4 Cara Menjauhkan Diri dari Yang Namanya Menunda Pekerjaan

5 min read

Memang kadang terlihat sepele, namun sebenarnya hal inilah yang seharusnya djauhi untuk mencapai apa yang kamu inginkan, seperti sebuah kesuksesan. Tahukah kamu jika menunda pekerjaan ini bisa diibaratkan sebuah tembok yang sangat besar, karena yang namanya kebiasaan menunda pekerjaan ini sangatlah sulit untuk dihilangkan.

Menunda pekerjaan tidak hanya membuat pekerjaanmu terbengkalai saat ini, namun lebih dari itu sebuah pekerjaan kedepanya juga akan ikut terbengkalai dan tentunya akan sangat kacau.

Maka dari itu mulai dari sekarang jauhkan dirimu dengan yang namanya menunda sebuah pekerjaan. Memang tidak mudah, tapi bukan berati kamu tidak bisa. Nah berikut ini ada 4 cara mudah untuk menjauhkan diri dari menunda sebuah pekerjaan.

1. Ganti Kata ‘Nanti’ Menjadi ‘Sekarang’

Ganti Kata Nanti Menjadi Sekarang

Tips yang pertama adalah mengganti kata “nanti” menjadi “sekarang”. Banyak sekali gagasan yang bagus serta ide-ide yang cemerlang, namun tidak akan terlaksana jika kamu hanya berkata nanti dan nanti.

Memang memikirkan kendala juga penting, tapi akan lebih penting jika kamu langsung melangkah, karena kendala tidak akan hilang jika kamu hanya memikirkanya saja. Sekarang saatnya action demi dirimu sendiri juga.

2. Mulai dari hal kecil

Mulai dari hal kecil

Semua itu butuh waktu, jadi latihlah diri sendiri untuk segera melakukan pekerjaan itu, walaupun itu hanya sepele. Misalnya saja ingin menghubungi seseorang, lakukanlah sekarang juga. Jika kamu menunda, bisa saja kamu akan lupa dan tidak akan pernah menghubunginya dan hal seperti ini sering terjadi.

Sama halnya dengan sebuah pekerjaan besar, jika kamu terus menundanya kapan pekerjaan itu akan selesai. Selain itu lama-kelamaan akan membuatmu menjadi seseorang yang tidak punya inetgritas.

3. Buatlah Batasan Waktu Sendiri

kerjaan tidak pernah selesai jika kamu sering menundanya

Pasti seseorang yang suka menunda pekerjaan akan protes melihat poin 1 dan 2. Pernyataan mereka pasti “Kita tidak pernah menunda pekerjaan kok, soalnya pekerjaan itu tidak ada batasan waktu selesainya”.

Walaupun pekerjaan itu tidak ada batasan waktu untuk menyelesaikanya, tapi hal ini akan menjebakmu pada sebuah tempurung dan membuat tidak akan maju. Bayangkan saja, ketika kamu menyepelekan tidak adanya batasan waktu pekerjaan itu pastinya tidak akan selesai, selain itu malah akan membuat waktumu merugi.

Cobalah untuk membuat batasan waktu sendiri. Selesaikan secepatnya kemudian berfokuslah pada pekerjaan selanjutnya. Hal ini akan lebih efektif daripada hanya menunggu pekerjaan pertama yang tidak tahu kapan dikerjaan, yang ada malah membuatmu terganggu dengan bayangan pekerjaan itu.

4. Lawan Rasa Malasmu

Lawan Rasa Malasmu

Menunda pekerjaan sangatlah erat dengan rasa malas. Makan dari itu lawanlah rasa malasmu sendiri. Kembali lagi dengan memulai hal yang kecil seperti, malas mandi, segeralah berdiri dan mandilah sekarang.

Begitu pula dengan pekerjaan. Jika ada pekerjaan, segeralah kerjakan tidak peduli tidak ada batasan waktu. Hal ini efektif untuk membuat pekerjaanmu selesai sesuai dengan yang diinginkan, karena kamu akan lebih fokus dengan pekerjaanmu.

Bayangkan saja jika kamu menunda sebuah pekerjaan yang pertama kemudian menerima pekerjaan yang kedua pastinya akaan membuat pikiranmu bercabang, dan bukan tidak mungkin hasilnya akan kurang maksimal.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Inspirasi

Cek Yuk

Pulau Moyo, Surga Mungil Dari Sumbawa

Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan yang namanya Pulau Moyo. Jika kamu tahu gaes,…