Yuk Liburan Ke Taman Ujung Karangasem Bali, Ada Apa Saja Disana?

Jika ditanya Taman Ujung Karangasem atau Taman Sukasada kebanyakan orang pasti belum begitu mengenalnya. Padahal, tahukah kamu jika lokasi dari tempat wisata ini di Bali yang notabene memiliki tempat wisata yang hampir semuanya terkenal.

Jika kita telusuri, lokasi Taman Ujung Karangasem ini berada tepat di Banjar Ujung, Desa Tumbu Kabupaten Karangasem Bali dan memang bisa dibilang lumayan jauh dari tempat wisata di Bali lainnya.

Karena jarak yang lumayan jauh dari beberapa wisata di Bali, banyak yang mengurungkan niat untuk berkunjung kesini, padahal jika kita dalami, ada banyak hal menarik dari Taman Ujung Karangasem atau Taman Sukasada. Nah ada hal menarik apa dan kenapa harus berkunjung ke Taman Ujung? berikut ini ulasannya.

Asal Usul Taman Ujung Karangasem Bali

Taman Ujung Soekasada dibangun oleh Raja Karangasem bernama I Gusti Bagus Jelantik yang memiliki gelar Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1901. Konon Taman Ujung ini dulu beranama kolam Dirah yang memiliki arti tempat pembuangan untuk orang yang memiliki ilmu hitam.

Setelah itu, padan tahun 1909, Raja Karangasem memerintahkan arsitektur Belanda yakni Van Den Hentz dan Artsitektur Tiongkok, Loto Ang dibantu arsitektur Bali untuk mengembangkan lagi menjadi tempat peristirahatan untuk Raja Karangasem.

Tidak hanya itu, para arsitektur tersebut juga menambahkan tempat untuk raja Karangasem bersemedi, dan tempat untuk penjamuan tamu. Pengembangan Taman Ujung Soekasada tersebut bisa dibilang lama lho, karena memakan waktu sekitar 12 tahun yakni selesai di tahun 1921.

Yang Menarik Di Taman Ujung Karangasem

Yang Menarik Di Taman Ujung Karangasem, Image By IG : @fefefelixx
Yang Menarik Di Taman Ujung Karangasem, Image By IG : @fefefelixx

Banyak hal menarik di Taman Ujung Karangasem atau Taman Soekasada, salah satunya adalah Melihat Taman Kerajaan Bali Kuno yang sampai sekarang masih terjaga dengan baik.

Saat masuk kedalam area, kita akan disuguhkan banyak kolam yang sangat unik lengkap dengan bangunan kerajaan. Dan yang paling unik adalah Bangunan istana peristirahatan Raja Karangasem yang memiliki desain arsitektur khas Eropa jaman pertengahan berpadu manis dengan desain arsitektur Bali. Ciri khas arsitektur Eropa disini adalah adanya kaca warna-warni yang mirip dengan gereja yang ada di Eropa.

Taman Ujung Karangasem, Image By IG : @galihwwardhana
Taman Ujung Karangasem, Image By IG : @galihwwardhana

Tidak hanya itu, kita bisa melihat Taman Ujung Soekasada dari atas lho, cukup dengan naik di bangunan pilar tanpa atap, kita bisa menikmati parnorama uniknya Taman Ujung Karangasem dtiambah indahnya garis pantai dari kejauhan jika melihat kearah Tenggara.

Taman Ujung Soekasada, Image By IG : @koented
Taman Ujung Soekasada, Image By IG : @koented

Itu aja? So pasti masih ada yang unik lagi. Ada 3 kolam besar yang berada didalam satu tempat yang letahnya dipisah-pisah 1 kolam berada di bagian selatan dan 2 kolam lagi di utara. Nah dibagian tengah kolam yang utara terdapat jembatan unik untuk menyeberang kolam. Jembatan ini sangat instagramable lho!

Jembatan di Taman Ujung Karangasem, Image By IG : @dwimonitas
Jembatan di Taman Ujung Karangasem, Image By IG : @dwimonitas

Jembatan tersebut menghubungkan langsung ke bangunan yang dulunya digunakan untuk peristirahatan Raja karangasem. Ada julukan lain dari tempat peristarahatan Raja ini, yakni istana gantung, karena memang terlihat seperti menggantung.

Menuju Lokasi Taman Ujung Karangasem Bali

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, lokasi Taman Ujung Karangasem Bali berada tepat di Taman Ujung, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.


Jika bicara soal transportasi untuk menuju lokasi Taman Ujung memang bisa dibilang agak susah, karena hampir tidak ada transportasi umum. Jadi pilihannya adalah dengan menyewa kendaraan atau bisa membawa kendaraan pribadi.

Berapa Harga Tiket Masuk Taman Ujung Karangasem?

Untuk harga tiket masuk bisa dibilang masih sangat murah dan terjangkau, yakni

  • Tiket masuk lokal, Rp 15.000 / orang
  • Turis : 50000 / orang
  • Parkir mobil, Rp 5.000 / mobil
  • Tiket masuk untuk photo shooting, IDR 600.000 (untuk semua krew)

Nah itulah ulasan Taman Ujung di Karangasem. Sangat menarik bukan? Tidak lupa juga untuk mengingatkan, saat liburan ke Bali, jangan lupa untuk memasukkan Taman Ujung Karangasem atau Taman Ujung Soekasada ini kedalam list lokasi yang wajib untuk dikunjungi ya. Selamat liburan.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?