Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP Android dan iPhone

Cara menggunakan aplikasi Zoom di HP Android dan iPhone tentu tidak berbeda jauh dengan memakai laptop atau PC. Hanya saja, jika menggunakan HP diwajibkan untuk instal aplikasi terlebih dahulu di Google Play untuk Android dan App Store untuk iOS atau iPhone.

Memang tidak bisa dipungkiri jika saat ini aplikasi Zoom merupakan salah satu pillihan aplikasi terbaik untuk video converence, karena memiliki banyak sekali fitur dan fasilitas menarik yang bisa dimanfaatkan.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP Android dan iPhone
Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP Android dan iPhone

Fitur Aplikasi Zoom

Ada beberapa fitur unggulan di aplikasi Zoom seperti :

1. Schedule a Meeting

Fitur yang satu ini mengijikan Host untuk membuat jadwal meeting yang akan berlangsung.

2. Join a Meeting

Fitur yang kedua ini adalah yang utama, yakni fitur untuk bergabung dalam sebuah meeting, kita bisa bergabung dengan rekan lain yang sudah diundang lewat copy-paste meeting ID maupun link dari host yang sudah dibagikan.

3. Host a Meeting

Aplikasi zoom mengjinkan siapa saja menjadi host atau pimpinan meeting. Apabila menjadi host, kita bisa menyetel meeting dengan beberapa model, antara lain, with video off atau tanpa menggunakan video, with video on yakni menggunakan video dan screen dan yang terakhir share only atau menampilkan tampilan layar di laptop atau smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk presentasi.

Keunggulan Aplikasi Zoom

Seperti halnya fitur, keunggulan dari aplikasi zoom juga banyak, seperti :

  • Aplikasi zoom ini tidak membutuhkan bandwidth yang banyak, alias sangat ringan dan tidak memakan kapasitas memori yang terlalu banyak, baik di PC, latop maupun smartphone.
  • Aplikasi zoom dibekali dengan fitur membagi layar yang bisa memuat banyak sekali peserta hingga 100 orang di virtual meeting.
  • Kaunggulan yang ketiga dari aplikasi zoom adalah adanya dukungan Google Drive dan Dropbox untuk berbagi dokumen, jadi sangatlah membantu jika ingin berbagi file saat meeting.
  • Dalam mengundang partisipan video meeting sangat mudah dan sederhana, cukup menggunakan nomor HP atau email.
  • Aplikasi zoom juga bisa digunakan untuk presentasi langsung dengan membuka file seperti Power Point, dan membagikan layar laptop ke partisipan lain. Sangat menarik sekali.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP Android dan iPhone

1. Download aplikasi Zoom di App Store untuk iOS atau iPhone, dan aplikasi Zoom di Google Play untuk HP android.

2. Daftar dulu melalui aplikasi tersebut menggunakan email atau facebook, pilih salah satu saja yang dirasa paling mudah.

3. Setelah selesai urusan pendaftaran, langsung menuju ke Setting atau pengaturan,lalu temukan Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke Video Conference.

4. Copy Meeting ID lalu kirimkan ke teman yang akan diundang ke Video Conference, atau bisa juga dengan copy-paste link yang tersedia untuk mengundang teman.

5. Tidak berbeda dengan Aplikasi Zoom di PC, bagi partisipan yang di undang tidak perlu memeiliki akun. Cukup copy-paste link atau meeting ID saja untuk bergabung di video conference yang sudah dibuat oleh host.

6. Ketika memasukkan Meeting ID atau klik link yang sudah dibagikan tadi, partisipan akan menerima permintaan bergabung, lalu bisa klik Join a Meeting langsung bisa masuk dalam video conference.

Itulah ulasan tentang fitur aplikasi zoom, kelebihan aplikasi zoom dan cara menggunakan aplikasi zoom di HP Android dan iPhone. Sangat mudah sekali bukan? Selamat mencoba.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 9

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?