Menikmati Kesegaran Taman Sungai Mudal Kulon Progo, Bikin Gak Mau Pulang!

Kulon Progo memang memiliki segudang destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, terlebih dikawasan bukit Menoreh.

Salah satu destinasi wisata yang ada di Bukit Menoreh yang saat ini sedang hits atau viral akan keindahannya adalah Taman Sungai Mudal.

Berenang di Taman Sungai Mudal, image by IG : @fikri._9
Berenang di Taman Sungai Mudal, image by IG : @fikri._9

Taman Sungai Mudal merupakan air terjun yang berundak-undak dan dibawah air terjun ini terdapat beberapa kolam yang bisa digunakan untuk berenang, kedalamannya pun beragam mulai dari 1-2meter.

Air terjun di Taman Sungai Mudal berasal dari mata air salah satu goa yang ada di lereng bukit Menoreh, airnya dingin, segar dan juga sangat jernih, bahkan jika kita melihat ke dalam kolam pun dasar kolam akan terlihat jelas.

Sedikit sejarah Taman Sungai Mudal

Pesona Taman Sungai Mudal, image by IG : @ tifanimaulidza
Pesona Taman Sungai Mudal, image by IG : @tifanimaulidza

Pada jaman dahulu kawasan wisata ini merupakan sungai yang banyak ditumbuhi semak belukar, bahkan terkesan terbengkalai. Namun kini aliran sungai yang memiliki panjang sekitar 600 meter ini sudah bersih dari semak belukar dan sudah dirawat oleh warga sehingga terlihat semakin cantik.

Mata air yang menjadi sumber air terjun Taman Sungai Mudal bisa dibilang mata air alami yang abadi, mengingat pada musim kemaraupun air tetap mengalir, hanya debit airnya yang sedikit berkurang.

Dari air terjun yang mengalir ke bawah menuju kolam-kolam kecil bisa digunakan untuk berenang, bebatuan yang berundak nampak cantik saat dialiri oleh air terjun.

Keindahan Taman Sungai Mudal Kulon Progo, Image by IG : @aries_dhammajati
Keindahan Taman Sungai Mudal Kulon Progo, Image by IG : @aries_dhammajati

Dikarenakan kolam ini berundak-undak maka untuk menuju kolam paling atas pengunjung harus menaiki anak tangga yang melewati pinggir tebing sungai, pastikan hati-hati ya karena jalannya sedikit licin.

Ketika sampai di kolam yang cukup luas pengunjung bisa berenang dengan bebas, menceburkan diri menikmati kesegaran dan kejernihan air dari mata air alami yang muncul dari Goa di lereng Menoreh.

Taman Sungai Mudal Kulon Progo, Image by IG : @atikaanglna
Taman Sungai Mudal Kulon Progo, Image by IG : @atikaanglna

Disamping kolam juga disediakan tempat beristirahat yang terbuat dari bambu, jadi bila pengunjung lelah berenang bisa beristirahat di tepi kolam sambil menikmati cemilan atau mie panas.

Di jamin deh kesegaran air terjun Taman Sungai Mudal bisa memberikan relaksasi fikiran, membantu menghilangkan kepenatan akan rutinitas sehari-hari yang padat.

Wahana di Taman Sungai Mudal

Selain berenang pengunjung juga dapat menikmati aneka wahana yang disediakan oleh pengelola, diantaranya flying fox yang memebentang melewati aliran sungai.

Memang cukup memacu adrenalin saat mencoba flying fox ini namun sensasinya sungguh luar biasa meluncur di flying fox sambil memandangi aliran sungai dan hijaunya alam sekitar.

Selanjutnya adalah jembatan sungai Mudal, jembatan ini biasanya dijadikan sebagai obyek foto bagi pengunjung.  Berfoto dijembatan ini merupakan spot yang cantik dengan latar air terjun dan kolam dengan air yang jernih.

Fasilitas Taman Sungai Mudal

Sebagai wisata alam, Taman Sungai Mudal terbilang lengkap dari segi fasilitas, mulai dari fasilitas umum seperti tempat parkir kendaraan roda 2 atau 4, toilet/ruang ganti, sampai fasilitas istirahat seperti gazebo dan juga beberapa warung yang siap menyediakan aneka hidangan untuk mengisi perut pengunjung.

Belakangan ini muncul satu program baru di Taman Sungai Mudal yang diberi nama program Tress of Hope yang ditujukan kepada masyarakat dan pengunjung yang datang, dimana masyarakat atau pengunjung yang datang bisa menyumbangkan pohon/tanaman kepada pengelola yang nantinya tanaman itu akan ditanam oleh pengelola dikawasan Taman Sungai Mudal.

Tanaman yang disumbangkan bisa berupa tanaman hias atau pepohonan, harapannya dengan adanya program ini pengunjung dan masyarakat dapat turut serta menjaga keasrian dan kelestarian lingkungan terutama area wisata Taman Sungai Mudal.

Jadi yang berkunjung tidak hanya menikmati keindahan dan keasrian namun turut serta dalam menjaga kelestarian. Seru banget kan?

Harga tiket masuk Taman Sungai Mudal dan jam operasional

Harga tiket masuk Taman Sungai Mudal terbilang murah yaitu Rp10.000/orang dan untuk biaya penitipan kendaraan Rp2000/motor sedangkan untuk mobil Rp5000.

Berikut ini daftar harga tiket masuk Taman Sungai Mudal dan keperluan lain

  1. HTM Taman Sungai Mudal : Rp 10.000
  2. Parkir Motor : Rp 2.000
  3. Parkir Mobil : Rp 5.000
  4. Tiket Skybike : Rp 20.000
  5. Tiket Tritop : Rp 20.000
  6. Harga Sewa Pelampung : Rp 10.000
  7. Harga Sewa Ban : Rp 5.000

Untuk jam operasional Taman Sungai Mudal mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB setiap harinya.

Alamat dan Lokasi Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal berada tepat di Kaluarahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. (Google Map)

Taman Sungai Mudal bisa ditempuh selama 1 jam dari kota Jogja yang berjarak sekitar 40km.

Bagi yang ingin berkunjung dari arah Jogja cukup arahkan kendaraan kearah barat menuju Jalan Godean, lurus terus hingga menuju jalan Goa Seplawan.

Ketika sampai dipertigaan Kawasan hutan pinus ambil arah kiri, ikuti saja jalur tersebut hingga sampai ke lokasi taman sungai mudal yang berada di kanan jalan.

Jika pengunjung berasal dari Bandara YIA maka arahkan kendaraan kearah utara melewati Kapanewon Kokap, lurus saja melewati jalan Sungapan-Goa Seplawan, Taman Sungai Mudal ada disebelah kiri jalan.

Sedikit tambahan untuk yang mau berkunjung sebaiknya siapkan dan pastikan kendaraan kondisinya prima karena jalur menanjak yang tinggi.

Taman Sungai Mudal di masa Pandemi

Taman Sungai Muda, image by IG : @t_wahyu97l
Taman Sungai Muda, image by IG : @t_wahyu97l

Pada saat pandemi berlangsung obyek wisata ini sepi pengunjung, hal ini membuat masyarakat khawatir karena tidak mendapatkan penghasilan.

Pemerintah dan masyarakat kemudian bersinergi membangun wisata dengan New Cover di Era New Normal dengan cara mematuhi protokol kesehatan.

Setiap petugas memakai masker dan face shield, kemudian penerapan jaga jarak pada saat berada di area wisata, pengecekan suhu sebelum masuk, dan wajib mencuci tangan baik sebelum masuk dan sesudah dari tempat tersebut.

Diharapkan agar pengunjung merasa aman saat datang ke tempat ini, dan wisata tetap hidup agar ekonomi masyarakat tidak redup dikala pandemi ini.

Itulah sedikit gambaran mengenai Taman Sungai Mudal Kulon Progo, Yogyakarta? Jadi kapan mau piknik kesini? Jangan lupa share pakai hastag #piknikdong di instagram ya!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 5

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Seorang mahasiswa ekonomi yang hobi akan main musik, selalu meluangkan waktu untuk travelling ditengah kesibukan. Kegiatan yang menyenangkan lain adalah tidur.
BAGIKAN
Komentarmu?