Svargabumi Borobudur, Sawah Instagramable di Magelang Jawa Tengah

Kabupaten Magelang Jawa Tengah saat ini sedang gencar melakukan promosi pariwisata, selain memiliki ikon pariwisata kelas Nasional dan Internasional, kini destinasi-destinasi wisata alam baru bermunculan di Magelang, salah satunya adalah wisata Svargabumi Borobudur.

Svargabumi merupakan wisata alam dengan pemandangan hamparan sawah hijau yang luas dengan latar Candi Borobudur dan Bukit Menoreh.

Svargabumi Magelang, image by IG : @faajarkp
Svargabumi Magelang, image by IG : @faajarkp

Nama Svargabumi diambil dari makna kata surga dimana tempat ini merupakan tempat yang indah layaknya surga yang berada di Bumi.

Wisata yang dirintis oleh masyarakat ini diharapkan dapat menjadi salah satu wisata alternatif saat berkunjung ke Magelang selain mengunjungi Candi Borobudur. Meski konsep wisata alam yang dibangun di atas sawah namun nyatanya konsep wisata ini tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Hal yang dapat dilakukan di Svargabumi

Banyak sekali jika ingin diulas apa yang bisa dilakukan dan dinikmati saat berkunjung ke Svargabumi ini, namun mimin akan sebutkan beberapa yang paling menarik untuk dicoba.

Adanya spot foto yang beraneka ragam, jalur pematang sawah yang dibuat jalan dengan kayu langsung memanjakan mata, tak tanggung-tanggung terdapat 22 spot selfie yang bisa digunakan untuk menambah dan mempercantik feed instagram kalian.

Salah satu ayunan, spot foto di Svargabumi Borobudur, Imgae by IG : @aqillasaprilia
Salah satu ayunan, spot foto di Svargabumi Borobudur, Imgae by IG : @aqillasaprilia

Spot yang pertama ukiran kayu dengan frame Candi Borbudur dikejauhan, selain itu ada juga spot foto tengah sawah dan juga spot ayunan, dan masih banyak lagi.

Semua spot dijamin unik, dan yang pasti melewati pematang sawah untuk berpindah ke spot lainnya akan memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung, terutama yang belum pernah atau jarang berkunjung ke daerah persawahan.

Fakta menariknya adalah jalur yang dibuat dari kayu ini ternyata juga berfungsi untuk menata tanaman padi. Baru tau kan?

Wisata ini resmi dibuka pada tanggal 08 Agustus 2020, dan sampai saat ini sudah ribuan wisatawan yang berkunjung menikmati hamparan persawahan dan juga mencoba berbagai spot foto.

Svargabumi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, image by IG : @ceceolive_oil
Svargabumi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, image by IG : @aqillasaprilia

Tak hanya wisatawan lokal dari Magelang dan Yogyakarta saja yang mengunjungi wisata ini namun ada juga wisatawan yang berasal dari luar Yogyakarta bahkan luar pulau sepeti Kalimantan dan Sulawesi. Kebanayakan wisatawan mengetahui temat ini dari berbagai postingan di media sosial.

Harga tiket masuk Svargabumi dan jam buka

Wisatawan yang ingin berkunjung kesini diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000,- untuk dewasa dan Rp 15.000,- untuk anak-anak.

Sebelum masuk ke kawasan wisata ini pengunjung wajib diperiksa suhu tubuh, memakai masker, cuci tangan dan juga menjaga jarak selama di lokasi.

Untuk jam buka di hari sabtu & minggu mulai pukul 06.30 – 18.00 WIB (Weekend) sedangkan untuk hari lainnya mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB (Weekday) kecuali hari kamis libur.

Karena saat ini masih termasuk pandemi maka jumlah pengunjung dibatasi, hanya boleh 50% dari kapasitas antara 1500-2000 pengunjung setiap harinya. Yang terpenting saat berkunjung tetap mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan.

Lokasi Svargabumi

Svargabumi Borobudur, Image by IG : @awaneko20
Svargabumi Borobudur, Image by IG : @awaneko20

Jika bertanya Svargabumi dimana, wisata alam yang satu ini berada di perbatasan dusun Ngaran dan dusun Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur.

Jika kalian dari Borobudur cukup mengarah kearah Balkondes Ngaran sejauh 3 km saja, atau bisa juga menggunakan google maps (klik disini) jika masih bingung.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Svargabumi

Svargabumi Borobudur Wisata Terbaru di Magelang, image by IG : @ceceolive_oil
Svargabumi Borobudur Wisata Terbaru di Magelang, image by IG : @ceceolive_oil

Waktu terbaik untuk menikmati wisata ini adalah saat sunrise dan sunset, pemandangan sawah dengan latar Candi Borobudur yang megah dan Perbukitan Menoreh akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 9

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?