Sudah Siap Ke Yogyakarta Gamelan Festival 2019? Kali Ini Mengusung Tema “New Gamelan”

Komunitas Gayam 16 dan Dinas Kebudayaan DIY tahun ini kembali bersinergi dalam penyelenggaraan Yogyakarta Gamelan Festival yang ke-24 (YGF24).

Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) adalah festival internasional yang mewadahi pertemuan pemain dan pecinta gamelan dari seluruh dunia setiap tahunnya.

Pemaparan tentang YGF 2019 Oleh Ari Wulu selaku Direktur Program YGF saat Jumpa Pers
Pemaparan tentang YGF 2019 Oleh Ari Wulu selaku Direktur Program YGF saat Jumpa Pers

Mulai menyapa pecinta gamelan sejak 24 tahun lalu,  Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) lahir dari keresahan akan ketidakhadiran gamelan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Penyebab yang paling utama adalah stigma negatif yang dilekatkan padanya. Gamelan  diidentikkan dengan “orang tua” dan hal-hal berbau mistis, sehingga anak muda enggan mempelajari dan memainkannya.

Gamelan dianggap tak memiliki potensi menjadi tren yang digemari kawula muda layaknya musik modern, sehingga perlahan namun pasti eksistensinya mulai terkikis. Kurang atau bahkan nihilnya wadah bagi penikmat gamelan pun turut membahayakan eksistensi gamelan di daerah asalnya.  Sementara itu, gamelan mulai merambah dan mendapatkan tempat di hati pecinta musik negara lain.

Keresahan ini dirasakan Sapto Raharjo, seorang maestro gamelan, sehingga Ia kemudian menggagas YGF.  Pada 1995, untuk pertama kalinya YGF digelar dan menandai lahirnya wadah bagi eksistensi gamelan yang telah dikenal setidaknya di 36 negara. Sejak saat itu, YGF terus menjadi media berkumpul, berkomunikasi dan berinteraksi yang ditunggu-tunggu pemain dan pecinta gamelan.

Selain itu, YGF pun diharapkan dapat terus menyuarakan keberadaan gamelan serta mengajak setiap orang untuk berkontribusi terhadapnya. Semangat inilah yang melahirkan YGF dan terus dihadirkan di setiap tahunnya.

YGF dikelola oleh komunitas pecinta seni gamelan dalam kebersamaan, untuk bisa saling mendukung  aktivitas. Mengelola jaringan bisnis yang terkait dengan seni gamelan dalam konteks saling menguntungkan dan selalu menyuarakan keberadaan seni gamelan baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional.

Berbagai dukungan datang dari instansi formal maupun non formal. Termasuk dari komunitas pemain gamelan atau yang sering disebut dengan gamelan players, bahkan dukungan dari para penikmat musik gamelan (gamelan lovers) yang belum tentu bisa memainkan gamelan juga berperan sangat besar.

Menggagas kehidupan seni gamelan yang dinamis, selalu menyelaraskan diri dengan jaman tanpa harus kehilangan latar belakang budayanya dan saling menghargai keanekaragaman kebudayaan di dunia menjadi visi dari diselenggarakannya Yogyakarta Gamelan Festival ini.

Dan dengan misi untuk menciptakan dan mengelola media yang secara berkesinambungan menjadi sarana berkumpul, berkomunikasi dan berinteraksi bagi para pencipta seni gamelan dan membantu mereka yang sedang mempersiapkan masa depan untuk terlibat dalam dunia seni gamelan maupun yang akan menguatkan potensi yang sudah dimiliki dalam berbagai bentuk kegiatan.

Yogyakarta Gamelan Festival 2019
Yogyakarta Gamelan Festival 2019

Tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Yogyakarta Gamelan Festival (YGF24) diselenggarakan di Plaza Ngasem Yogyakarta sebagai main venue, dan beberapa venue lainnya sebagai rangkaian acaranya.

“NEW GAMELAN” dipilih sebagai Tema Yogyakarta Gamelan Festival Tahun ini. Gamelan  baru bukan hanya dipandang dari sisi penyajian dengan gaya atau cara baru, melainkan  merespon perkembangan tren sekarang yang harus mampu beradaptasi dengan jamannya, Gamelan dipandang dari segi spirit harus mampu berinovasi untuk bisa  diterima pada jaman sekarang.

Festival Gamelan tahunan ini akan diselenggarakan pada tanggal 19-24 Agustus 2019 di beberapa venue, seperti di kawasan 0 Kilometer Yogyakarta, Museum Wayang Ukur Tamansiswa Yogyakarta, Komunitas Gayam 16 Mantringawen Yogyakarta dan puncaknya 3 hari berturut-turut di Plaza Ngasem.

Jadwal Acara (Agenda) Yogyakarta Gamelan Festival 24

Agenda Yogyakarta Gamelan Festival 2019
Agenda Yogyakarta Gamelan Festival 2019

1. Gaung Gamelan

Gaung Gamelan kali ini bertajuk “Gending” akan diselenggarakan pada hari Senin, 19  Agustus 2019 di Kawasan 0 Kilometer Yogyakarta, pada pukul 15.00 sd selesai. Rembug Budaya,

Advertisements

Diskusi terbuka dengan tema “New Gamelan anyone?” yang akan diselenggarakan hari Selasa, 20 Agustus 2019, di berlokasi di Museum Wayang Ukur, Tamansiswa Yogyakarta,  pada pukul 15.00 sd Selesai.

2. Lokakarya

“Bikin sendiri gamelanmu” menjadi tema lokakarya tahun ini yang bekerja sama dengan  limbah bunyi, sebuah komunitas musik yang memanfaatkan limbah untuk berkesenian.  Lokakarya ini akan berlangsung pada hari Rabu, 21 Agustus 2019, pukul: 15.00 sd selesai berlokasi di Komunitas Gayam16, Mantrigawen Yogyakarta.

3. Pagelaran

Sebagai puncak acaranya Pagelaran Yogyakarta Gamelan Festival 2019 (YGF 24) akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut yang berlokasi di Plaza Ngasem pada tanggal 22-24 Agustus 2019 dimulai pukul 19.00 WIB setiap harinya.

Penampil Yogyakarta Gamelan Festival 2019 (YGF24)

Beberapa penampil dalam dan luar negeri ikut ambil bagian pada pagelaran ini diantaranya adalah:

  1. Show Seki (Japan)
  2. Celia Huet & Friends (France & Yogyakarta)
  3. Levin Zimmermann & Friends (Germany & Yogyakarta)
  4. Si Paningkah (Solo)
  5. Musik Tradisional SMPN 6 (Jepara)
  6. Putro Hargo Kawedhar (Bantul)
  7. Omah Cangkem (Bantul)
  8. Klub Sariswara (Yogyakarta)
  9. CSGK (Gunung Kidul)
  10. Gasita UGM (Yogyakarta).

Kini saatnya kita bangga dengan budaya yang kita punya, yang banyak diakui dan dipelajari oleh negara tetangga bahkan dunia. Sudah saatnya Yogyakarta Gamelan Festival patut disejajarkan dengan festival kelas dunia lainnya. Saatnya Yogyakarta Gamelan Festival menjadi ‘ICON’ Yogyakarta.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?