Inilah Arti Subclass Tempat Duduk di Kereta Api

Pasti sering bertanya apa sih bedanya subclass  tempat duduk di dalam kereta api? Kenapa harus ada subclass ini dan apa kegunaanya?

Tahukah kamu, jika subclass tempat duduk kereta api ini awalnya merupakan sebuah sistem klasifikasi dimana penumpang memiliki hak mendapatkan kenyamanan dalam rangkaian kereta.

Tempat Duduk Kereta Api, Sancaka Kelas Ekonomi, Image By IG : @nunu.afni
Tempat Duduk Kereta Api, Sancaka Kelas Ekonomi, Image By IG : @nunu.afni

Bisa kita ambil contoh nih, subclass termahal biasanya menjauhi lokomotif, tidak dekat dengan toilet, dan tidak berada di atas roda kereta api.

Nah seiring perkembangan jaman, subclass ini merupakan sebuah penghargaan dari PT. KAI untuk pelanggan yang sudah memesan tiket kereta api jauh hari, biasanya H-90. Disini pelanggan bisa memilih tarif yang lebih rendah  hingga yang tinggi.

Memang soal kenyamanan pada dasarnya merupakan selera setiap pelanggan sendiri, ada yang suka dengan bordes karena ke kamar kecil lebih dekat, ada juga yang suka dekat lokomotif dan yang suka juga ditengah-tengah.

Terus Apa Bedanya Subclass di Zona Tempat Duduk?

Tempat duduk Kereta api Luxury Image By : Andrew Santoso (IG @andrew_transportation_gallery
Tempat duduk Kereta Api Taksaka Luxury, Image By : Andrew Santoso (IG @andrew_transportation_gallery)

Sebenarnya tidak ada perbedaan fasilitas yang berarti antara subclass di zona tempat duduk ini, walaupun memang sub kelas tersebut menentukan harga tiket kereta api. Sub kelas zona tempat duduk ini diterapkan sejak April 2013 silam, baik untuk kereta api eksekutif, bisnis maupun ekonomi.

Berikut ini subclass yang ada di Kereta Api sekarang ini :

  • Kereta Api Eksekutif terdapat subclass A, H, I, J, X. Subclass A disini memiliki tarif paling tinggi, sedangkan X biasanya untuk tarif promo.
  • Kereta Api Bisnis terdapat subclass  B, K, N, O, Y. Subclass B disini yang memiliki tarif paling tinggi, dan untuk subclass Y merupakan tarif promo.
  • Kereta Api Ekonomi terdapat subclass C, P, Q, S, Z. Subclass C yang memiliki tarif paling tinggi dan untuk S merupakan tarif paling rendah, hingga Z yang merupakan tarif promo.

Tidak ada perbedaan fasilitas tapi harganya beda? lalu untuk apa fungsi dari subclass (sub kelas) ini?

Seperti yang sudah kita bahas diatas jika fasilitas disini tetap sama, namun untuk harga subclass termahal biasanya memiliki posisi yang lebih menguntungkan, seperti gerbong berada ditengah rangkaian kereta api, jadi penumpag yang duduk di subclass termahal ini dapat naik dari turun lebih mudah, karena bisa langsung menuju pintu keluar stasiun tanpa berjalan jauh.

Tidak hanya itu saja, untuk sub kelas termahal biasanya akan lebih dekat dengan gerbong makan, jadi penumpang akan lebih mudah dalam memesan makanan atau minuman. Ditambah lagi untuk subclass termahal posisinya berada di tengah dengan goncangan yang lebih halus karena kursi tidak berada di atas roda kereta. Jadi perjalanan tentu akan lebih nyaman lagi.

Advertisements

Perlu diketahui juga, penerapan subclass ini tidak sama disetiap kereta api lho, bisa saja pada  satu gerbong terdapat 1 subclass, sedangkan yang lainnya memiliki lebih dari satu subclass bahkan hingga 4 subclass.

Itulah arti Subclass tempat duduk di Kereta Api. Jadi sekarang sudah paham kan? Semoga bisa menjawab pertanyaan tentang arti dari sub kelas yang sering tercantum di tiket Kereta Api.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 9

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?