Tengok Yuk 6 Tempat Paling Romantis di Kulon Progo Yogyakarta

Kulon Progo merupakan nama sebuah kabupaten di Yogyakarta yang beribukotakan di Wates.

Letaknya di kabupaten sebelah barat, berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, Kabupaten Purworejo di sebelah barat, dan Kabupaten Magelang di sebelah utara.

Kulon Progo memiliki tipografi 70 persen merupakan kawasan pegunungan, sisanya kawasan pesisir pantai. Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang berbau alam, meskipun begitu nuansa romantis masih bisa kamu peroleh jika berlibur ke Kulon Progo.

Berikut tempat romantis yang harus kamu kunjungi bersama orang tersayang.

1. Menikmati Suasana Romantis di Rumah Pohon Kalibiru

keindahan Kalibiru kulon progo
image : www.instagram.com/ambarsetyorezti/

Tempat romantis di Kulon Progo yang sering dikunjungi pasangan muda-mudi di akhir pekan, adalah Wisata Alam Kalibiru.

Banyak wisatawan yang melakukan foto-foto di salah satu titik, dengan background Waduk Sermo. Tempat romantis ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Titik yang menjadi pusat sebagai tempat berfoto, selalu ramai peminatnya bahkan setiap hari bisa mencapai 600 orang.

Namun untuk menjaga keamanan, pihak pengelola hanya membatasi 150 orang yang bisa berfoto di atas pohon. Itupun dengan menggunakan alat pengaman lainnya.

Biasanya banyak muda-mudi melakukan tempat ini sebagai foto prewedding, atau hanya sekedar foto biasa. Berkunjung kesini akan membuat hubungan kalian semakin romantis.

2. Romantisme Waduk Sermo Yang Menyejukkan

Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan tempat romantis yang letaknya tidak jauh dari Wisata Alam Kalibiru. Terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Jika kamu berada di Borobudur, kamu bisa melalui perbukitan Monoreh sekitar 60 km. Pengunjung bisa berjalan-jalan sambil menikmati udara yang sejuk dan menikmati hidangan yang dijajakan di warung pinggir waduk sermo ini.

So suasanya nyaman, sejuk, ditambah dengan sambutan warga yang ramah akan membuat suasana romantis ketika datang ke Waduk Sermo.

3. Melihat Jogja dari Atas Awan Puncak Suroloyo

Pucak Soroloyo
image : www.jogjainvest.jogjaprov.go.id

Pengunjung bisa melihat Yogyakarta dari atas awan, bisa melihat langsung Candi Borobudur, begitulah salah satu keistimewaan yang bisa kamu peroleh jika berwisata ke Puncak Soroloyo.

Selain bersama keluarga atau teman dekat, mengunjungi wisata ini juga bisa bersama kekasih. Berjalan berdua menaiki tangga yang memang lumayan tinggi, so ketika sampai di puncak, memandang pemandangan yang menakjubkan bersama pasangan akan jauh lebih mengasyikkan lagi.

Advertisements

Ada dua jalur yang bisa kamu pilih untuk sampai di Puncak Soroloyo, yang pertma rute Jalan Godean – Sentolo – Kalibawang, sedangkan rute kedua Jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang.

Untuk mencapai tempat puncak kamu harus melewati jalan yang berkelok-kelok. Sedangkan untuk menuju puncak sendiri, kamu harus menaiki anak tangga sebanyak 290 anak tangga.

4. Romantis di Tengah Hijaunya Kebun Teh Nglingo

Kebun Teh Nglingo
image : www.bakpiamutiarajogja.com

Terletak di Nglingo, Samigaluh, Kulon Progo, tempat romantis di Kulon Progo ini menyuguhkan pemandangan perkebunan teh, hamparan hutan pinus, dan pemandangan bukit-bukit disekitarnya. Kebun Teh Nglingo ini masih terbilang tempat wisata yang baru.

Hal romantis apa yang bisa dilakukan disini ? Kamu bisa duduk-duduk santai menikmati pemandangan dan segarnya es kelapa muda berdua.

Selain itu bisa berlarian ala-ala India, untuk menuju pucak. Udara yang sejuk akan menambah keromantisan kamu bersama pasanganmu.

5. Romantisme di Tengah Sunset Pantai Glagah

romantisme sunset di pemecah ombak pantai glagah
image : PiknikDong

Kulon Progo juga memiliki pantai yang sangat asik untuk kamu kunjungi, namanya pantai Glagah. Pantai yang satu ini juga sangat romantis, karena disini terdapat 3 pilihan tempat untuk melihat sunset yang sangat indah.

Pilihan yang pertama adalah meilhat sunset di Laguna Pantai Glagah, yang kedua melihat sunset di pinggir pantai langsung, dan yang ketiga bisa meilhat sunset di pemecah ombak pantai Glagah.

6. Romantisme dipadukan dengan adrenalin di Arung Jeram Sungai Progo

Arung Jeram Sungai Progo
image : budparpora.kulonprogokab.go.id

Tempat romantis di Kulon Progo yang terakhir adalah Menikmati serunya berarung jeram di Sungai Progo. Buat kamu dan pasangan yang suja dengan tantangan, bisa mengunjungi wisata ini untuk menguji adrenalin berdua. Berjarak sekitar 17 km dari Kota Jogja, dan dapat dilalui dengan kendaraan selama 25 menit menuju Base Camp.

Melakukan kegiatan bersama pasangan tentu akan menjadi hal yang tak terlupakan, selain menambah rasa saling melindungi. Rute arung jeram Progo, dibagi menjadi 3 yaitu pemula, lanjutan, dan profesional. Namun jika dilihat dari base campnya ada rute Hulu, Progo Atas, dan Arung Jeram Sungai Progo Bawah.

Nah itulah rekomendasi tempat romantis di Kulon Progo yang bisa kamu singgahi bersama pasangan kamu. Mengunjungi salah satu dari tempat diatas, bisa menambah romantisme kamu bersama dia. Selamat beromatis ria, semoga kamu dan pasangan semakin langgeng lagi.

5.0
01

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?