingar kota ya, dan kali ini destinasi tersebut berada di Kabupaten Magelang yang juga dikenal dengan kota seribu bunga.

Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki wisata alam yang indah lho, namanya Silancur Highland.

Kenalan dengan Silancur Highland

Silancur Highland dari atas, photo by IG : @silancurhighland
Silancur Highland dari atas, photo by IG : @silancurhighland

Silancur Highland adalah tempat wisata selfie yang berada di Magelang Jawa Tengah. Desainnya yang menarik, ditambah dukungan alam yang mempesona serta lokasinya  yang sangat strategis, membuat Silancur Highland selalau ramai dikunjungi wisatawan.

Dibilang sangat strategis karena lokasinya berada di kaki gunung, alhasil saat berfoto disini, bakal memiliki background luar biasa indah dari Gunung Sumbing yang bisa diambil dari atas menara pandang yang sudah disiapkan.

Keindahan Silancur Highland

Lalu seperti apa sih keindahan Silancur Highland ini? Kenapa harus masuk list sobat piknik?

Seperti yang disebutkan di atas tadi bahwa Silancur Highland merupakan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan sejuk dan asri, tapi tak hanya itu saja, bagi penggemar swafoto, tempat ini cocok untuk kebutuhan foto yang bisa diunggah di medsos.

Keindahan Silancur Highland, photo by IG : @nanang_adisusilo
Keindahan Silancur Highland, photo by IG : @nanang_adisusilo

Selain pemandangan alam yang memanjakan mata di Silancur Highland ini juga terdapat Gazebo yang dapat digunakan untuk berfoto dan mengamati alam dari puncak.

Hawa dingin yang sejuk khas pegunungan akan membuat betah berlama-lama duduk disini sekedar untuk melapas penat dan relaksasi dari padatnya kegiatan sehari-hari.

Golden Sunrise Silancur Highland

Masih ada satu yang jadi primadona di Silancur highland ini, yakni Golden Sunrise yang luar biasa indah.

Golden Sunrise di Silancur Higland Magelang, photo by IG : @nanang_adisusilo
Golden Sunrise di Silancur Higland Magelang, photo by IG : @nanang_adisusilo

Untuk menikmati indahnya Golden Sunrise ini, pengunjung diharapkan sudah berada di lokasi sejak pukul 5 pagi. Dan wow, dijamin bakal sangat bersyukur sudah dilahirkan di Indonesia dengan jutaan keindahan alam didalamnya.

Namun jangan lupa juga untuk membawa jaket tebal ya, karena udara disini sangat dingin, bahkan saat pukul 9 pun masih terasa cukup dingin.

Fasilitas Silancur Highland

Camping di Silancur Highland, photo by : @abibagas21
Camping di Silancur Highland, photo by : @abibagas21

Tenang, untuk fasilitas di Silancur Hghland tergolong cukup lengkap, disini tersedia gardu pandamg spot foto, camping ground, dan yang utama adalah taman bunga.

Selain itu, untuk fasilitas umum juga sudah lengkap, seperti area parkir yang memadahi, mushola, toilet, tempat untuk istirahat dan beberapa warung penjual makanan.

Dimana sih alamat Silancur Highland ini?

Tempat wisata Magelang yang satu ini berada tepat di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Desa ini juga digunakan untuk basecamp pendakian ke Gunung Sumbing. (Google Map)

Rute menuju Silancur Highland Magelang

Menuju lokasi wisata ini cukup mudah kok, hanya berjarak 18 km dari pusat kota Magelang.

Untuk rute sendiri bisa dimulai dari Alun-alun magelang. Dari Alun-alun tersebut cukup arahkan kendaraan ke arah Barat menuju daerah Bandongan.

Setelah sampai Bandongan tepatnya Pasar Bandongan lurus saja ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan Tonoboyo.

Dari pertigaan tersebut belok kiri ke arah Kalegen sampai bertemu lagi dengan pertigaan, nah dari pertigaan tersebut belok ke arah Mangli, ikuti terus jalan tersebut sampai ke Kawasan Silancur Highland.

Jika masih bingung jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar, mereka akan dengan senang hati memberi petunjuk.

Harga tiket masuk Silancur Highland

Harga tiket sendiri terbilang masih murah dan terjangkau, setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000,00 per orang. Harga tiket tersebut sangat murah jika dibandingkan dengan pemandangan yang disuguhkan.

Tips ke Silancur Highland

Sebelum liburan ke Silancur Highland, sebaiknya perhatikan dulu beberap tips dibawah ini, agar liburan lebih menyenangkan.

  1. Sebelum menuju lokasi tempat wisata pastikan BBM dalam kondisi terisi banyak ya, walaupun tidak penuh. Karena di dekat lokasi tidak ada SPBU.
  2. Pastikan kendaraan juga dalam keadaan prima, karena akses jalan yang menanjak.
  3. Jika ingin mendapatkan golden sunrise, sebaiknya menginap saja, karena disini sudah tersedia camping ground. Tapi jika ingin datang pagi buta juga tidak masalah.
  4. Pastikan tubuh dalam keadaan prima, karena cuaca disini bisa berubah cepat, dan cenderung dingin.
  5. Di era pandemi sekarang ini, jangan lupa tetap menerapkan physical distancing.
  6. Jangan lupa tetap memakai masker.
  7. Sering-seringlah cuci tangan, baik menggunakan hand sanitizer ataupun air dan sabun.
  8. Jagalah kebersihan tempat wisata. Walaupun memang sudah ada petugas yang membersihkan, namun sampah kita adalah tanggung jawab kita juga.

Jadi, jangan lupa agendakan untuk berkunjung kesini ya, jangan lupa share di instagram menggunakan hastag #piknikdong, atau bisa juga dengan ditag ke @piknikdong.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.6 / 5. Jumlah 13

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Seorang mahasiswa ekonomi yang hobi akan main musik, selalu meluangkan waktu untuk travelling ditengah kesibukan. Kegiatan yang menyenangkan lain adalah tidur.
BAGIKAN
Komentarmu?