10 Tempat Makan Gudeg Terkenal di Jogja yang Wajib Dicoba!

Jogja terkenal dengan kota yang ramah terhadap para pelajar. Tidak heran jika banyak yang datang dari berbagai penjuru daerah untuk menimba ilmu di kota ini. Maka dari itu, kota ini layak mendapat julukan kota pelajar.

Selain itu, kota memiliki slogan “Jogja Istimewa” ini juga memiliki makanan khas yang wajib dicoba. Apalagi kalau bukan Gudeg.

Makanan yang sangat lekat dengan imej Jogja tersebut pun yang akhirnya memberi julukan kota Gudeg. Tak heran jika terdapat sejumlah gudeg terkenal di jogja

Mengenal Lebih Dekat 10 Gudeg Terkenal di Jogja

Seperti yang telah disebutkan di atas, Gudeg sangat lekat dengan kota istimewa yang satu ini. Maka tak heran apabila makanan tersebut menjadi kuliner yang wajib dicoba manakala berkunjung.

Jangan heran jika melihat banyak sekali tempat makan atau pedagang pinggir jalan yang menjajakan gudeg baik pagi ataupun malam.

Jika kamu baru akan mengunjungi Jogja pertama kali dan tidak tahu harus kemana untuk mencicipi enaknya Gudeg, berikut 10 tempat makan gudeg terkenal di jogja.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum Wijilan 167, image by IG: @gudegyudjum167
Gudeg Yu Djum Wijilan 167, image by IG: @gudegyudjum167

Salah satu gudeg paling terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Cita rasa dan pengalaman sudah tidak diragukan lagi, sehingga Anda seharusnya tidak melewatkan yang satu ini.

Menu yang disajikan cukup beragam, mulai dari gudeg ayam, ati ampela, tahu tempe dan telur.

Karena pamornya, pihak pengelola sangat menyadari jika banyak wisatawan yang ingin membawa makanan ini sebagai oleh-oleh kembali ke kotanya.

Maka dari itu, disediakan menu yang memang ditujukan untuk banyak porsi dan ditempatkan dalam wadah yang nyaman untuk dibawa pulang.

Lokasi Gudeg Yu Djum: Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131 (Google Map).

Jam Buka Jam Buka Gudeg Yu Djum: 06.00 WIB-22.00 WIB.

2. Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg Permata Bu Narti, image by IG: @dkap_art
Gudeg Permata Bu Narti, image by IG: @dkap_art

Gudeg terkenal di jogja yang satu ini lebih dikenal lagi dengan nama Gudeg Permata Bu Narti. Dinamai dengan permata karena lokasinya yang berada di depan bioskop Permata.

Bioskop yang satu ini sangat terkenal di masa lalu. Kini, Gudeg Pertama merupakan jajanan khas yang berdiam di depan bioskop yang pernah berjaya pada masanya itu.

Gudeg ini buka pada waktu malam sehingga apabila kamu ingin mencicipi rasa enaknya gudeg pada malam hari, tempat ini bisa dijadikan pilihan yang pas.

Sebagai tambahan, dalam satu porsinya sudah terdapat nasi, potongan ayam, sambal krecek, ceker, tahu bacem, serta daun pepaya. Tergantung lauk yang akan kamu pilih, harganya pun akan beragam.

Lokasi Gudeg Permata : Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111 (Google Map).

Jam Buka Gudeg Permata: 21.00 WIB – 02.00 WIB.

3. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon, image by IG: @hasan.pradana
Gudeg Pawon, image by IG: @hasan.pradana

Gudeg terkenal di jogja yang selanjutnya yakni Gudeg Pawon. Sama seperti Gudeg Permata, tempat yang satu ini juga buka pada malam hari.

Salah satu hal yang membuatnya unik yakni tempat makannya yang memiliki dapur terbuka dan dapat dilihat secara langsung oleh para pengunjung.

Hal ini merupakan sesuatu yang jarang ditemui, bukan? Tidak hanya itu saja, rasa gudeg di sini juga enak. Tidak sedikit pengunjung yang rela antri hanya demi mencicipi makanan khas jogja ini di sini.

Lokasi Gudeg Pawon: Jalan janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164 (Google Map).

Jam Buka Gudeg Pawon: 18.00WIB-Habis.

4. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah, image by IG: @kulinerjogja
Gudeg Mercon Bu Tinah, image by IG: @kulinerjogja

Gudeg Mercon Ibu Tinah terletak di Jl. Asem Gede. Lokasinya berdekatan dengan pasar Kranggan.

Jika pada umumnya gudeg disajikan dengan rasa manis khas masakan jogja, gudeg yang satu ini disajikan dengan rasa pedas yang membara.

Sebelum ke sini, pastikan Anda memang penyuka makanan pedas agar dapat merasakan sensasi enaknya makan gudeg super pedas. Salah satu gudeg terkenal di jogja ini dibuka mulai malam hari.

Lokasi Gudeg Mercon Bu Tinah: Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233 (Google Map).

Jam Buka Gudeg Mercon Bu Tinah: 20.00 WIB – 01.00 WIB.

5. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan, image by IG: @yosiiwanda
Gudeg Sagan, image by IG: @yosiiwanda

Tempat makan yang satu ini memiliki konsep yang cocok untuk dinikmati anak muda. Dengan nuansa seperti di kafe, Anda juga dapat menikmati live music.

Kamu dapat menikmati menyantap gudeg di dalam maupun di luar ruangan bersama-sama dengan keluarga besar.

Ruangan yang ada cukup luas untuk menampung banyak orang. Terlebih lagi, lokasinya yang strategis membuatnya tak pernah sepi dari pengunjung.

Lokasi Gudeg Sagan : JL Prof. Dr Jl. Prof. Herman Yohanes No.53, Samirono, Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55223 (Google Map).

Jam Buka Gudeg Sagan: 11.00 WIB-18.00 WIB.

6. Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbok Lindu, image by IG: @gudegmboklindu
Gudeg Mbok Lindu, image by IG: @gudegmboklindu

Gudeg paling terkenal di Jogja selanjutnya adalah Gudeg Mbah Lindu, lokasinya strategis dan mudah banget ditemukan, yakni di dekat Malioboro Mall yakni di Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Walaupun sekarang Mbah Lindu sudah tiada, namun untuk rasa dari Gudegnya dijamin deh, tidak akan mengecewakan.

Lokasi Gudeg Mbah Lindu: Sosrowijayan St No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55271 (Google Map).

Jam Buka Gudeg Mbah Lindu: 05.30 WIB-11.00 WIB.

7. Gudeg Manggar Bu Jumilan

Gudeg Manggar Bu Jumilan, image by IG: @rachmat.olie
Gudeg Manggar Bu Jumilan, image by IG: @rachmat.olie

Rekomendasi Gudeg terkenal yang ketujuh ada Gudeg Manggar Bu Jumilan. Ada yang berbeda disini, dimana jika pada umumnya gudeg terbuat dari nangka muda, kalau disini menggunakan bunga pohin kelapa muda yang dimasak seperti membuat gudeg.

Rasanya istimewa dan cukup unik. Jika ingin mencobanya bisa langsung menuju ke Gudeg Manggar Bu Jumilan.

Lokasi Gudeg Manggar Bu Jumilan: Jl. Srandakan Jl. Kp. Bendo Mangiran, Puluhan Kidul, Trimurti, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762 (Google Map).

Jam Buka Gudeg Manggar Bu Jumilan: 05.00-14.00 WIB.

8. Gudeg Bromo Tekluk

Gudeg Bromo Tekluk, image by IG: @gudegbromo84
Gudeg Bromo Tekluk, image by IG: @gudegbromo84

Bagi yang sering kelaparan tengah malam, Gudeg Bromo bisa jadi pilihan yang sangat tepat saat di Jogja. Jam Buka Gudeg Bromo ini mulai dari pukul 23.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Mengenai rasa Gudeg Bromo tidak perlu diragukan lagi, karena kenikmatannya, warung ini selalu ramai para penggemar gudeg di Jogja.

Disini tersedia menu utama gudeg basah dan menu aksesorisnya seperti, telur bacem, tahu, tempe, ayam suwir, dan daging ayam.

Lokasi Gudeg Bromo: Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 (Google Map).

Jam Buka Gudeg Bromo: 23.00 WIB-05.00 WIB.

9. Gudeg Bu Hj. Ahmad

Gudeg Bu Hj. Ahmad, image by IG: @siswandi_sutandar
Gudeg Bu Hj. Ahmad, image by IG: @siswandi_sutandar

Gudeg terkenal di Jogja selanjutnya ada Gudeg Bu Hj. Ahamad dengan menu andalannya adalah krecek, telur, sayap, ati ampela, kepala dan ayam suwir yang nikmat.

Lokasinya tak jauh dari Kota jadi mudah dijangkau, jadi jika bingung ingin menikmati gudeg terkenal di Jogja salah satunya bisa menuju ke Gudeg Bu Hj. Ahmad.

Lokasi Gudeg Bu Hj. Ahmad: Jalan Kaliurang KM.4,5 Blok CT3 No.5, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 (Google Map).

Jam Buka Bu Hj. Ahmad: 05.30 WIB-22.00 WIB.

10. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro, image by IG: @gudegbutjitro1925janti
Gudeg Bu Tjitro, image by IG: @gudegbutjitro1925janti

Ada yang yang unik dari salah satu gudeg terkenal di Jogja yakni Gudeg Bu Tjictro ini, dimana menggunakan saos sambal atau saos kering. Penasaran gimana rasanya? Dijamin tidak akan kecewa deh.

Disini juga menyediakan gudeg kaleng yang bisa dijadikan oleh-oleh orang rumah lho. Gudeg kaleng ini nikmat dan tentu saja tahan lama.

Lokasi Gudeg Bu Tjitro: Jl. Raya Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281  (Google Map).

Jam Buka Gudeg Bu Tjitro: 09.00 WIB-16.00 WIB.

Demikianlah 10 tempat makan gudeg terkenal di jogja yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja.

Harga, rasa, dan lokasi dari kesemuanya sangat pas bagi yang baru saja menginjakkan kaki di Jogja. Selamat berburu kuliner.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.9 / 5. Jumlah 11

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?