4 Acara Tahunan Jogja Yang Paling Ditunggu Bakal Hadir Di Bulan Juli

Ada rencana liburan di Jogja bulan Juli nanti? Pas banget deh. Seperti judulnya, saat Bulan Juli 2019 nanti, di Jogja bakal ada 4 festival tahunan yang paling ditunggu oleh masyarakat Jogja, bahkan Indonesia.

Kenapa paling ditunggu? Ada apa saja disana? Kapan tanggalnya, dan Acara apa aja sih itu? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. FKY 2019 (Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019) 4-21 Juli 2019

Acara yang pertama adalah FKY 2019. Untuk masuk ke acara FKY tidak dipungut biaya. Banyak yang baru di acara ini lho, termasuk kepanjangan nama dari FKY sendiri. Dulu FKY yang kita kenal adalah Festival Kesenian Yogyakarta, sekarang di tahun 2019 ini berganti menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Setelah berjalan selama 30 tahun, pada 2019 ini Festival Kesenian Yogyakarta resmi berubah menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta. Tidak hanya itu saja yang baru, lokasi dilangsungkannya acara juga berpindah, yakni di Desa Panggungharjo – Bantul, tepatnya di Kampung Mataraman yang merupakan kawasan yang sangat kental dengan nuansa budaya jawa yang dikelola oleh BumDes Panggung Lestari Desa Panggungharjo.

Yang menarik di FKY apa saja sih?

Bagi kalian yang belum pernah ke FKY wajib tahu nih, selama berlangsungnya FKY, biasanya akan ada pertunjukan spektakuler setiap harinya sepanjang acara. Jadi jika kalian ingin datang setiap hari pun tidak akan pernah bosan, karena disuguhkan pertunjukan seni dan budaya yang selalu berganti.

Panggung FKY 2018
Panggung FKY 2018

Selain itu, ada Pasar Seni FKY, disini kita bisa berbelanja pernak-pernik menarik hasil UKM yang ada di Jogja. Perlu diketahui juga, UKM yang bisa berjualan di Pasar Seni FKY ini sudah dikurasi oleh tim ahli lho, jadi barang yang dijual akan sangat eklusif dan menarik sekali.

FKY 2018, Dokumentasi Piknikdong
FKY 2018, Dokumentasi Piknikdong

Ditahun 2019 ini, Festival Kebudayaan Yogyakarta juga menghadirkan Pasar Tiban, dimana program ini hanya ada setiap akhir pekan (Jumat-Minggu) yang berlokasi di Telaga Julantara, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Yang unik dari Pasar Tiban ini adalah bakal ada 90 perserta yang ditentukan berdasarkan tema yang berbeda setiap minggunya.

2. Prambanan Jazz #5 2019 5, 6, 7 July 2019

Siapa sih yang tidak kenal dengan Prambanan Jazz? Festival yang sudah memasuki tahun ke 5 ini akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut, yakni pada tanggal 5,6 dan 7 Juli 2019 dan seperti judulnya, berlokasi di Candi Prambanan Yogyakarta.

Yang menarik di Prambanan Jazz apa saja sih?

Festival musik Prambanan Jazz merupakan salah satu festival yang paling bergengsi dan paling ditunggu di Indonesia. Seperti di Prambanan Jazz 2018, kali ini prambanan Jazz bakal dibanjiri artis dalam negeri dan luar negeri. Salah satu penampilnya Calum Scott, Yanni, dll sudah mengkonfirmasi bakalan tampil di Prambanan Jazz 2019.

Pnggung Prambanan Jazz 2018, Tim Prambanan Jazz 2018
Panggung Prambanan Jazz 2018, Tim Prambanan Jazz 2018

Untuk artis Indonesia sendiri, bakal tampil salah satunya, Ari Lasso, Tulus, Glenn Fredly, Yura, Rida Sita Dewi, Pusakata, Andien dan masih banyak lagi. 2 Panggung spektakuler dengan latar belakang Candi Prambanan yang sangat megah, akan memanjakan penonton yang datang diacara ini.

Kids Area Prambanan Jazz 2018, By : Tim Prambanan Jazz 2018
Kids Area Prambanan Jazz 2018, By : Tim Prambanan Jazz 2018

Selain pertunjukan yang spektakuler, pengunjung juga bakal dimanjakan dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari toilet, tempat ibadah sampai Kids Area. Jadi bagi pengunjung yang membawa keluarga termasuk si kecil, mereka bakal bisa ikut menikmati acara yang ada di Prambanan Jazz.

Untuk masuk ke Prambanan Jazz 2019, kita wajib beli tiket dengan range harga mulai dari Rp. 250.000- Rp 2.400.000.

3. ARTJOG  2019 25 Juli-25 Agustus 2019

Mulai 2019 ini, ARTJOG bakal dibingkai dengan sebuah tema besar atau tagline yang mengikat tiga sub-tema yang diwujudkan dalam tiga edisi festival setiap tahunnya. Di Tahun 2019 ini ArtJog Mengusung tema Arts in Common yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 Juli – 25 Agustus 2019 di Jogja National Museum (JNM) Jalan Prof. Ki Amri Yahya No. 1, Yogyakarta.

Advertisements

Yang menarik di ARTJOG 2019 apa saja sih?

ArtJog merupakan acara ART atau Seni, jadi kita bakal disguhkan banyak sekali karya seni, mulai dari lukisan, patung, dan karya seni yang mungkin bakal tidak terbayang sebelumnya. Di jamin keren banget deh.

COMMISSIONED ARTIST ARTJOG 2018 BY : Mulyana

Acara yang berlangsung selama satu bulan ini sering juga disebut dengan lebaran-nya seni di Jogja, bahkan Indonesia, karena selalu dipadati pengunjung, mulai dari warga lokal, pecinta seni, artis, pejabat dan para turis mancanegara.

Selain sajian karya seni yang luar biasa, kita bisa menikmati banyak pertunjukan setiap harinya di panggung yang sudah disediakan di area acara ARTJOG. Dan yang paling seru adalah, kita bisa ikutan beberapa workshop gratis yang tentu bakal menambah wawasan tentang sebuah karya seni.

ArtJog 2018

Untuk masuk ke Acara ArtJog 2019, kita diwajibkan untuk membeli tiket Rp. 50.000 Saja. Jika berkunjung ke ArtJog, jangan lupa untuk membaca beberapa larangannya ya, salah satunya menyentuh karya dan mempergunakan tongsis saat memfoto karya.

4. Pasar Kangen 12-20 Juli 2019

Yang terkahir adalah Pasar Kangen Jogja, yang merupakan sebuah event tahunan yang selalu dinanti banyak orang. Seperti tahun yang sebelumnya, Pasar Kangen tahun 2019 ini masih berada di Taman Budaya Yogyakarta, pada tanggal 12-20 Juli 2019.

Yang menarik di Pasar Kangen 2019 apa saja sih?

Di Pasar Kangen, kita bisa menemukan berbagai masakan khas daerah pada jaman dulu alias jadul. Bahkan kebanyakan orang yang datang tidak tahu bahwa makanan tersebut dulunya adalah makanan yang pernah hits di jamannya.

Pasar Kangen, Image By IG : @pasarkangen

Pasar Kangen selalu dipadati pengunjung karena disini mereka bisa seperti sedang bernostalgia dengan barang jadul ataupun makanan tradisional jadul yang sudah sangat jarang ditemui.

Barang Unik dan Jadul di Pasar Kangen, Image By IG : @pasarkangen
Barang Unik dan Jadul di Pasar Kangen, Image By IG : @pasarkangen

Untuk masuk ke acara Pasar Kangen tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi jangan lupa masukkan kedalam list acara yang wajib dikunjungi saat liburan di Bulan Juli 2019 nanti ya.

Itulah 4 Acara Tahunan Jogja Yang Paling Ditunggu Bakal Hadir Di Bulan Juli. Sangat menarik kan? Ingat, bulan juli tinggal menghitung hari lagi lho, jadi pesan tiket sekarang juga yuk untuk liburan di Jogja bulan Juli.

5.0
11

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?