Cobain Tempe Benguk Yuk! Kuliner Tradisional Khas Kulon Progo, Yogyakarta

Sudah pernah mendengar Tempe Benguk? Bagi yang berada di luar Kulon Progo Yogyakarta mungkin masih sangat asing dengan tempe yang satu ini.

Seperti judul diatas, jika tempe benguk merupakan salah satu kuliner tradisional dari Kulon Progo Yogyakarta. Jadi saat berkunjung atau berwisata ke Jogja khususnya wisata di Kulon Progo, jangan lupa untuk mencicipi kuliner unik dengan citarasa menarik ini.

Cara membuat tempe benguk yang membutuhkan kehati-hatian

Kacang Benguk, bahan dasar tempe benguk
Kacang Benguk, bahan dasar tempe benguk. Image By IG : @arrazxnature

Seperti tempe pada umumnya, cara membuat tempe benguk juga melalui fermentasi ragi tempe. Hanya saja untuk bahan utamanya bukan kedelai namun kacang benguk, yang ukuran kacang ini lebih besar dari kedelai, sekitar 2-3 kali lipat biji kedelai.

Selain perbedaan dalam hal bahan utama, pembuatan tempe benguk membutuhkan kehati-hatian. Saat proses pembuatannya, kacang benguk harus direndam dulu sekitar 2 hari, hal ini untuk menghilangkan bau apek pada kacang benguk serta membuatnya lebih lunak.

Selain menghilangkan bau apek dari benguk, merendam sekitar 2 hari tadi juga bertujuan untuk menghilangkan kandungan HCl yang ada dalam biji kacang. Bagi yang belum mahir dalam mengolah kacang benguk ini bisa mengandung racun lho, namun jika sudah mahir, rasanya menjadi sangat istimewa, enak dan tentu saja sangat aman untuk dikonsumsi.

Setelah direndam, barulah kacang benguk direbus sampai matang lalu didinginkan. Kemudian langkah terkahir mencampurkan rebusan kacang benguk yang sudah dingin tadi dengan ragi dan dibungkus menggunakan daun lalu menjadi Tempe Benguk.

Ragam cara memasak Tempe Benguk

Banyak ragam pengolahan atau memasak tempe benguk, bisa dengan digoreng dengan bumbu, digoreng seperti tempe mendoan hingga dibacem. Namun yang menjadi khas dari tempe benguk Kulon Progo ini adalah dengan dimasak Besengek.

Besengek Tempe Benguk
Besengek Tempe Benguk, Image by : kabar-jogjakarta.blogspot.com

Apa itu besengek? Besengek merupakan cara mengolah tempe benguk yang mirip dengan di bacem, hanya saja dalam membuat besengek menggunakan santan.

Dalam pembuatannya tempe benguk akan direbus hingga empuk, lalu dibuang airnya. Barulah setelah itu dimasak dengan santan ditambah bumbu khas hingga santannya mengental.

Tempe benguk, pasangan serasi makan geblek
Tempe Benguk, Image by : kabar-jogjakarta.blogspot.com

Rasa dari tempe benguk besengek dengan santan yang mengental tadi sangat gurih dan nikmat, apalagi jika disajikan saat panas. Dijamin deh gak bisa berhenti makan.

Penyajian Tempe Benguk khas Kulon Progo

Dalam penyajiannya pun tempe benguk sangat fleksibel, alias bisa dicocokan dengan berbagai kuliner lain.

Tempe Besengek disajikan bersama Growol
Tempe benguk besengek disajikan bersama Growol, Image By Twitter : Watespahpoh

Bagi yang suka pedas, tempe benguk besengek ini sangat cocok disantap dengan cabai rawit. Selain itu ada pasangan serasi dari tempe benguk ini, yakni Growol khas Kulon Progo. Tekstur growol yang padat dan kaya karbohidrat sangat pas dipadukan dengan tempe benguk besengek.

Tempat Jual Tempe Benguk

Di Kulon Progo sendiri, khususnya area Kota Wates, mencari tempe benguk tidaklah sulit, karena masih banyak dijajakan di Pasar Wates pada jam-jam tertentu.

Untuk pagi hari, banyak yang menjual di Pasar Pagi yang lokasinya di depan Pasar Wates, apabila sudah siang hingga sore, bisa dicari di dalam Pasar Wates.

Selain itu dibeberapa tempat di Kulon Progo juga banyak yang menjual di pinggir jalan, biasanya dijajakan dengan Geblek salah satu makanan khas kulon Progo yang wajib dicicipi saat liburan disini.

Berikut ini beberapa tempat yang menjual makanan tradisional Kulon Progo, seperti Geblek, dan tentu saja Tempe Benguk.

  1. Geblek Mbah Yol, Geblek Tradisional yang sudah terkenal sejak dulu Alamat : Garang, Tawangsari, Pengasih, Kulon Progo.
  2. Geblek Sali, Alamat :  Barat Masjid Pasar Bendungan, Wates, Kulon Progo (Buka Sore-Malam, tempe benguk juga ada dan siap-siap ngantri, pembelinya rame banget).

Itulah ulasan lengkap tentang tempe benguk, kuliner khas kulon progo yang unik dengan citarasa yang menarik. Jika ada referensi lain tentang lokasi jual tempe benguk jangan lupa tulis di komentar dibawah ini ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?