7 Tips Tetap Fokus dan Sehat Saat Bekerja Dirumah

Bekerja dirumah atau sering juga disebut Work From Home (WFH) memang sudah diterapkan di berbagai Negara, hal ini merupakan salah satu tindakan pencegahan agar tidak tertular Virus Corona.

Sekarang ini WHO sudah menetapkan Virus Corona baru atau COVID-19 sebagai pandemi, dan di Indonesia sendiri penderitanya sudah banyak.

Tetap Fokus dan Sehat Saat Bekerja Dirumah
Tetap Fokus dan Sehat Saat Bekerja Dirumah

Bekerja dirumah memang terlihat menyenangkan, namun pada kenyataanya banyak yang mengungkapkan sulit untuk dilakukan karena sudah terbiasa bekerja di kantor dimana suasananya merupakan suasana kerja. Salah satu keluhan yang paling sering adalah susah fokus pada pekerjaan.

Namun hal itu tidak perlu dikawatirkan, berikut ini ada 7 tips tetap fokus bekerja dan tentu tetap sehat.

1. Jangan menggunakan piyama saat bekerja dirumah

Memang terlihat sangat sepele, namun hal ini bisa membuat otak kecil kita berfikir sudah waktunya untuk istirahat alias tidur.

Dengan mengganti pakaian saat bangun tidur akan membuat otak kita berfikir kebiasaan dimana saat itu sudah siap untuk waktu bekerja dikantor.

2. Konsistensi waktu

Masuk mode kerja saat bekerja dirumah memang tidak mudah, karena pikiran kita terpengaruh beberapa hal seperti tidak takut terlambat, tidak takut macet dijalan dll. Hal ini tentu akan membuat kita terlalu selow dan menjadi penghambat yang menjadikan susah fokus saat bekerja dirumah.

Nah, ada cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hal ini, yakni dengan konsistensi waktu. Jadi, ketika terbiasa selalu bangun pagi lalu berolahraga hingga minum kopi sebelum berangkat kerja, sebaiknya lakukan hal itu juga, walaupun sedang bekerja dirumah.

3. Mandi adalah hal yang wajib dilakukan

Walaupun bekerja dirumah, namun jangan sampai mengesampingkan mandi pagi. Selain akan membuat kita lebih segar dan mudah fokus untuk melakukan kegiatan, mandi merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kebersihan diri.

4. Jangan bekerja ditempat tidur

Memang tidak bisa dipungkiri jika bekerja ditempat tidur terlihat santai dan menyenangkan, namun jangan lengah, disini akan membuat kita terlalu nyaman lalu malah tergoda untuk tidur siang.

Cara menanggulanginya adalah dengan menyiapkan ruangan kerja secara terpisah dari  tempat tidur, dan jika memungkinkan terpisah pula dari kamar tidur.

Advertisements

Ketika sudah dilakukan, dijamin deh akan lebih mudah masuk mode kerja dan  tentu saja menjadikan kita tetap fokus bekerja.

5. Jaga kebersihan ruangan

Tips tetap fokus bekerja dirumah yang kelima ini juga terlihat sangat sepele namun sebenarnya sangatlah penting.

Apabila tidak menjaga ruangan kerja dirumah tetap bersih, akan membuat kita terganggu dengan kekacauan yang ada dan saat itu pula akan menunda pekerjaan untuk membersihkan ruangan, lalu tanpa sadar waktu sudah terbuang percuma karena tidak menjaga kebersihan sejak awal.

Jadi, sebaiknya tetap menjaga kebersihan ruangan kerja ya, dengan menjaga tetap bersih, akan menghilangkan gangguan apapun bahkan menjadikan semangat bekerja.

6. Batasilah media sosial

Saat bekerja dirumah akan lebih mudah terjebak godaan media sosial. Jika memang sangat sulit untuk menghentikan godaan media sosial, sebaiknya buatlah alarm untuk diri sendiri yang memungkinkan penggunaan media sosial selamat lima menit perjam setalah itu kembalilah untuk fokus bekerja.

7. Istirahat siang jangan dikesampingkan

Bekerja dirumah memang sangat fleksibel bisa istirahat kapan saja, namun bukan berati kita mengabaikan istirahat siang. Aturlah jam makan siang diwaktu yang tepat.

Se-fleksibel apapun kita saat bekerja dirumah, tubuh juga perlu untuk istirahat. Jangan sampai terlalu capek dan membuat tubuh menjadi drop.

Itulah 7 tips tetap fokus dan sehat saat bekerja dirumah, sangat simpel bukan? Jadi jangan lupa tetap produktif dan stay safe ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?