Keindahan Taman Bunga Nusantara, Taman Display Bunga Yang Pertama Ada di Indonesia

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu tempat wisata yang dekat dengan Jakarta. Banyak hal menarik disini, dan seperti namanya, wisata yang paling utama adalah taman bunga.

Taman Bunga Nusantara adalah taman bunga terbesar di Jawa Barat, bahkan mungkin bisa di Indonesia juga, hal ini bisa dilihat dari luas lahan yang digunakan yakni 35 hektar.

Dalam luas 35 hektar tadi dibagi menjadi beberapa bagian, 23 hektar untuk taman-taman, 7 hektar untuk area playgorund dan 2 hektar untuk pembibitan dan sisanya untuk penginapan, restoran hingga gedung pertemuan.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Jika kita tengok kebelakang lagi, Taman Bunga Nusantara ini merupakan taman display bunga yang pertama ada di Indonesia.

Taman Bunga ini mulai dibangun pada tahun 1992 dan baru dibuka secara intensif pada tahun 1993. Pemakarsa dari Taman Bunga Nusantara ini adalah Ibu Suhardani Bustanil Arifin yang sekaligus menjadi ketua umum Yayasan Bunga Nusantara.

Taman Bunga Nusantara dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman bunga yang unik dan terkenal dari seluruh dunia.

Tujuan utama pembangunan taman ini bagi Yayasan Bunga Nusantara adalah menciptakan Taman Bunga sebagai salah satu aset wisata berbasis wisata agro nasional dengan skala Internasional.

Keindahan Taman Bunga Nusantara

Bicara tentang keindahan yang disuguhkan disini tentu sangat banyak, mengingat di Taman Bunga Nusantara memiliki 10 Taman dengan karakteristik keindahan masing-masing. Seperti apa? berikut ini ulasannya.

1. Taman Bali

Taman Bali di Taman Bunga Nusantara, Image By : www.tamanbunganusantara.com
Taman Bali di Taman Bunga Nusantara, Image By : tamanbunganusantara.com

Seperti penamaan taman ini, Taman Bali merupakan taman yang penuh dengan nuansa Bali, dimana kita bisa menemukan bangunan khas Bali seperti Candi Bentar atau gapura pintu masuk, Bale Bengong, dan Bale Kul-kul.

Tanaman yang ada disini kebanyakan adalah bunga kamboja, bunga sepatu, aneka helikonia dan tanaman tropi yang berdaun indah lainnya.

2. Taman Mediterania

Taman Mediterania di Taman Bunga Nusantara, Image By : www.tamanbunganusantara.com
Taman Mediterania, Image By : tamanbunganusantara.com

Taman Mediterania bisa dibilang sangat unik. Taman ini didesain untuk memperkenalkan pada masyarakat tentang lokasi yang ada di gurun seperti yang ada di kawasan Mediterania.

Disini kita akan menemukan berbagai tanaman yang memiliki toleransi tinggi terhadap cuaca kering, contohnya jenis kaktus, dan yucca.

3. Taman Mawar

Taman Mawar di Taman Bunga Nusantara
Taman Mawar , Image By :  tamanbunganusantara.com

Tahukah kamu jika bunga mawar berasal dari negara China, dan pada jaman dulu, tepatnya di abad pertengahan, bunga mawar disebut juga dengan Flos Florum yang bermakna bunga dari segala bunga.

Di Taman Mawar ini, kita akan menemukan banyak sekali bunga mawar dengan jenis dan keunikan masing-masing.

Keindahan bunga mawar di Taman Bunga Nusantara ini sangat terjaga lho, karena diperlakukan dengan perlakuan khusus, mulai dari tata cara penyimpanan, pemberian pupuk hingga penyiangan.

4. Taman Rahasia

Taman rahasia
Taman Rahasia, Image By : tamanbunganusantara.com

Taman Rahasia merupakan taman dengan konsep Taman Maze yang lebih dikenal dengan nama taman labirin, dimana taman model ini sudah ada sejak berabad-abad lalu.

Di Taman Rahasia ini kita bisa menemukan Taman Labirin dengan pola Renaissance. Saat liburan ke Taman Bunga Nusantara jagan lupa untuk cobain tempat ini ya! Tak perlu takut kesasar, karena sudah ada petanya kok.

5. Taman Perancis

Taman Perancis
Taman Perancis, Image By :  tamanbunganusantara.com

Taman Perancis bakal menyuguhkan desain taman masa Renaissance yang terkenal dengan bentuk geometrisnya.

Disini kita bisa menemukan tanaman Perdu Taiwan Beauty yang dibentuk dengan sangat rapi membingkai bunga yang berwarna-warni yang disebut juga dengan parterre yang berasal dari bahasa Perancis yakni  broderie de par terre atau “sulaman di atas tanah”.

Tidak hanya itu lho, untuk menikmati bentuk geometrisnya taman perancis ini, kita bisa naik menara Pandang, dijamin deh takjub akan keindahan desainnya.

6. Taman Palem

Taman Palem
Taman Palem, Image By :  tamanbunganusantara.com

Tahukah kamu, pohon palem sudah ada sejak jaman purba lho, namun memang baru dikenal oleh kalangan pertamanan tahun 1800an, dan di dunia ini terdapat sekitar 2.800 spesies palem.

Di Taman Palem ini, tentu kita akan menemukan jajaran pohon palem lebih dari seratus varietas yang berasal dari berbagai tempat di dunia.

Tidak hanya tanaman palem saja disini, kita juga bisa menemukan tanaman untuk dari Madagaskar yang bernama Screw Pine atau Pandanus Utilis. Daun dari tanaman ini biasanya dibuat topi dan kerajang di Negara Afrika sana.

7. Taman Air

Taman Air
Taman Air, Image By :  tamanbunganusantara.com

Sesuai dengan namanya, Taman Air berisikan berbagai tanaman air yang khusus didatangkan dari berbagai negara. Tanaman air disini memiliki berbagai bentuk yang unik dan indah sekali.

Salah satu yang unik adalah adanya tanaman Cybera Papyrus, dimana tanaman ini digunakan sebagai bahan kertas oleh kaum Mesir Kuno, hingga teratai raksasa yang bentuknya seperti nampan yang sangat besar.

8. Taman Gaya Jepang

Taman Jepang
Taman Jepang, Image By :  tamanbunganusantara.com

Pasti sudah tahu kan, model-model taman di Jepang? Di Taman Bunga Nusantara ini kita bisa menemukan taman dengan suasana khas Jepang yang sederhana dan tertata rapi.

Taman Jepang ditata dengan unsur kayu, batu-batuan, lengkap dengan kolam dan suasanya yang sunyi. Dijamin deh bakal seperti sedang liburan di Negeri Sakura saat ke Taman Gaya Jepang ini.

9. Rumah Kaca

Rumah Kaca
Rumah Kaca, Image By :  tamanbunganusantara.com

Di Rumah Kaca ini, kita akan menemukan berbagai jenis bunga yang memerlukan perlakuan khusus, alias bunga yang tidak kuat atau tidak cocok dengan cuaca di negara kita.

Rumah kaca yang super luas ini (2000meter) sangat dijaga suhu, kelembapan udara hingga cahayanya lho. Kebanyakan yang ada disini merupakan bunga yang berasal dari negara dengan 4 musim.

Sarana dan Fasilitas Taman Bunga Nusantara

Untuk sarana dan fasilitas yang tersedia di Taman Bunga Nusantara tidak perlu diragukan lagi, selain sangat lengkap, fasilitas yang tersedia juga dikelola dengan baik. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada

  1. Dotto Train atau kereta Dotto. Merupakan miniatur kereta yang mengitari area sekitar Taman Bunga. Biasanya fasilitas Dotto hanya digunakan saat weekend dan hari libur nasional saja.
  2. Garden Tram. Tidak berbeda dengan Dotto, hanya saja bentuknya tram, dan beroprasi setiap hari.
  3. Mobil Wira-wiri. Kita bisa memanfaatkan fasilitas ini, dimana kita akan mengelilingi taman menggunakan mobil. Selama perjalanan akan ada panduan informasi menarik dari Taman Bunga Nusantara.
  4. Poliklinik/ruang P3k. Lokasinya di dalam gedung Taman Bunga Nusantara.
  5. Lokasi Piknik dan Gazebo Saung. Disini terdapat 8 lokasi piknik dan 18 unik gazebo/saung yang tersebar diberbagai tempat. Area Piknik ini berkapasitas 50-3.500 orang.
  6. Bursa Bunga dan Tanaman. Tempat ini merupakan lokasi berbelanja aneka bunga maupun tanaman. Letaknya diarea parkir, jadi akan sangat mudah membawanya ke kendaraan.
  7. Menara Pandang. Menara dengan tinggi 29 meter dengan 3 lantai, dari sini kita bisa melihat keindahan Taman Bunga dari atas.
  8. Danau Angsa. Merupakan tempat yang digunakan untuk menampilkan ragam unggas yang didatangkan dari berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah Angsa Hitam  (Cygnus Atratus) dari Australia, dan Angsa Putih (Cygnus Olor) dari Eropa.
  9. Saung Nini. Merupakan penginapan yang berada di Taman Bunga Nusantara. Disini bisa digunakan sebagai penginapan saat outing, rapat kerja, hingga liburan bersama keluarga dengan adanya 5 Business Room, 8 Standart Room dan 10 unit tenda untuk berkemah di Camping Ground.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara
Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Rp 40.000
  • Dotto Trains Rp 50.000
  • Garden Tram Rp 50.000

Tiket Fasilitas

  • Wira Wiri Rp 5000
  • Rumah Kaca Rp 5000
  • Maze Garden Rp 2000

Harga Parkir

  • Parkir motor Rp 10.000
  • Parkir mobil Rp 15.000
  • Parkir minibus Rp 20.000
  • Parkir bus Rp 25.000

Harga Makanan di Taman Bunga Nusantara

Harga Makanan di Taman Bunga Nusantara
Harga Makanan di Taman Bunga Nusantara

Harga makanan di Taman Bunga Nusantara standar mulai dari Rp10.000-Rp35.000. Sedangkan untuk harga minuman mulai dari Rp8.000-Rp15.000.

Harga Sewa Taman Bunga Nusantara

Harga Sewa Wisata Taman Bunga Nusantara
Harga Sewa Wisata Taman Bunga Nusantara

Harga Sewa Taman Bunga Nusantara juga sangat bervariasi, tergantung kegiatan yang akan berlangsung. Untuk harganya mulai dari Rp5.000-Rp6.400.000.

Alamat Taman Bunga Nusantara

Lokasi Taman Bunga Nusantara mudah sekali untuk dicari, karena berada tepat di Jl. Mariwati No.KM, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (map)

Rute Taman Bunga Nusantara

Waktu tempuh dari JABODETABEK dan BANDUNG kurang lebih 3 jam saat hari biasa, sedangkan saat akhir pekan kurang lebih 4 jam perjalanan.

Rute menuju Taman Bunga Nusantara sangat mudah, apabila menggunakan transportasi umum berikut ini detailnya :

  • Gunakanlah bisa jurusan Bogor-Cinajur, atau bisa Bandung-Jakarta dengan rute melalui puncak. Setelah itu turun di pertigaan Hanjawar. Santai, biasanya sopir sudah tahu tempat ini.
  • Lalu dilanjutkan menggunakan angkot jurusan Cipanas-Logi, dan turun di pasar GSP. Dari Pasar ini naik angkot lagi jurusan CIpanas-Mariawati kemudian turun di Taman Bunga Nusantara.

Itulah ulasan tentang Taman Bunga Nusantara, lengkap mulai dari keindahannya, Fasilitas Gambar Taman Bunga Nusantara, Harga Tiket Masuk (HTM) hingga Rute. Menurut kalian gimana? Jangan lupa komentar ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 6

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?