Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Liburan, Simak Yuk!

Gempa Bumi memang tidak bisa kita prediksi kapan akan terjadi, tidak mengenal tempat dan waktu seperti saat sedang liburan.

Terjadi gempa di tempat wisata tentu akan membuat diri kita panik, apalagi sedang berwisata jauh dari tempat tinggal kita, misalnya diluar pulau atau diluar negeri.

Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Liburan, Simak Yuk!
Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Liburan. Image By : Pixabay

Nah, kali ini kita akan bahas tentang tips menghadapi gempa bumi saat libuuran, jadi apabila terjadi gempa, setidaknya kita bisa menghadapi dengan cara yang benar. Untuk menghadapinya, kita akan bagi dari beberapa fase, yakni Sebelum Gempa, Saat Gempa dan Pasca Gempa.

Tips Menghadapi Gempa Bumi Sebelum Terjadi

Seperti kutipan diatas bahwa Gempa Bumi tidak bisa diprediksi kapan datang, namun tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi kemungkinan akan terjadi, apalagi di lokasi wisata yang kita pilih untuk liburan terdapat Gunung Api.

Dengan persiapan yang matang ini, kita akan lebih siap dan mengurangi perasaan panik saat Gempa Bumi atau becana alam terjadi. Nah berikut ini tips menghadapi Gempa Bumi dengan mengantisipasi sejak awal.

1. Kenali dulu lingkungan yang kita datangi

Mencari lokasi yang aman seperti tempat yang lapang dan jauh dari gedng tinggi bisa jadi pilihan tepat.

2. Pahami lokasi tempat menginap

Ketika akan menginap di hotel atau sejenisnya, pahami dulu seperti apa hotelnya.

Pelajarilah dimana loasi pintu darurat menuju luar hotel. Biasanya setiap hotel sudah ada papan petunjuknya, namun jika tidak dipahami dari awal bentuk dan lokasinya, tentu akan menyulitkan kita saat terjadi Bencana Gempa Bumi.

3. Jangan lupa siapkan tas siaga

Tas siaga ini sangatlah penting, jangan lupa kebutuhan utama seperti dompet, kartu penting, uang tunai, paspor sampai handphone selalu dalam keadaan ready untuk dibawa.



Saat Terjadi Gempa 

Saat terjadi Gempa Bumi, panik adalah hal yang sangat wajar. Jadi jika itu terjadi cobalah untuk segera mengatasi kepanikan tersebut. Cobalah untuk lebih tenang, agat bisa berfikir panjang dalam mengambil langkah yang tepat.

Nah berikut ini langkah yang bisa kita ambil saat terjadi Gempa Bumi.

1. Tetap tenang

Tetap tenang adalah kunci utama kita agar bisa berpikir jernih dan memilih hal yang tepat untuk diambil untuk mencegah kita dari bahaya.

2. Berlindung di tempat yang tepat

Saat terjadi gempa, dan kita berada didalam gedung, berlindung dibawah meja yang kokoh bisa jadi pilihan yang tepat. Hindarilah area yang ada hiasan dinding seperti pigura, lampu gantung dan hal lainya yang mudah jatuh.

3. Hindarilah gedung

Apabila sedang berada di luar ruangan, jangan lupa untuk menghindari gedung yang tinggi atau bertingkat yang mungkin bisa runtuh setiap saat. Lokasi yang lapang bisa jadi pilihan tepat.

4. Hindari pantai

Yang sedang liburan di sekitar pantai, segeralah menjauh dari area pantai. Hal ini untuk menghadapi apabila terjadi gempa yang berpotensi tsunami.

5. Keluar atau turun dari kendaraan

Apabila sedang dalam perjalanan dan terjadi gempa, segera berhenti dan turun untuk mencari tanah yang lapang dan jauh dari pepohonan ataupun gedung bertingkat.

Sesudah/Pasca Gempa Bumi

1. Keluarlah dari gedung

Apabila kita terjebak di dalam gedung atau ruangan saat terjadi gempa, segera keluarlah saat gempa bumi sudah berhenti, dan jangan lupa untuk membawa barang yang penting.

2. Tetap pada posisi

Sebelum ada informasi yang valid bahwa sudah aman, janganlah masuk gedung. Hal ini untuk mengantisipasi gempa susulan.

3. Tetaplah waspada

Waspada dan tetap berjaga-jaga wajib dilakukan pasca terjadi gempa bumi. Hal ini juga mengantisipasi apabila terjadi gempa susulan.

Nah itula 3 fase tips menghadapi gempa bumi saat liburan. Dengan mengetahui hal itu, setidaknya kita bisa lebih siap apabila sedang liburan dan tiba-tiba bencana seperti gempa bumi melanda. 

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?