10 Tips Aman Naik Bus Antar Kota Antar Provinsi

Bus merupakan salah satu mode transportasi andalan untuk bepergian jarak jauh antar kota antar provinsi.

Salah satu alasan banyak orang menggunakan mode transportasi darat ini adalah harga tiket bus yang bisa dibilang lebih terjangkau dibandingkan mode transportasi lain.

10 Tips Aman Naik Bus Antar Kota Antar Provinsi
Tips Aman Naik Bus Antar Kota Antar Provinsi, photo by : ayobis.wordpress.com

Namun memang, beberapa orang mengungkapkan jika masih merasakan ketakutan antara aman dan tidaknya naik bus antar kota antar provinsi. Hal ini disebabkan banyaknya berita tentang kasus kejahatan, seperti pencopetan ataupun penjambretan, terutama di terminal.

Sebenarnya, aman atau tidaknya bepergian menggunakan Bus tergantung dari bagaimana kita menyikapinya. Nah pada kesempatan kali ini, piknikdong bakal bagikan 10 tips aman naik bus antar kota antar provinsi yang bisa dijadikan referensi sebelum naik bus.

1. Pahami Terminal mana yang akan kita datangi

Memahami Terminal ini sangatlah penting lho, apalagi untuk yang belum berpengalaman naik Bus.

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, beberapa terminal memang agak rawan terjadi aksi kejahatan.

Jadi tujuan untuk memahami seperti apa terminal yang akan kita tuju adalah mengantisipasi dari awal, jika memang ragu, lebih baik cari terminal lain. Cara untuk memahaminya simpel kok, cobalah mencari informasi di Internet seluk-beluk terminal tersebut. Dijamin banyak informasinya.

2. Waspada dan jangan terlihat bingung

Tindak kejahatan biasanya muncul karena adanya kesempatan para pelaku melakukannya.

Jadi walaupun masih pertama kali naik bus untuk bepergian, disarankan untuk jangan terlihat kebingungan. Akan lebih baik jika tidak sendiri jika menggunakan mode transportasi ini.

Namun apabila terpaksa sendirian, jangan lupa untuk selalu waspada, selain itu disarankan untuk menuju lokasi yang dianggap ramai, seperti warung atau kerumunan orang jika ingin bertanya sesuatu.

3. Bawalah barang seperlunya

Membawa barang seperlunya merupakan pilihan tepat jika ingin naik bus antar kota antar provinsi. Karena apabila membawa barang terlalu banyak, selain akan menyulitkan kita untuk membawanya, hal ini juga sering menjadi indikasi terjadi tindak kejahatan di terminal.

4. Pisahkan barang bawaan berharga

Bus antar kota antar provinsi selalu menyediakan bagasi untuk penumpangnya, setidaknya untuk satu koper besar.

Selain membawa barang seperlunya, jangan lupa untuk memisahkan barang berharga. Misalnya untuk dokumen penting atau barang elektronik seperti laptop sebaiknya ditaruh ditas punggung dan dibawa kedalam bus.

Sedangkan untuk barang yang bisa ditaruh di bagasi adalah pakaian atau barang berat lainnya.

5. Mengetahui lokasi loket Bus yang akan digunakan

Advertisements

Hampir mirip dengan Bandara, Bus juga ada titik keberangkatannya, yang biasanya didekat loket masing-masing Bus.

Jadi hal penting sebelum kita berangkat adalah mengetahui letak loket bus yang akan digunakan tersebut.

Apabila belum mengetahuinya, disarankan untuk bertanya kepada para pekerja terminal, atau mungkin penjaga warung yang ada.

6. Jika bertemu calo, sebaiknya jawablah dengan sopan

Tips naik bus yang kelima ini adalah dengan selalu menjawab pertanyaan atau tawaran dengan sopan, apalagi yang bertanya itu adalah seorang calo.

Jawaban yang sopan namun tetap tegas akan membuat mereka berhenti untuk membuntuti ataupun menawarkan berbagai penawaran seperti jasa atau yang lain.

7. Memiliki Alternatif pilihan Bus

Apabila kehabisan tiket Bus yang kita pilih, sebaiknya sudah mempersiapkan pilihan Bus lain (tentu yang tujuannya sama). Karena biasanya di terminal akan tersedia banyak sekali pilihan, jadi daripada bingung, akan lebih baik jika dipersiapkan dari awal.

8. Disarankan menghindari bus “Sapu Jagad”

Bagi yang belum berpengalaman atau bahkan baru pertama kali naik bus, memang disarankan untuk menghindari bus “Sapu Jagad”.

“Sapu Jagat” merupakan julukan bagi bus yang menerima penumpang dengan tujuan yang berbeda-beda, biasanya bus yang satu ini berangkat paling akhir.

Ada hal yang menyebalkan dari bus dengan istilah “Sapu Jagad” ini yakni tidak memiliki karcis untuk bukti pembayaran yang sah, memang untuk setiap orang yang masuk bisa melakukan tawar-menawar, namun tetap saja, harga yang dibanderol lebih mahal dari harga pada umumnya.

9. Berbaur dengan yang lain

Tips aman naik bus selanjutnya adalah dengan berbaur.

Berbaur dengan penumpang lain diterminal yang sudah memiliki tiket akan membuat para calo berhenti mengejar untuk menawarkan apa yang mereka miliki. Jadi akan lebih nyaman saat diterminal.

10. Mintalah kru bus untuk mengingatkan

Bagi yang sering tidurnya kebablasan, lupa waktu dan susah dibangunin, sangat disarankan untuk minta tolong ke kru bus untuk membangunkan saat tiba ditujuan. Kecuali memang tujuannya merupakan pemberhentian terkahir bus atau tidak bepergian sendiri.

Itulah 10 tips aman naik bus antar kota antar provinsi. Sebenarnya tindak kejahatan itu bisa terjadi dimana saja, bukan hanya di terminal. Jadi sebaiknya tetap waspada dimanapun tujuan kita bepergian.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 6

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?