Keraton Yogyakarta Peringati HUT KE-77 RI Dengan Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra

Share:

Usai menggelar Pentas Musikan Kamardikan yang menampikan tim ansambel tiup Yogyakarta Royal Orchestra, Keraton Yogyakarta akan menghadirkan penutup semarak peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggelar Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra.

Konser ini akan digelar pada Sabtu, 27 Agustus 2022 pukul 19.00 WIB, berlokasi di Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti – Kamandhungan Ler (area Plataran Keben), Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Keraton Yogyakarta Peringati HUT KE-77 RI Dengan Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra
Keraton Yogyakarta Peringati HUT KE-77 RI Dengan Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra, photo : KratonJogja.id

“Peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia selalu menjadi hal yang spesial bagi kami diKeraton Yogyakarta.

Sehingga usai Pentas Musikan Kamardikan yang digelar pas di tanggal 17 Agustus, kami tutup rangkaian semarak HUT ke-77 RI ini dengan Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra, full orchestra, dengan berkolaborasi dengan beberapa pihak seperti solois saxophone, vokal, dan choir,”

terangKPH Notonegoro, penghageng Kawedanan Kridhamardawa yang menaungi Yogyakarta Royal Orchestra.

Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra kali ini akan menghadirkan 11 repertoar.

Gendhing Gati Mardika sebagai pembuka akan hadir dengan berkolaborasi bersama Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa, disusul lagu Api Kemerdekaan, Dari Sabang Sampai Merauke, Pahlawan Merdeka, Syukur, dan Tekad yang akan berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir dari ISI Yogyakarta.

Kemudian akan hadir 2 repertoar yang menjadi kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra dengan solois saxophone yang merupakan Abdi Dalem Musikan, MJ. Praptowaditro, yang akan membawakan lagu Tanah Airku dan Sepasang Mata Bola.

Lagu Kebyar Kebyar akan hadir dengan duet vokal alto oleh Okky Kumala Sari, seorang vokalis band pop- keroncong asal Jogja, Remember Entertainment dan vokal tenor Daniel Christianto, seorang solois vokal yang telah banyak bernyanyi di konser orkestra dan opera berskala nasional maupun internasional.

Disusul kemudian penampilan lagu Hari Merdeka yang juga akan berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir.

Sebagai penutup, akan hadir kembali kolaborasi antara Yogyakarta Royal Orchestra dengan Abdi DalemWiyaga Kawedanan Kridhamardawa yang akan membawakan Gendhing Bubaran “Arum-Arum”.

Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra yang akan dipimpin MW. Widyowiryomardowo selakuconductor atau pengaba ini merupakan konser yang dapat disaksikan oleh masyarakat secara hibrida.

Selain dihadiri tamu undangan, masyarakat yang telah melakukan reservasi dan mendapatkan e-tiket bisa menyaksikan langsung di lokasi pementasan.

Namun, bagi yang belum berkesempatan menyaksikan langsung dan berada di luar Yogyakarta, dapat menyaksikan juga secara daring melalui kanal Youtube Kraton Jogja.

Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra ini juga akan sekaligus menjadi saksi bersejarah Lembaga Sertifikasi Profesi Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pada acara ini, rencananya akan diserahkan sertifikat lisensi LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat oleh Ketua BNSP secara langsung kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X.

LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi.

LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dibentuk oleh asosiasi profesi, dan sudah berbadan hukum serta teregister oleh BNSP.

LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat mempunyai tugas mengembangkan skema uji kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan verifikasi tempat uji kompetensi.

LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP.

Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus dipatuhi untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima ditingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja.

LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan LSP Multi Sektor yaitu sektor/bidang Seni, Budaya, Rias Pengantin dan Pariwisata, dengan 14 skema sertifikasi seperti: Penari Gaya Yogyakarta Putra dan Putri; Penyaji Karya Tari; Dalang (Teater Wayang); Wiyogo (Karawitan Pakeliran); Penata Rias Pengantin; dan sebagainya.

Dengan sertifikat lisensi bernomor BNSP-LSP-2138-ID, LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat yang berdiri pada 19 November 2021 ini berlokasi di Komplek Pracimasana, Alun-Alun Utara, Keraton Yogyakarta.

Lembaga Sertifikasi Profesi milik Keraton Yogyakarta ini nantinya tak hanya dapat dimanfaatkan oleh Abdi Dalem saja, namun juga bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Adapun untuk informasi lebih lanjut mengenai LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat bisa diakses melalui website lspkratonjogja.id.

“Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra ini akan menjadi konser yang istimewa karena tak hanya menjadi momentum merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia, namun juga menjadi saksi bersejarah LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat yang akan mendapatkan sertifikat lisensinya.

Sehingga, LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pun akhirnya telah resmi dan mulai bisa beroperasi.

Berkaitan dengan konser esok Sabtu, kami mengimbau kepada masyarakat yang hadir langsung di lokasi untuk tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan demi kenyamanan bersama.

Harapannya, semoga konser kali ini bisa terusmembangkitkan semangat masyarakat agar Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,”

tutupKPH Notonegoro.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?