12 Warung Soto Paling Enak Dan Sudah Melegenda di Jogja

Wisata kuliner di Indonesia memang tidak ada habisnya, dengan keanekaragaman budaya dan suku menghadirkan pula ragam kuliner yang nikmat dan lezat, tak terkecuali soto yang merupakan kuliner hasil akulturasi budaya Indonesia, India dan Cina.

Hampir semua jenis soto ada di Jogja, mulai dari Soto Kudus, Lamongan, hingga Soto Betawi. Meski Jogja dikenal dengan Kota Gudeg namun banyak juga ragam Kuliner selain gudeg yang melegenda, salah satunya adalah Soto.

Nah, dari saking banyaknya soto di Jogja, berikut ini piknikdong rangkum menjadi 12 Warung Soto Paling Enak Dan Sudah Melegenda. Penasaran dimana saja lokasinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Soto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Mbah Katro, Image By IG : @sita_kurianto
Soto Bathok Mbah Katro, Image By IG : @sita_kurianto

Jika kalian sedang berkunjung ke kawasan Candi Sambisari maka jangan sampai lewatkan kuliner yang satu ini.

Kuliner nikmat berpadu suasana pedesaan asri, hamparan sawah yang membentang dan jauh dari kebisingan kota membuat soto ini sangat layak untuk dijadikan menu sarapan di wilayah Kalasan Yogyakarta.

Cara penyajian soto disini sangat menarik lho, karena menggunakan mangkuk yang terbuat dari tempurung kelapa. Ditempat Soto Bathok Mbah Katro ini kalian dapat memesan soto daging sapi yang lezat dengan tambahan aksesoris seperti sate usus, sate telur puyuh yang dibumbu bacem maupun tempe goreng.

Untuk harga yang dibanderol soto ini pun  sangat murah-meriah yakni sekitar Rp. 5.000,- per porsi, sedangkan jam buka mulai jam 06.00WIB sampai 16.00 WIB.

Masih bingung letak warung soto ini disebelah mana?

Dari komplek Candi Sambisari jalan ke arah utara akan menemukan deretan saung yang terbuat dari bambu, nah di situlah letak warung Saoto Bathok Mbah Katro, kalian juga bisa bebas memilih ingin duduk di saung yang mana (tersedia lesehan dengan tikar/duduk di bangku yang terbuat dari bambu). Background Pemandangan sawah akan menambah cita rasa yang khas pada Soto Bathok ini.

Alamat : Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa

Jam Buka : 06.00WIB – 16.00 WIB.

2. Soto Betawi Bang H. Pitung

Soto Betawi Bang H. Pitung, Image By IG : @sobethpitung
Soto Betawi Bang H. Pitung, Image By IG : @sobethpitung

Meski Soto yang dari Betawi tidak sepopuler Soto Kudus, Lamongan serta Madura, namun Soto Betawi H. Pitung ini sangat layak untuk dijadikan piihan Kuliner Soto di Jogja.

Kuah Soto dengan menggunakan santan yang kental dan berwarna kekuningan ini membuat cita rasa semakin nikmat, terlebih penyajiannya menggunakan mangkuk kecil dari bahan aluminium serta adanya lilin kecil yang senantiasa menghangatkan soto yang dihidangkan.

Alamat : Jl. Juminahan No.12, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka : 07.00 WIB -21.00 WIB

3. Soto “Tahu” Kemasan

Soto Tahu Kemasan, Image By IG : @sotokemasan
Soto Tahu Kemasan, Image By IG : @sotokemasan

Salah satu kuliner yang melegenda selanjutnya yaitu Soto “Tahu” Kemasan yang berlokasi di Jalan Ring Road selatan, Singosaren, Yogyakarta.

Soto disini terkenal lezat dan sangat unik, karena penyajian soto disini ditambahi taburan daun kemangi. Kalau kalian biasaya menikmati kemangi sebagai lalapan saat makan pecel lele kini saatnya mencoba menikmati soto dengan perpaduan daun kemangi, selain itu adanya campuran tahu bacem sebagai pengganti daging juga menambahh cita rasa soto yang sudah ada sejak 1963 ini.

Alamat : Jalan Kidul Ringroad Selatan, Singosaren III, Singosaren, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 06.00 WIB-14.00 WIB

4. Soto Sampah

Soto Sampah, Image By IG : @junita_dewi89
Soto Sampah, Image By IG : @junita_dewi89

Asing dengan nama Soto yang satu ini? sudah pasti banyak yang mengira nama soto sampah kurang pas jika dijadikan nama kuliner, namun nyatanya memang ada dan rasanya juga nikmat.

Soto yang berada di kawasan Tugu Jogja tepatnya di Jalan Kranggan, Jetis, Yogyakarta ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Sejarah penamaan Soto sampah karena tidak menggunakan daging sapi atau ayam, namun menggunakan lemak atau gajih sapi, lalu dicampur sehingga tampilannya menjadi acak-acakan. Selain itu terdapat pula beragam lauk yang menambah kenikmatan Soto Sampah. Jadi wajib banget deh untuk dicoba.

Alamat : Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 07.00 WIB – 03.30 WIB

5. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro, Image By IG : @chrismardon
Soto Kadipiro, Image By IG : @chrismardon

Siapa yang tak kenal Soto Kadipiro, salah satu soto yang legendaris dan terkenal di Jogja? Soto ini sudah ada sejak tahun 1928 dan dikelola secara turun temurun lho.

Mungkin banyak diantara kalian yang sudah familiar dan melihat berbagai papan nama tentang soto ini, tapi, tahukan kalian mana warung soto Kadipiro yang benar-benar asli?

Jawabannya ada di Jalan Wates No 33, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Tidak seperti yang kalian bayangkan, Warung Soto Kadipiro yang asli tidak menggunakan papan nama megah pada umumnya namun hanya menggunakan papan nama sederhana, bangunannya pun tidak megah bahkan cenderung klasik, tapi soal pengunjung dan cita rasa jangan ditanya sudah pasti ramai dan nikmat.

Berawal dari resep yang sudah turun-temurun tersebut menghasilkan soto Kadipiro yang lezat. Daging yang digunakan disini daging ayam kampung asli, dengan kuah soto dari rebusan ayam kampung ditambah perkedel kentang menjadian cita rasa yang istimewa.

Advertisements

Selain itu, disini juga terdapat beberapa pelengkap seperti tahu, tempe bacem, ayam kampung goreng, dan sate telur puyuh.

Alamat : Jl. Wates No.33, Sonosewu, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 08.00 WIB – 14.00 WIB

6. Soto Pak Soleh Al-Barokah

Soto Pak Soleh Al-Barokah, Image By IG : @metaarmys
Soto Pak Soleh Al-Barokah, Image By IG : @metaarmys

Sejarah soto ini dimulai tahun 1952, ketika itu soto ini dijajakan dengan cara di pikul keliling kampung, namun siapa sangka perjuangan itu berbuah manis sehingga saat ini soto Pak Soleh menjadi salah satu Soto kondang di Jogja.

Memiliki cita rasa yang khas Jogja yaitu perpaduan Gurih dan Manis serta cara memasak yang menggunakan arang semakin membuat istimewa. Tertarik untuk mencoba? Silakan berkunjung ke warung Soto Pak Soleh Al-Barokah yang alamatnya dibawah ini.

Alamat : Jl. Wiratama No.84, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 06.30 WIB – 16.00 WIB

7. Soto Moneter

Soto Moneter, Image By IG : @yoyoxaurus
Soto Moneter, Image By IG : @yoyoxaurus

Jika mendengar nama ini kita pasti teringat pada satu momen dimana saat itu Indonesia dilanda krisis, dan benar saja ternyata nama soto ini diambil dari kejadian yang menimpa Indonesia tersbeut.

Sajian soto sapi yang nikmat dengan kuah bening ini akan memanjakan lidah kita, ditambah keunikan lain yaitu penggunaan daun kemangi serta lauk lenthok (makanan sejenis perkedel berbahan dasar singkong) menjadikan kuliner ini semakin nikmat. Bingung lokasinya dimana? Soto Moneter berada di Jalan Ring Road Timur.

Alamat : Jl. Ringroad Timur No.490, Plumbon, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka : 10.00 WIB -15.00 WIB

8. Soto Djiancuk

Soto Djiancuk, Image By IG : @mimi_ratnawidayanti
Soto Djiancuk, Image By IG : @mimi_ratnawidayanti

Warung Soto Djancuk sudah berdiri di Jogja sejak tahun 2000, dinamakan Soto Djancuk karena merupakan soto khas Blitar, bahasa yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat Jawa Timur.

Yang membuat khas dari Soto Djancuk adalah racikan rempah-rempahnya yang sangat terasa, kuah soto dari kaldu sapi yang kental menghasilkan rasa gurih dan segar. Sebagai pelengkap sajian di setiap meja tersedia aneka gorengan, sate ayam, sampai sate keong juga ada.

Ada dua menu soto yang siap dinikmati yaitu soto nasi campur dan soto nasi yang dipisah. Tertarik mencoba? Alamatnya dibawah ini.

Alamat : Jl. PGRI II No.59, Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 08.00 WIB – 18.00 WIB

9. Soto Pak Marto Taman Sari

Soto Pak Marto Taman Sari, Image By IG : @hima.one
Soto Pak Marto Taman Sari, Image By IG : @hima.one

Penikmat Kuliner Jogja dan sekitarnya pasti sudah tak asing lagi dengan soto Soto Pak Marto Taman Sari. Soto yang sudah ada sejak 1960 ini menawarkan babat sapi yang diolah dengan bumbu manis yang mirip dengan bumbu bacem. Alamat soto ini berada di Jalan Mayor Jendral  S. Parman No. 44, Yogyakarta atau tepatnya 200 meter sebelah barat traffic light Plengkung Taman Sari. Dijamin bikin ketagihan deh.

Alamat : Jl. Letjen S.Parman No.44, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 06.30 WIB – 15.00 WIB

10. Soto Pak Zaenal

Soto Pak Zaenal, Image By IG : @seleraanakkos
Soto Pak Zaenal, Image By IG : @seleraanakkos

Warung soto Pak Zaenal merupakan salah satu warung soto yang menjual soto paling lengkap di jogja, menunya terdiri dari soto sapi, soto ayam, soto sayap, soto ceker hingga soto balungan.

Selain rasa yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, harga soto disini sangat terjangkau. Jadi wajar banget jika setiap hari dipadati para pecinta soto, terutama kalangan mahasiswa.

Alamat : Jl. Prof. DR. Soepomo Sh, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 07.00 WIB -15.00 WIB

11. Soto Daging Sapi Pak Ngadiran

Soto Daging Sapi Pak Ngadiran, Image By IG : @indiefoodies
Soto Daging Sapi Pak Ngadiran, Image By IG : @indiefoodies

Warung Soto Daging Sapi Pak Ngadiran sudah ada sejak tahun 2001, penggagasnya adalah Pak Ngaadiran yang berasal dari Wonosari.

Untuk menu andalannya tentu adalah soto daging sapi, satu porsi soto berisikan irisan daging sapi, kubis, daun seledri dan bawang goreng lalu diguyur kuah soto bening  dengan rasa kaldu sapi yang kuat dan gurih. Porsi Soto Daging Sapi Pak Ngadiran ini cukup besar lho, jadi sangat cocok untuk dijadikan menu makan siang.

Selain itu, ada satu lagi yang sangat spesial, yakni sambalnya, rasa pedas dan gurih bisa menyatu banget disini.

Alamat : Jalan Sanca Caturtunggal VIII No.120B, Karang Gayam, Depok, Caturtunggal, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 06.00 WIB – 17.00 WIB

12. Soto Daging Sapi Lamongan Cak Ngun dan Cak Sodik

Soto Daging Sapi Lamongan Cak Ngun dan Cak Sodik, Image By IG : @rez_empek_empek
Soto Daging Sapi Lamongan Cak Ngun dan Cak Sodik, Image By IG : @rez_empek_empek

Warung  Soto Daging Sapi Lamongan Cak Ngun dan Cak Sodik merupakan salah satu soto terfavorit di Yogyakarta.

Menu yang disajikan merupakan menu perpaduan antara soto khas lamongan dengan soto Jogja, hal itu dapat dirasakan dari penggunaan bumbu rempah yang khas lamongan namun tidak terlalu pekat, mungkin disesuaikan dengan selera masyarakat Jogja yang lebih suka gurih dan segar.

Satu porsi soto ini terbilang cukup banyak dan mengenyangkan, potongan daging sapinya pun tidak pelit, meski begitu harga yang harus dibayarkan masih terjangkau untuk menu soto berbahan daging sapi. Salah satu spesialnya disini adalah tekstur dari daging sapinya sangat empuk.

Itulah 12 Warung Soto Paling Enak Dan Sudah Melegenda di Jogja. Sangat menggiurkan semua kan? Santai, dicobain satu-satu juga tidak masalah, karena selain memang semuanya sudah legendaris enaknya. Harganya juga sangat ramah di kantong.

Jika ada rekomendasi tempat soto lain yang enak di Jogja, jangan lupa komentar dibawah ini ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 11

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?