Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI 2022) Dibuka Hingga 7 April, Ini Cara Daftarnya!

Bagi insan ekonomi kreatif Indonesia yang ingin menampilkan pesona produk kreatif dengan kearifan lokal daerah masing-masing, dapat mendaftarkan diri dalam program unggulan Kemenparekraf yaitu Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang pendaftarannya telah dibuka hingga 7 April 2022.

Kehadiran AKI 2022 merupakan kali kedua, sebelumnya Kemenparekraf telah sukses menyelenggarakan AKI 2021 di 16 kabupaten/kota se-Indonesia.

Apresiasi Kreasi Indonesia 2022
Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 (AKI 2022), ILUSTRASI photo : Kemenparekraf

Hadirnya kembali program AKI diharapkan akan menjadi ruang aktualisasi dalam peningkatan kapasitas dan pembangunan relasi dengan pelaku ekonomi kreatif lainnya.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, dalam acara “Menyapa Kadispar untuk Sosialisasi AKI 2022” secara virtual, di Jakarta, Rabu (23/3/2022) menargetkan 10 ribu orang yang akan mendaftar di ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 dari enam subsektor yaitu kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

“Tinggal dua pekan lagi sampai 7 April 2022, ini harus menembus 10 ribu, karena target ini kita tetapkan dengan begitu banyak permintaan dari pelaku ekraf untuk mengikuti AKI,”

kata Menparekraf.

Tercatat sampai dengan hari ini calon peserta yang telah mendaftar mencapai 4.328 orang. Untuk itu, Menparekraf mendorong pemerintah daerah agar lebih banyak lagi pelaku ekonomi kreatif yang berpartisipasi dalam AKI 2022, agar dapat memamerkan produk kreatif dan inovatif terbaik anak bangsa.

Sebab UMKM membuka hingga 97 persen lapangan kerja dan menggerakkan hampir 65 persen dari ekonomi Indonesia. Sementara, Berdasarkan data Focus Economic Outlook 2020, ekonomi kreatif menyumbang lebih dari Rp1.100 triliun terhadap PDB Indonesia di tahun 2020.

“Saya ingin mengajak pemerintah daerah untuk terus menggaungkan dan mengajak pelaku ekonomi kreatif bidang kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik, untuk mendaftar Apresiasi Kreasi Indonesia 2022. Tahun lalu, kita keliling dan antusiasmenya luar biasa.

Dan ini adalah suatu kesempatan UMKM untuk tampil di mall menjual produknya dan alhamdulillah rata-rata mengalami peningkatan omzet,”

kata Menparekraf.

Melalui AKI 2022, diharapkan perluasan pasar baik di dalam negeri maupun di luar negeri dapat tercapai, sehingga penciptaan lapangan kerja semakin terbuka dan pemulihan ekonomi akan terwujud.

“Mari bersama ciptakan kolaborasi dan sukseskan AKI 2022 sebagai salah satu program prioritas Kemenparekraf untuk bersama membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif,”

ujarnya.

Direktur Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu menambahkan sebagai tindak lanjut dari program Apresiasi Kreasi Indonesia, Kemenparekraf bersama dengan alumni AKI 2021 lalu akan membuat sebuah komunitas ekraf, supaya produk lokal Indonesia semakin berkembang dan menduia.

“Kita juga coba ikutkan di beberapa program yang ada di kedeputian Kemenparekraf yang terkait tugas dan fungsi masing-masing, termasuk di pemasaran, baik pemasaran dalam negeri maupun luar negeri,”

kata Yuke.

“Dan kita akan bekerja sama dengan beberapa stakeholders untuk kita ikutkan teman-teman ini (pelaku ekraf) di kelas UKM yang siap ekspor.

Bentuk kerja samanya sedang kita drafkan dan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak begitu lama kita bisa realisasikan,”

lanjutnya.

Cara daftar Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 (AKI 2022)

Bagi insan ekonomi kreatif yang ingin mendaftarkan diri dapat mengakses laman website https://aki.kemenparekraf.go.id/.

Adapun langkah-langkah pendaftarannya sebagai berikut:

1. Pilih salah satu “Kategori Pendaftaran” sesuai dengan kategori produk/karyamu;

2. Isi formulir data pribadi untuk mendaftarkan aku kamu kemudian klik “Daftar”;

3. Calon pendaftar akan langsung masuk ke form pendaftaran sesuai dengan kategori yang dipilih pertama, lalu pilih kota pelaksanaan yang terdekat dari domisili;

4. Setelah itu lengkapi form pendaftaran produk/karya, unggah foto dan dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan yang tertulis;

5. Setelah melengkapi form pendaftaran jangan lupa untuk mencentang dua pernyataan
tentang kebenaran informasi dan kesediaan mengikuti tahapan AKI;

6. Kemudian, klik tombol “Save” jika calon pendaftar baru melengkapi sebagian form dan akan melanjutkannya nanti. Klik tombol “Submit” jika sudah melengkapi semua bagian form dan ingin mengumpulkannya;

7. Setelah form berhasil dikumpulkan, maka pendaftar akan menerima email yang berisikan tentang pemberitahuan bahwa “Data Kamu Sedang dalam Proses Verifikasi”;

8. Untuk proses pendaftaran pun selesai.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi melalui Whatsapp Admin AKI 2022 di nomor 0857-1940-9586.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.7 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!