Simak Yuk, Tips Dan Cara Makan Sushi Yang Benar

Siapa sih yang tidak kenal dengan Sushi? Kuliner khas Jepang yang satu ini memang sangat populer diseluruh penjuru dunia.

Namun tahukah kamu? jika banyak sekali dan hampir seluruh orang yang pernah makan sushi selain orang Jepang, masih sering salah dalam tata cara makan sushi.

Nah kali ini, kita bakalan bahas tentang bagaimana sih tata cara dan tips makan sushi yang benar. Penasaran seperti apa? Simak yuk ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Makan Sushi Yang Benar

1. Cuci Tangan Dulu Tentunya

Yang baru pertama kali datang ke restoran Jepang bisanya sering bingung, untuk apa sih ada handuk dan tisu basah?

Nah sebelum makan, hendaknya kamu cuci tangan dulu menggunakan handuk atau tisu basah tersebut, karena walaupun kita bisa menggunakan sumpit untuk makan susi, tak jarang kita juga perlu menggunakan tangan dan bersentuhan langsung.

2. Persiapkan Pendukung Sushi Seperti Soy Sauce (Kecap Asin Jepang)

Persiapkan Pendukung Sushi Seperti Soy Sauce (Kecap Asin Jepang)
Persiapkan Pendukung Sushi Seperti Soy Sauce (Kecap Asin Jepang)

Tahukah kamu, jika di Jepang itu tidak hanya menikmati hidangan yang tersedia di hadapan saja. Namun juga diperhatikan tata krama serta sopan santun.

Nah untuk itu, sebelum kita memakan sushi, sebaiknya menyiapkan beberapa pendukungnya seperti soy sauce (Kecap Asin Jepang), wasabi, jahe. Hal ini dilakukan supaya kegiatan makan sushi kita rapi dan tentunya tidak berantakan, apalagi keluar dari tata krama yang ada.

3. Celupkan Seperlunya Saja

Celupkan Seperlunya Saja
Celupkan Seperlunya Saja

Yang ketiga ini banyak banegt yang sering salah kaprah, terutama di Indonesia. Ketika kita ingin menyelupkan sushi ke Soy Sauce sebaiknya sedikit saja, untuk jenis sashimi sebisa mungkin untuk jangan sampai belepotan di nasi, jika di Jepang, hal ini dianggap kurang sopan jika berlebihan.

4. Jenis Sushi Tidak Hanya Satu, Jadi Kenali Dulu

Menggunakan Tangan Yang Paling tepat
Menggunakan Tangan Yang Paling tepat

Perlu diketahui jika sushi itu memilik beberapa jenis, dan uniknya setiap jenis sushi memiliki cara menikmati yang berbeda. Misalnya saja, Sashimi untuk varian mentah, maki untuk varian yang digulung menggunaan rumput laut dan sushi roll yang hanya digulung.

Dari berbagai jenis sushi tersebut, bisa dimakan menggunakan sumpit atau tangan. Namun biasanya untuk jenis maki dan sushi roll lebih pokok menggunakan sumpit.

Sedangkan untuk sushi jenis sashimi, yang merupakan irisan daging mentah yang dikepal bareng nasi, sebenarnya cara makan yang benar adalah menggunakan tangan langsung, bukan sumpit. Hal ini banyak sekali orang yang salah dalam menerapkanya.

5. Sekali Suap

Sekali Suap
Sekali Suap

Yang terbayangkan ketika kita makan makanan adalah bisa melahap sedikit demi sedikit, namun untuk makan sushi sangat berbda. Saat kita menyantap sushi, setiap potongan haruslah dalam sekali suap dan tanpa sisa. Bagi tata cara Jepang, menyisakan gigitan itu tidak sopan dan terkesan jorok.

Nah itulah Tips Dan Cara Makan Sushi Yang Benar, sangat simpel dan tidak sulit bukan? Tentunya sekarang tidak perlu ragu ataupun kesulitan atau bahkan takut untuk makan sushi menggunakan cara yang benar.

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?