Simposium Bakal Hadir Kembali di Acara 32 Tahun Jumenengan Sri Sultan HB X

Pada Hari Selasa Wage, 7 Maret 1989 atau 29 Rejeb. Tahun Wawu 1921, KGPH Mangkubumi dinobatkan sebagai Raja ke-10 Keraton Kasultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Selanjutnya, setiap tanggal 29 Rejeb akan digelar peringatan ulang tahun penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X atau Tingalan Jumenengan Dalem.

GKR Bendoro dan GKR Hayu di Press Conference Jumenengan Sri Sultan HB X
GKR Bendoro dan GKR Hayu di Press Conference Jumenengan Sri Sultan HB X, Photo : Andri

Secara tradisional, Tingalan Jumenengan Dalem terdiri atas rangkaian beberapa kegiatan seperti Ngebluk, Ngapem, Sugengan, dan Labuhan. Dalam perhitungan Kalender Jawa, tahun ini Sri Sultan Hamengku Buwono X genap bertakhta selama 32 tahun pada tanggal 29 Rejeb Tahun Wawu 1953 atau bertepatan dengan 24 Maret 2020.

Tahun ini sangat istimewa karena akan menjadi siklus windu ke-4 peringatan Tingalan Jumenengan Dalem. Sehingga perhitungan hari dan tahun peringatan akan tepat terjadi pada Hari Selasa Wage pada Tahun Wawu. Peristiwa ini disebut juga dengan istilah Tumbuk Ageng.

Disamping kegiatan rutin yang bersifat tradisional, setiap tangggal 7 Maret juga digelar beberapa kegiatan peringatan penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X berdasarkan perhitungan Kalender Masehi.

Pada tahun 2020, Sri Sultan Hamengku Buwono X genap bertakhta selama 32 tahun. Kraton Jogja akan menggelar berbagai kegiatan selama bulan Maret 2020, antara lain: Pameran Budaya, Simposium Internasional, Pertunjukan Seni Adiluhung, dan kegiatan adat seperti Ngebluk, Ngapem, Sugengan, dan Labuhan.

Salah satu acara menarik yang dinanti adalah adalah Simposium dan Pameran Budaya. Setelah sukses menggelar Simposium dan Pameran Budaya budaya dalam rangka peringatan Tingalan Jumenengan Dalem 2019, Keraton Yogyakarta kembali menggelar agenda yang sama pada tahun 2020.

Dengan mengusung tema “Busana dan Peradaban di Keraton Yogyakarta”, kegiatan Simposium Internasional kali ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Maret 2020 di The Kasultanan Ballroom Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Harga Tiket Simposium Kraton Jogja
Harga Tiket Simposium Kraton Jogja

Simposium akan dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.  dan dibuka dengan menampilkan Beksan Lawung Ringgit, persembahan KHP Kridhomardowo Keraton Yogyakarta.

Agenda Simposium Internasional ini akan menghadirkan pembicara tamu dari dalam dan luar negeri. Selain itu juga terdapat pembicara dari call for paper terpilih yang diikuti oleh akademisi, peneliti atau peminat budaya Jawa dari segala penjuru nusantara dan mancanegara.

Advertisements

Setelah dibuka selama satu bulan, telah dipilih 8 pembicara dari total 108 pendaftar. Berikut daftar pembicara dalam simposium:

Hari I: Senin, 9 Maret 2020

Sesi I: Sejarah

  1. Depictions of Textiles in Ancient Java (8th – 15th Century). Sandra Sardjono: Tracing Pattern Foundation, San Francisco, USA
  1. Dari Motif “Koin” dan “Patola” Menjadi Motif Kawung dan Nitik: Akulturasi Kain Impor Menjadi Kain Tradisional di Keraton Yogyakarta. Siti Maziyah: Departemen Sejarah, Universitas Diponegoro, Semarang
  1. Power and Aesthetic; Royal Attires of Sultan and Sentana Dalem in the Sultaate of Ngayogyakarta Hadiningrat Based on Kassian Cephas Photographs. Aditya Revianur: Departemen Arkeologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (call for paper 1)
  1. Perkembangan Songsong Kraton Yogyakarta: Perbandingan Songsong dalam Naskah Jawa dan Masa Sekarang. Ghis Nggar Dwiadmojo: Universitas Negeri Yogyakarta (call for paper 1)

Sesi II: Filologi

  1. Illustrated Manuscripts from Yogyakarta and the Attire on the Illustrations Wear. Dick van der Meij, Leiden, The Netherlands.
  1. Proses Membatik dalam Naskah Bab Sindjang. Rendrawan Setiya Nugraha: Kajian Sastra dan Budaya, Universitas Airlangga, Surabaya.
  2. Mode, Kostum, Dan Kultur Orang Jawa Dalam Arsip Litografi Dyah Indrawati: Kajian Reliji dan Budaya, Universitas Sanata Darma Yogyakarta (call for paper 1).
  1. Perbandingan Teks Pemut Awisan Dalem dalam Naskah Yogyakarta Court Record dengan Awisan dalam Peraturan Gubernur Nomor 87 Tahun 2014 Sri Suryani: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (call for paper 1).

Hari II:  Selasa, 10 Maret 2020

Sesi III: Seni Pertunjukan

  1. Dressing Up: Gamelan and Performance Attire. Jennifer Lindsay, The Australian National University, Australia.
  1. Busana Bedhaya Keraton Yogyakarta: HB I – HB X. Th. Suharti (KRT Nyi Pujaningsih): KHP Kridhomardowo, Keraton Yogyakarta.
  1. The Emperor’s New Clothes: Bhūṣaṇa as a Way to Embody Refinement and Civilization in the Performing Arts of Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ilaria Meloni & Sietske Rijpkema: La Sapienza University of Rome (call for paper 1).
  1. Busana Wayang Wong Perubahan Visual Culture Di Awal Abad Ke-20Dr. Revianto Budi Santoso: Departemen Arsitektur, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (call for paper 1).

Sesi IV: Sosial Budaya

  1. Royal Attire in the Course of Time: From Hindu-Buddhist Kingdoms, through Kartasura, to Modern Yogyakarta. Jiri Jakl: Heidelberg University, Germany.
  1. Mengungkap Arti Penting Nama bagi Masyarakar Jawa Melalui Penamaan Batik Semen Yogyakarta. Retno Purwandari: Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta.
  2. The Journey of Preserving the Fashion of Ancestral Heritage (Perjalanan Melestarikan Busana Warisan Leluhur). Indra Tjahjani: University of Canberra, Australia (call for paper 1).
  1. Dinamika Modern dalam Tradisi Pakaian Keraton Yogyakarta. Muhammad Sungaidi: UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (call for paper 2).

Peserta simposium terbuka untuk umum tanpa harus mengirimkan paper terlebih dahulu. Akan dibuka total 500 tiket setiap hari dalam simposium tersebut.

Sebanyak 100 tiket early bird dijual pada Jumat (14/) sejak pukul 00.00 hingga Senin (17/2) pukul 12.00 dengan skema khusus untuk tiket bundling selama dua hari sebesar Rp 250.000.

Selanjutnya, 400 tiket reguler akan dijual mulai Senin (17/2) pukul 13.00 hingga Selasa (10/3) pkl 08.00-sampai habis, dengan ketentuan berikut:

  • Pelajar, (Single Days, Hari 1 atau Hari 2) Rp150.000
  • Pelajar (All Days, Hari 1 dan 2) Rp 250.000
  • Umum, (Single Day, Hari 1 atau Hari 2) Rp 300.000
  • Umum, (All Days, Hari 1 dan 2) Rp 500.000

*Pelajar adalah mahasiswa aktif (hingga jenjang S2) yang dibuktikan dengan kartu pelajar/mahasiswa yang masih berlaku.

*Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dibatalkan atau diubah. Data diri yang telah difinalisasi akan digunakan untuk penulisan tanda peserta dan sertifikat.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?