Keindahan Waduk Jatiluhur, Harga Tiket Masuk dan Aktivitas Seru!

Pernahkah kamu berkunjung ke bendungan terbesar yang ada di Indonesia? Nama bendungan terebut adalah Waduk Jatiluhur yang terletak di Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Fungsi utama dari waduk ini adalah untuk membendung aliran sungai Citarum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Setiap tahunnya, PLTA Waduk Jatiluhur mampu memasok tenaga listrik sebesar 1.000 kwh dari 6 unit turbinnya yang berdaya 187 MW.

Selain sebagai PLTA, Waduk Jatiluhur juga berfungsi sebagai sumber air untuk irigasi untuk sekitar 242.000 hektar sawah yang ada di sekitarnya.

Selain fungsi utamanya sebagai pembangkit listrik, Waduk Jatiluhur pada akhir pekan hampir selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal dari Jawa Barat maupun wisatawan yang berasal dari luar Jawa Barat.

Tingginya angka kunjungan wisatawan ke Waduk Jatiluhur membuat pihak pemerintah dan swasta banyak membangun beragam fasilitas penunjang wisata seperti hotel, restoran, sarana olahraga, taman bermain, camping ground, bahkan hingga waterboom.

Aktivitas yang bisa dilakukan dan keindahan Waduk Jatiluhur

Banyak yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Waduk Jatiluhur. Dari sekedar menikmati pemandangan waduk yang indah, sampai mencoba beragam wahana dan permainan yang ada disana. Berikut adalah aktivitas favorit yang bisa kamu lakukan di Waduk Jatiluhur:

1. Bersantai Menikmati Pemandangan

Menikmati keindahan Waduh Jatiluhur, image by IG : @ridhovespa
Menikmati keindahan Waduh Jatiluhur, image by IG : @ridhovespa

Banyak yang datang ke Waduk Jatiluhur hanya untuk memandang pemandangan waduk yang indah.

Kamu bisa duduk-duduk santai di tepi bendungan sambil ditemani secangkir kopi panas, menatap ke arah waduk dan merasakan terpaan angin sepoi-sepoi yang perlahan membelai tubuhmu.

2. Naik Perahu Mengelilingi Waduk

Naik perahu keliling waduk Jatiluhur, image by : www.adiraoktaroza.com (Adira Oktaroza)
Naik perahu keliling Waduk Jatiluhur, image by : www.adiraoktaroza.com (Adira Oktaroza)

Jika kamu kurang puas hanya dengan memandanginya saja, kamu bisa langsung turun ke badan waduk dan mengelilinginya. Tentunya dengan menggunakan perahu.

Perahu-perahu tersebut merupakan perahu nelayan, yang selain mencari ikan juga bersedia mengantarkan para wisatawan mengelilingi waduk menggunakan perahunya.

Selain perahu, kamu juga bisa menyewa jetski agar pengalamanmu mengelilingi Waduk Jatiluhur semakin menantang. Biaya sewa jetski sekitar Rp. 100.000 per jam, sementara untuk perahu Rp. 70.000 per jam.

3. Memancing

Memancing di Waduk Jatiluhur, image by IG : @godwearsfendi
Memancing di Waduk Jatiluhur, image by IG : @godwearsfendi

Nah, jika kamu hobi memancing, maka hobimu itu bisa tersalurkan saat berkunjung ke Waduk Jatiluhur.

Banyak sekali jenis ikan yang bisa dipancing di waduk ini. Selain memancing dari tepian waduk, kamu juga bisa menyewa perahu agar bisa memancing dari tengah waduk.

4. Melihat Budidaya Ikan

Budidaya Ikan di Waduk Jatiluhur, image by : Budidaya Ikan di Waduk Jatiluhur, image by : www.adiraoktaroza.com
Budidaya Ikan di Waduk Jatiluhur, image by : www.adiraoktaroza.com (Adira Oktaroza)

Selain sebagai PLTA dan tempat wisata, Waduk Jatiluhur juga difungsikan sebagai tempat budidaya ikan dalam keramba.

Kamu bisa melihat langsung bagaimana proses budidaya ikan berlangsung. Ikan-ikan yang dibudidayakan antara lain adalah ikan nila, ikan sepat, ikan patin, ikan mas, dan mujair.

5. Bersantap di Restoran Apung

Pecinta kuliner pasti tidak akan melewatkan menyantap makanan lezat dari restoran yang terapung ditengah-tengah waduk.

Selain menawarkan tempat bersantai dengan pemandangan yang indah dari tengah danau, kamu juga bisa menikmati ikan bakar yang langsung ditangkap dari waduk.

6. Waterboom

Waterboom di Waduk Jatilihur, image by IG : @andrearamadhaan
Waterboom di Waduk Jatilihur, image by IG : @andrearamadhaan

Jika kamu datang bersama keluarga, apalagi bersama anak kecil, kamu bisa sekalian mengunjungi waterboom yang ada di Waduk Jatiluhur.

Terdapat 4 kolam renang, yaitu kolam olympic, kolam dangkal, kolam dewasa, dan kolam anak. Selain itu juga terdapat beragam wahana permainan yang seru seperti seluncuran, pancuran, dll.

7. Camping

Ngecamp di Waduk Jatiluhur, image by IG : @ridhovespa
Ngecamp di Waduk Jatiluhur, image by IG : @ridhovespa

Waduk Jatiluhur juga sering dikunjungi kalangan pecinta alam dan kegiatan luar ruang. Pasalnya disini terdapat sebuah camping ground yang cukup luas dengan pemandangan waduk Jati Luhur yang indah.

8. Sarana Olahraga

Selain berwisata, banyak juga masyarakat sekitar yang mengunjungi Waduk Jatiluhur untuk berolahraga seperti jogging, jalan sehat, senam, dll. Terdapat juga lapangan tennis dan tempat bermain billiard.

Jam Buka Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur buka setiap hari. Mulai dari jam 08.00 – 17.00 WIB. Kebanyakan pengunjung datang pada pagi atau sore hari karena saat siang, cuaca sangat panas dan terik.

Harga Tiket Masuk Waduk Jatiluhur

Waduk Jati Luhur termasuk salah satu tempat wisata murah meriah. Untuk mengunjunginya kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 15.000,- untuk tiket masuk pada hari biasa. Sementara pada akhir pekan dan hari libur harga tiketnya sebesar Rp. 20.000.

Lokasi Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Purwakarta, tepatnya berada di Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Lebih detilnya, kamu bisa lihat di google maps disini.

Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum menuju Waduk Jatiluhur, maka pertama kamu harus menuju ke Pasar Bunder dengan menggunakan angkutan kota nomor 3 (warna kuning. Setelah itu dilanjutkan dengan angkutan kota nomor 11 (warna merah) sampai ke Waduk Jatiluhur.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 4

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

BAGIKAN
Komentarmu?