10 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Paling Populer Se-Indonesia

Jakarta memang terkenal dengan kesibukannya. Wajar saja sih, karena Jakarta adalah sentrum ekonomi Indonesia.

Walaupun demikian, ternyata Jakarta juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk kita explore. Di dukung dengan infrastruktur yang sudah pasti lengkap dan modern, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai tempat wisata yang ada di Jakarta.

Tidak sembarangan lho, beberapa tempat wisata di Jakarta berikut ini sudah sangat terkenal di Indonesia, bahkan luar negeri juga. Daripada semakin penasaran dimana saja lokasinya, berikut ini piknikdong rangkum 10 tempat wisata di Jakarta yang paling populer Se-Indonesia.

1. Tugu Monas (Monumen Nasional)

Tugu Monas (Monumen Nasional), Image By IG : @farrelrjw
Tugu Monas (Monumen Nasional), Image By IG : @farrelrjw

Siapa yang tidak kenal dengan Tugu Monas? Seluruh Jakarta pasti tahu, bahkan di Indonesia. Monumen yang dibagun Presiden Soekarno ini didedikasikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan Belanda. Tinggi Tugu Monas (Monumen Nasional) ini mencapai 132 meter (433 kaki) dengan lidah api diatasnya yang berlapis emas.

Monas tentu masuk dalam tempat wisata di Jakarta yang paling populer, karena selain sebagai maskot, disini juga terdapat berbagai wahana yang bisa dinikmati masyarakat umum. Dibagian paling dasar dari Tugu Monas terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia dengan kedalam sekitar 3 meter dan bisa menampung sekitar 500 orang.

Selain itu, di Museum Sejarah Nasional ini juga terdapat lift yang bsia menampung sekitar 11 orang lalu membawa naik ke puncak monas dengan tingga 115 meter. Dari puncak Monas yang bisa menampung sekitar 50 orang ini kita bisa menikmati pemandangan luar biasa Kota Jakarta.

Monumen yang diarsiteki Silaban dan R.M. Soedarsono ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam Jakarta maupun luar Jakarta setiap harinya.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah, Image By IG : @odilialintang
Taman Mini Indonesia Indah, Image By IG : @odilialintang

Taman Mini Indonesia Indah adalah tempat wisata di Jakarta yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, disini terdapat banyak wahana yang sangat lengkap dan semua umur bisa menikmatinya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Beberapa wahana yang sangat menarik adalah Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro, Kereta Gantung, Taman Ria Atmaja, dan puluhan wahana lainnya. Selain itu, TMII juga memberikan wisata bernuansa edukasi yang tentu akan sangat cocok untuk pendidikan anak.

3. Ancol Taman Impian

Ancol Taman Impian, Image By IG : @darisarch
Ancol Taman Impian, Image By IG : @darisarch

Taman Impian Jaya Ancol atau sekarang sering juga disebu dengan Ancol Taman Impian merupakan sebuah tempat wisata di Jakarta yang tak kalah populer dengan yang lainnya.

Hampir mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah, Ancol Taman Impian juga tempat wisata yang sangat cocok untuk keluarga.

Sejak berdiri tahun 1966, Ancol ini memang ditujukan sebagai kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi Jakarta. Maka dari itu, untuk mewujudkan tujuannya, Pemda Jakarta bersama PT Pembangunan Jaya Sebagai pelaksana pembangunan yang dilakukan secara bertahap.

Ancol Taman menyajikan banyak sekali wahana, seperti Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi, sampai Sea World yang sangat digemari.

4. Kepulauan Seribu

Untuk akses ke pulau bidadari anda bisa naik speedboat
Keindahan Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu

Siapa bilang Jakarta tidak punya wisata alam? Tahukah kalian jika Kepualan Seribu masuk dalam Provinsi DKI Jakarta lho. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini juga tidak main-main indahnya.

Beberapa pulau kecil di Kepulauan Seribu memiliki pesonanya masing-masing, beberapa diantaranya adalah Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pati dan masih banyak pulau lainnya.

Di Kepualauan Seribu ini, kita akan dimanjakan dengan suasana alam pantai yang yang sangat indah dan asri. Beberapa aktivitas yang jadi andalan wisatawan saat berkunjung adalah diving, snorkeling hingga menikmati sunset saat senja.

Adanya akomodasi yang baik di Kepualauan Seribu menjadi siapapun mudah menjangkau tempat wisata di Jakarta yang satu ini.

5. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan, Image By IG : @finarahmaw
Kebun Binatang Ragunan, Image By IG : @finarahmaw

Kebun Binatang Ragunan juga salah satu andalah wisata di Jakarta. Ragunan sudah berdiri sejak 1864 lho, dan mulanya dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia.

Dengan luas sekitar 147 hektar, Kebun Binatang Ragunan memiliki lebihd ari 2000 ekor satwa. Selain itu, lokasi dari Ragunan ini juga ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon, jadi sudah kebayang kan betapa sejuk dan nyaman lokasinya.

Kebun Binatang juga sangat cocok untuk liburan bareng keluarga, karena disini kita bisa menikmati suasana yang sejuk, dan ada wisata edukasi, dimana anak-anak akan dikenalkan dengan kehidupan satwa secara langsung.

Banyak wahana yang bisa dinikmati disini seperti kuda tunggang, onta tunggang, kereta keliling sepeda ganda hingga pentas satwa, dijamin bakal bikin liburan yang sangat menyenankan.

6. Kota Tua Jakarta

toko merah kota tua di jakarta
image : www.shrayaresidence.com

Kota Tua Jakarta juga merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang sudah sangat terkenal seantero Indonesia.

Advertisements

Jakarta dengan landmark Kota Tua merupakan wisata yang memberikan banyak pengetahuan, karena disini kita bisa menemukan berbabagai peninggalan masa lampau yang masih bisa kita jumpai. Selain menawarkan sejarahnya, Kota Tua Jakarta juga tempat yang sangat cocok untuk wisatawan yang suka fotografi, karena lokasinya sangat menarik jika diabadikan.

Beberapa landmark historis di kawasan Kota Tua ini wajib banget kalian kunjungi, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik hingga Toko Merah.

8.  Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Hutan Mangrove PIK Jakarta, Image By IG : @liannali28
Hutan Mangrove PIK Jakarta, Image By IG : @liannali28

Satu lagi wisata alam di Jakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk atau sering juga disebut dengan Hutan Mangrove PIK.

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini merupakan hutan bakau yang dikelilingi perairan.Kita bisa menikmati sejuknya alam sambil naik perahu bersama pemandu. Selain itu, pengunjung juga bisa berkeliling menyusuri jembatan bambu yang ada di Hutan Mangrove PIK.

Perlu dikeathui juga, jika Hutan Mangrove PIK tidak diperkenankan membawa kamera profesional ya, semua sudah pernah piknikdong ulas disini.

Masih ada lagi yang menarik di Hutan Mangrove PIK ini, yakni kita bisa ikut serta melestarikan lingkungand engan menanam pohon bakau, dengan cukup membayar biasa murah per bibitnya. Menanam pohon ini sering sekali menjadi kegiatan wisata kelompok, seperti kalangan siswa, mahasiswa, hingga karyawan.

9. Masjid Istiqlal

Masjig Istiqlal, Image By IG : @r3_photography
Masjig Istiqlal, Image By IG : @r3_photography

Masjid Istiqlal merupakan salah satu ikon Jakarta, dimana lokasinya juga berdekatan dengan Moumen Nasional dan Istana Negara.

Masjid Istiqlal ini sudah berdiri sejak tahun 1978 lho dan merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Arsitektur yang menawan dan megah, sering menjadi objek foto baik dari dalam manupun luar negeri.

Tidak hanya sangat indah, Masjid Istiqlal juga bisa menampung sekitar 200.000 orang dan buka selama 24 jam, bagi yang ingin beribadah.

10. Pecinan Glodok

Pecinan Glodok, Image By IG : @daku_jkt81
Pecinan Glodok, Image By IG : @daku_jkt81

Nah untuk yang kesepuluh adalah Pecinan Glodok dimana tempat ini merupakan salah satu tempat konsentrasi para etnis Tionghoa yang ada di Jakarta dan merupakan kawasan pecinan yang paling besar di Indonesia.

Ketika berkunjung kesini seakan dibawa ke Negara Tiongkok, karena disini banyak bangunan-bangunan khas Tiongkok, lengkap dengan vihara dan klenteng besar.

Secara administratif, lokasi ini masuk adalam area Kota Tua Jakarta, jadi sangat mudah untuk mencarinya. Disini merupakan salah satu pusat perdagangan elektronik di Jakarta dan pusat kuliner bercitarasa Tionghoa. Jadi selain berbelanja, kita bisa menikmati makanan khas disini, lengkap dengan suasana seperti di luar negeri.

Itulah 10 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Paling Populer Se-Indonesia, menurut kalian gimana? jika ada tambahan bisa dituliskan dikomentar ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?