Sukses Datangkan 25.000 Pengunjung, Ubud Writers & Readers Festival Digelar Kembali Tahun Depan

Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2019 telah sukses diselenggarakan pada 23-27 Oktober lalu.

Penyelenggaraan UWRF ke-16, yang disebut sebagai satu dari lima festival sastra terbaik dunia untuk tahun 2019 versi The Telegraph UK, mempersembahkan lebih dari 180 pembicara dari 30 negara yang mengisi lebih dari 170 program. 

UWRF19 - Main Program Behrouz Boochani and Omid Tofighian, No Friend but The Mountains - Wirasathya Darmaja (1)
UWRF19 – Main Program Behrouz Boochani and Omid Tofighian, No Friend but The Mountains – Wirasathya Darmaja

Dalam UWRF19, nama-nama besar dunia sastra nasional maupun internasional seperti Seno Gumira Ajidarma, Laksmi Pamuntjak, Leila S. Chudori, Nirwan Dewanto, Iksaka Banu, Azhari Aiyub, Tara June Winch, Novuyo Rosa Tshuma tampil berdampingan bersama para sutradara, penulis naskah, penulis buku makanan, seniman, desainer, penyiar, penasehat global strategis, pegiat seperti Garin Nugroho, Rayya Makarim, Didiet Maulana, Butet Manurung, Lala Bohang, Resa Boenard, Richard Fidler, Parag Khanna, Yotam Ottolenghi, dan masih banyak lagi.

Sosok-sosok inspiratif yang telah lama berkecimpung di dunia jurnalisme seperti Andreas Harsono, Janet Steele, hingga Frank Palmos pun ikut berbagi wawasannya selama Festival.

Tidak terlewat, UWRF juga turut memperkenalkan lima penulis emerging yang karya-karyanya lolos kurasi Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2019. Kelimanya diberi ruang untuk tampil dan berkolaborasi dengan para pembicara Festival dalam berbagai program.

UWRF mengemas 70 Main Program berupa panel diskusi yang digelar di tiga venue utama yaitu Indus Restaurant, Taman Baca, dan NEKA Museum.

Festival Hub di Taman Baca juga menjadi rumah bagi beberapa program lainnya dari peluncuran buku, pemutaran film, pameran seni, pertunjukan musik, lokakarya, maupun Children & Youth Program. Meski demikian, Festival juga tetap bekerja sama dengan puluhan lokasi seperti restoran, kafe, hotel, sekolah, dan museum di Ubud dan sekitarnya untuk penyelengaraan program-program tersebut, begitu pula untuk Special Events, Fringe Events, In-school Program, lokakarya budaya, dan lain-lain.

Tahun ini, Festival berhasil mendatangkan sekitar 25.000 Pengunjung dari dalam dan luar negeri. Menurut data yang dihimpun oleh tim UWRF, Festival telah ikut berkontribusi ke komunitas lokal senilai lebih dari Rp 4 miliar, yang dikeluarkan oleh para pengunjung festival selama enam hari untuk biaya akomodasi di berbagai penginapan, transportasi, restoran, spa, souvenir, museum, galeri, dan acara budaya di Ubud dan sekitarnya.

Dari data tersebut, tercatat 85% pengunjung yang hadir dalam UWRF19 menyampaikan bahwa mereka secara khusus datang ke Ubud untuk UWRF19, dan 40% pengunjung merupakan pengunjung yang baru pertama kali ke Festival.

Advertisements

Sukses Datangkan 25.000 Pengunjung, Ubud Writers & Readers Festival Digelar Kembali Tahun Depan 1

“Pada bulan Januari tahun ini, UWRF dinobatkan sebagai salah satu dari lima festival sastra terbaik dunia untuk 2019 oleh The Telegraph,”

ujar Pendiri & Direktur UWRF Janet DeNeefe.

“Setelah percakapan mendalam yang tak terhitung jumlahnya selama Festival, dan setelah membaca ratusan saran dari pembicara dan pegunjung Festival, saya benar-benar merasa bahwa apa yang kami hadirkan di tahun ke-16 ini tidak seperti acara sastra lainnya di dunia.”

“UWRF unik dalam banyak hal, tetapi barangkali aspek yang paling menonjol dari keunikan kami adalah kemurahan hati yang kami terima dari begitu banyak individu, bisnis, dan organisasi yang berbeda.

Sebanyak 180 partners telah membantu kami mewujudkan UWRF19.

Mewakili tim Festival, saya mengucapkan terima kasih kepada masing-masing dari mereka, begitu pula kepada semua pembicara, relawan, dan pengunjung Festival yang membantu menghadirkan UWRF tahun ke-16 ini.

Sampai jumpa kembali dalam festival tahun ke-17 kami pada 28 Oktober hingga 1 November 2020!

Pungkas Pendiri & Direktur UWRF Janet DeNeefe.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 3

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?