Stasiun BNI City Diuji Coba Uji Coba Untuk Naik Turun Pengguna KRL

Share:

Mulai Sabtu, 30 Juli 2022 KAI Commuter melakukan ujicoba operasi Stasiun BNI City sebagai stasiun KRL untuk pelayanan naik dan turun pengguna yang mana sebelumnya di Stasiun BNI City hanya melayani perjalanan KA Bandara relasi Manggarai – Bandara Soekarno Hatta PP yang dikelola oleh KAI Bandara.

Stasiun ini sendiri, nantinya setiap hari akan melayani perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan via Pasar Senen ataupun via Manggarai.

Stasiun BNI City
Stasiun BNI City, photo : KRL.co.id

Sebanyak 199 perjalanan KRL dan 40 perjalanan KA Bandara. Dengan lokasi diantara lintas Manggarai – Tanah Abang tepatnya di KM 2 +5, Stasiun BNI City termasuk Stasiun Besar tipe C dengan memiliki 2 jalur untuk pelayanan perjalanan KA.

Untuk fasilitas pelayanan perjalanan KRL, KAI Commuter telah menyiapkan loket, tujuh buah gate elektronik untuk proses masuk dan keluar pengguna, tiga buah C-VIM untuk top up dan marka-marka petunjuk di area stasiun.

Sedangkan untuk fasilitas pelayanan penumpang KA Bandara tetap sama, yaitu dapat melakukan pembelian tiket di Vending Machine yang terletak di lantai 1 Stasiun BNI City maupun melalui aplikasi dan website.

Selain itu, untuk memudahkan perpindahan antar moda bagi penumpang Commuterline yang akan menggunakan KA Bandara, terdapat juga program Tap N Go.

Penumpang Commuterline cukup tap KMT maupun kartu prepaid Perbankan di Gate KA Bandara dengan memastikan minimal saldo Rp. 70.000 (harga relasi terjauh).

Fasilitas-fasilitas penunjang lainnya juga tersedia di stasiun ini seperti lift dan eskalator untuk pengguna prioritas, musholla, toilet, ruang menyusui, tempat parkir kendaraan bermotor dan area komersil.

Stasiun ini terhubung langsung dengan Stasiun Sudirman dan Jalan Protokol Jenderal Sudirman. Stasiun ini juga terintegrasi dengan Stasiun MRT dan Halte Trans Jakarta.

Dalam uji coba pengoperasian Stasiun BNI City ini, pelayanan naik turun pengguna KRL di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet tetap beroperasi normal.

Stasiun BNI City diprediksi akan melayani rata-rata pengguna KRL pada hari kerja sebanyak 9.320 orang per hari dan 3.803 orang pengguna di akhir pekan.

KAI Commuter juga memprediksi volume pengguna yang akan beralih ke Stasiun BNI City dari Stasiun Sudirman sebanyak 40% dan 30% pengguna dari Stasiun Karet.

Saat ini, tercatat volume rata-rata pengguna tiap hari di Stasiun Sudirman sebanyak 16.232 orang, sedangkan volume rata-rata pengguna pada masa sebelum pandemik sebanyak 25.083 orang per harinya.

Sementara itu rata-rata volume pengguna di Stasiun Karet pada saat ini sebanyak 6.528 orang per hari, sedangkan sebelum masa pandemik sebanyak 11.365 orang perhari.

Direktur KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan dengan uji coba pengoperasian Stasiun BNI City untuk pengguna KRL, diharapkan bisa menjadi pilihan untuk naik dan turun selain di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

“Uji coba pengoperasian stasiun ini juga diharapkan dapat memberikan lagi kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan transportasi KRL.”

Direktur Utama KAI Bandara Anggoro Triwibowo menambahkan bahwa dengan mulai melayaninya Stasiun BNI City untuk naik turun penumpang KRL pada tanggal 30 Juli 2022 besok, diharapkan menjadi alternatif bagi penumpang KA Bandara yang akan melakukan perpindahan antar moda di Stasiun BNI City.

“Jika sebelumnya penumpang KA Bandara yang turun di Stasiun BNI City harus berjalan 200-300M untuk melanjutkan menggunakan commuterline di Stasiun Sudirman, maka kini penumpang cukup tap out di Lantai 1 Stasiun BNI City dan melanjutkan menggunakan Commuterline pada peron yang sama”.

Dalam uji coba pengoperasian nanti, KAI Commuter dan KAI Bandara tetap menyiagakan petugas-petugas untuk membantu pengaturan flow dan memberikan informasi kepada penumpang di area stasiun.

“KAI Commuter juga menghimbau demi kenyamanan bersama agar para pengguna untuk selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area stasiun BNI City ini.”

tutup Roppiq.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!