in

Mengenal Apa Itu Steward, Pengertian, Tugasnya Apa dan Kisaran Gajinya

gnews piknikdong
Bagikan:

Piknikdong.com – Sedang mencari informasi tentang apa itu Steward, pengertiannya, tugasnya apa hingga berapa gajinya? Ya, kamu sudah berada di tempat yang sangat tepat.

Steward adalah profesi yang memiliki peran penting dalam berbagai bidang, seperti penerbangan, perhotelan, restoran atau kitchen hingga perusahaan-perusahaan besar.

Mengenal Apa Itu Steward, Pengertian, Tugasnya Apa dan Kisaran Gajinya
Mengenal Apa Itu Steward, Pengertian, Tugasnya Apa dan Kisaran Gajinya. photo : Freepik

Ragam Jenis Stewars

1. Steward Penerbangan

Steward, dalam konteks penerbangan, merupakan seorang kru kabin yang bertanggung jawab dalam memberikan layanan kepada penumpang selama penerbangan berlangsung.

Profesi steward dalam industri penerbangan sangat penting dalam menjaga kenyamanan dan keamanan para penumpang selama perjalanan.

Seorang steward harus memiliki keterampilan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang, mulai dari memberikan makanan dan minuman hingga membantu penumpang dalam keadaan darurat.

Steward juga harus dapat bekerja dalam tekanan yang tinggi, mengingat mereka harus siap sedia dalam situasi darurat seperti kebakaran atau kerusuhan di dalam pesawat.

Untuk menjadi seorang steward, seseorang harus menjalani pelatihan yang intensif, baik dalam hal keterampilan interpersonal maupun teknis.

Pelatihan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari keterampilan berkomunikasi dengan penumpang, mengenali gejala-gejala keracunan makanan, hingga melakukan tindakan darurat dalam situasi krisis di dalam pesawat.

Selain itu, seorang steward juga harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang keselamatan penerbangan dan peraturan yang berlaku di bidang penerbangan.

Hal ini penting untuk memastikan keselamatan penumpang dan seluruh kru pesawat.

2. Steward Hotel

Sementara itu, profesi steward hotel bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan keteraturan di dalam hotel.

Tugas seorang steward mencakup membersihkan kamar tamu, mengganti linen dan handuk, serta menjaga kebersihan area umum di dalam hotel.

Steward juga harus dapat bekerja dengan cepat dan efisien, mengingat mereka harus menyelesaikan tugas mereka dalam waktu yang singkat.

Untuk menjadi seorang steward di industri perhotelan, seseorang harus memiliki keterampilan dalam menjaga kebersihan dan ketertiban.

Selain itu, seorang steward juga harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik, mengingat mereka harus berinteraksi dengan tamu hotel dalam memberikan pelayanan yang baik.

3. Steward Kitchen

Steward kitchen adalah seorang pekerja yang bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan keteraturan dapur di restoran, hotel, atau tempat makan lainnya.

Tugas utama seorang steward kitchen adalah membersihkan peralatan dapur seperti panci, wajan, dan alat-alat masak lainnya setelah digunakan.

Selain itu, mereka juga harus menjaga kebersihan dan keteraturan area dapur, termasuk lantai, dinding, dan area penyimpanan bahan makanan.

Steward Tugasnya Apa?

Tugas steward dapat berbeda-beda tergantung pada bidang kerja yang mereka geluti, seperti dalam industri penerbangan, perhotelan, kitchen atau restoran.

Namun secara umum, tugas steward adalah sebagai berikut:

1. Memberikan pelayanan kepada tamu atau penumpang

Seorang steward bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada tamu atau penumpang dengan baik dan sopan.

Hal ini mencakup memberikan makanan dan minuman, membantu penumpang dengan bagasi, dan memberikan informasi tentang perjalanan atau fasilitas yang tersedia.

2. Menjaga kebersihan dan keteraturan

Seorang steward bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan keteraturan di tempat kerja.

Hal ini mencakup membersihkan kamar hotel atau pesawat, mencuci dan menyetrika linen, dan membersihkan peralatan dapur.

3. Menjaga keselamatan

Dalam industri penerbangan, seorang steward juga bertanggung jawab dalam menjaga keselamatan penumpang selama penerbangan berlangsung.

Mereka harus memastikan bahwa penumpang mengikuti peraturan keselamatan dan siap sedia dalam situasi darurat seperti kebakaran atau kerusuhan di dalam pesawat.

4. Membantu dalam proses operasional

Seorang steward juga dapat membantu dalam proses operasional di tempat kerja, seperti membantu dalam persiapan makanan dan minuman atau membantu dalam proses check-in dan check-out di hotel.

5. Menjaga hubungan baik dengan tamu atau penumpang

Seorang steward juga harus dapat menjaga hubungan baik dengan tamu atau penumpang.

Hal ini mencakup berkomunikasi dengan baik, memberikan solusi atas keluhan atau permintaan tamu atau penumpang, dan memberikan layanan yang ramah dan sopan.

Secara keseluruhan, tugas seorang steward meliputi memberikan pelayanan yang baik, menjaga kebersihan dan keteraturan di tempat kerja, menjaga keselamatan, membantu dalam proses operasional, dan menjaga hubungan baik dengan tamu atau penumpang.

Tugas-tugas ini memerlukan keterampilan interpersonal yang baik, kemampuan bekerja dalam tim, dan keterampilan teknis yang diperlukan dalam bidang kerja yang mereka geluti.

Secara keseluruhan, profesi steward merupakan profesi yang sangat penting dan menuntut keterampilan yang tinggi.

Baik di industri penerbangan maupun perhotelan, seorang steward harus mampu memberikan pelayanan yang baik dan menjaga keamanan serta kenyamanan penumpang atau tamu hotel.

Oleh karena itu, menjadi seorang steward memerlukan komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Berapa Gaji Steward?

Gaji steward dapat bervariasi tergantung pada bidang kerja, pengalaman, dan negara di mana mereka bekerja.

Berikut ini adalah perkiraan gaji steward dalam beberapa bidang kerja:

1. Gaji Steward Penerbangan

Gaji seorang steward di industri penerbangan bervariasi tergantung pada maskapai penerbangan yang mereka bekerja.

Di beberapa maskapai, gaji awal seorang steward bisa berkisar antara 1.500 – 2.000 USD per bulan.

Namun, gaji tersebut dapat meningkat seiring dengan pengalaman dan masa kerja.

2. Gaji Steward Hotel

Gaji seorang steward di industri perhotelan dapat bervariasi tergantung pada ukuran hotel, lokasi, dan jenis pekerjaan yang mereka lakukan.

Secara umum, gaji seorang steward di hotel bintang tiga atau empat di Indonesia berkisar antara 2-3 juta rupiah per bulan.

Namun, gaji tersebut dapat lebih tinggi di hotel bintang lima atau di negara lain dengan biaya hidup yang lebih tinggi.

3. Gaji Steward restoran

Gaji seorang steward di industri restoran dapat bervariasi tergantung pada jenis restoran dan lokasi.

Sebagai contoh, di Indonesia, gaji seorang steward di restoran cepat saji dapat berkisar antara 1-2 juta rupiah per bulan, sedangkan di restoran fine dining, gaji tersebut dapat lebih tinggi dan berkisar antara 3-5 juta rupiah per bulan.

Namun, perlu diingat bahwa gaji tersebut hanya perkiraan dan dapat berbeda tergantung pada banyak faktor.

Selain itu, gaji seorang steward dapat meningkat seiring dengan pengalaman dan keterampilan yang dimilikinya.

Itulah ulasan tentang apa itu Steward, pengertian, tugasnya apa dan kisaran gajinya. Semoga bermanfaat.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.