Tips Berlibur ke Yogyakarta di kala Pandemi

Setahun sudah situasi yang tidak menentu yang diakibatkan oleh pandemi virus Covid-19 masih belum usai dan entah kapan berakhir.

Kini masyarakat telah dibantu dengan adanya program pemerintah untuk vaksinasi guna mengurangi dampak atau efek penyebaran Covid-19 ini.

Terlebih bagi para medis, pekerja pariwisata dan para pekerja pada fasilitas publik, yang rentan dan memiliki resiko yang lebih tinggi terpapar virus Covid-19 karena melakukan pelayanan dan aktivitas sehari-hari dengan interaksi dengan masyarakat luas.

Kerinduan untuk melakukan perjalanan atau traveling di dalam negeri rasanya seolah tak terbendung.

Ada baiknya sembari merencanakan perjalanan, juga mulai mempersiapkan ekstra bawaan yang akan memenuhi koper berupa barang-barang sebagai perlengkapan antisipasi penyebaran virus Covid-19.

Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta
Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Traveling di Indonesia menjadi salah satu pilihan terbaik, dan salah satu yang wajib sebelum traveling adalah menentukan tempat menginap yang bersih dan sudah tersetifikasi CHSE, yang dikeluarkan pemerintah melaui Kementrian Pariwisata.

Nah, agar tetap aman dan sehat saat traveling ke Yogyakarta di kala Pandemi, berikut ini ada beberapa hal yang wajib disiapkan.

Inilah yang perlu dipersiapkan ketika hendak traveling, agar tetap aman, sehat dan selamat:

1. Pilih Destinasi dan Tempat Menginap

Memilih destinasi yang menarik, dimana di dalamnya banyak terkandung kisah sejarah dan keunikan yang berbeda dari tempat-tempat wisata lain.

Jika memungkinkan memilih destinasi yang lengkap, artinya pada sebuah destinasi terdapat keindahan wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja dan wisata kuliner.

Selain itu di kala pandemi seperti ini boleh pastikan ke tempat menginap untuk keluarga yang menerapkan protocol kesehatan dengan ketat, dan sebaiknya telah memiliki sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf.

2. Persiapan Barang Bawaan

Barang bawaan akan sedikit lebih banyak, ingat, di kala pandemi ini akan lebih aman jika memiliki stok pakaian bersih lebih banyak agar virus jahat tidak turut dalam perjalanan traveling ini.

Atau jika tidak ingin membawa banyak barang, pastikan bahwa tempat menginap yang didatangi nanti memiliki fasilitas laundry sendiri, biasanya jika menginap di hotel, kebersihan lebih terjaga.

3. Obat-obatan dan Alat Pelindung Diri

Jangan salah jika kita perlu menggunakan alat pelindung diri di masa pandemi ini dengan maksimal, agar semua terlindungi dan menjaga kesehatan diri serta lingkungan sekitar.

Bawalah serta masker dan sering-sering berganti masker, hand sanitizer, kadang perlu juga membawa hand gloves, sekedar untuk berjaga-jaga, juga perlengkapan obat-obatan darurat dalam kotak P3K pribadi, juga rutin konsumsi tambahan suplemen makanan untuk menjaga imun tubuh selama bepergian.

4. Persiapkan Lembar Hasil Swab Antigen atau PCR Dengan Hasil Negative

Apabila menggunakan transportasi umum, pastilah lembar bukti negative Covid-19 sudah menjadi salah satu persyaratan mutlak yang diwajibkan.

Namun tidak ada salahnya kita melakukan aksi preventif sebelum perjalanan dan setidaknya 5 hari setelah perjalanan dengan melakukan Swab Antigen.

Jika menginap di hotel yang telah bersertifikat CHSE umumnya tamu akan dimintai lembar hasil negative Covid-19 dari Swab Antigen yang dilakukan setidaknya sehari sebelum perjalanan dilakukan.

5. Rajin Cuci Tangan Dan Mandi

Kedua hal ini sangat penting terlebih setelah beraktivitas di luar sebelum memasuki tempat kita menginap atau destinasi wisata yang kita kunjungi.

Cuci tangan sesuai standard WHO selama kurang lebih 20 – 30 detik, dengan air mengalir dan menggunakan sabun kesehatan.

Mandi, membersihkan tubuh dari rambut hingga ke kaki agar kuman dan virus tidak menempel di tubuh dan area tempat kita beristirahat.

6. Batasi Interaksi

Usahakan untuk membatasi interaksi dengan orang-orang asing, namun jika terpaksa harus berinteraksi maka sedianya selalu ingat untuk jaga jarak.

7. Transaksi Non-Tunai

Poin ini sangat penting dilakukan demi keamanan diri kita sendiri, usahakan segala transaksi dilakukan secara non-tunai untuk menghindari perpindahan virus dan kuman ke tubuh kita.

Tentu saja ketujuh hal diatas tadi dapat menjadi pedoman traveling di era pandemic ini, terlebih dengan adanya dukungan vaksinasi yang saat ini telah digalakkan untuk pelaku wisata, sehingga ada rasa aman untuk traveling.

Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi masuk ke dalam list traveling tahun ini.

Yogyakarta masuk dalam list yang wajib dikunjungi, karena memiliki banyak sekali obyek wisata dan bisa dibilang sangat lengkap, mulai dari wisata sejarah hingga kuliner.

Royal Ambarrukmo
Royal Ambarrukmo

Selain obyek wisata yang lengkap tadi, di Jogja juga terdapat banyak pilihan tempat menginap, seperti salah satunya adalah hotel bintang lima di Yogyakarta, yaitu Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Royal Ambarrukmo telah teruji dan tersertifikasi CHSE sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menjadi pilihan tempat menginap dengan fasilitas terbaik, dengan standard protokol kesehatan yang ketat.

Tak hanya itu, Royal Ambarrukmo ini menjadi salah satu destinasi wisata lengkap dimana bangunan Royal Ambarrukmo berada di kompleks urban, namun berkonsep city resort.

Masih ada bonusnya lho, Royal Ambarrukmo ini bersebelahan dengan Plaza Ambarrukmo dimana merupakan tempat belanja berkelas dan terlengkap.

Royal Ambarrukmo Yogyakarta
Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Memiliki kualitas udara pagi yang segar berasal dari taman yang luas dengan hijaunya pepohonan, sekaligus berwisata sejarah karena hotel ini merupakan legenda hotel bersejarah dengan peninggalan Kedaton atau Keraton Ambarrukmo yang kini bernama Pendopo Ambarrukmo.

Disini juga ada wisata seni karena di sore hari di Pendopo Agung selalu dilaksanakan kegiatan seni mulai seni tari hingga Jemparingan atau panahan tradisional mulai Senin hingga Minggu.

Pastikan pilihan destinasi yang tepat, traveling nyaman, aman, agar saling menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.9 / 5. Jumlah 7

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Suka promo menarik? Mr.Promo piknikdong rajanya!
BAGIKAN
Komentarmu?