7 Tips Memilih Tempat Duduk Yang Nyaman Di Kereta Api

Saat ini transportasi umum sudah mulai ramai-ramai digemari oleh masyarakat, baik itu bus maupun Kereta Api. Hal itu merupakan buah dari upaya pemerintah dalam melakukan perbaikan transportasi publik sehingga masyarakat lebih memilih transportasi umum untuk mengantarkan sampai tujuan.

Dengan berbagai fasilitas yang disediakan transportasi umum saat ini akan meningkatkan kepuasan para penggunanya, terlebih sebentar lagi memasuki libur lebaran dan arus mudik maka transportasi umum khususnya Kereta Api menjadi pilihan pertama para pemudik yang ingin mengunjungi kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga tercinta.

Selain anti macet layanan di kereta saat ini sudah jauh lebih baik dari berbagai sisi menjadikan Kereta Api ini masuk dalam piihan pertama pemudik.

Sekarang, Kereta Api Ekonomi pun sudah benar-benar berbeda dengan yang dulu. Desain yang mewah dan tempat duduk yang lebih nyaman sudah bisa kita dapatkan di kelas ekonomi. Namun memang namanya juga Kereta Api kelas ekonomi, tentu ada kenyamanan yang dipangkas.

Sancaka Kelas Ekonomi
Sancaka Kelas Ekonomi, Image By IG : @nunu.afni

Tapi hal itu tidak perlu dikawatirkan kok, karena berikut ini ada tips memiliki lokasi tempat duduk ternyaman bagi kalian yang ingin menggunakan Kereta Api ekonomi. Penasaran seperti apa? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pertama-tama, Pahami dulu denah lokasi tempat duduk Kereta Api Ekonomi Berikut ini.

Denah tempat duduk kereta api ekonomi, Image By : ppkadaop2bd.weebly.com
Denah tempat duduk kereta api ekonomi, Image By : ppkadaop2bd.weebly.com

1. Piih tempat duduk yang berhadapan

Bagi kalian yang mudik bersama dengan keluarga pilihlah kursi yang bernomor 11,12 AB dan 11,12 CD, karena kursi di kereta membelakangi bordes dan toilet maka titik temunya ada di nomer tersebut, dan cocok dijadikan tempat duduk saat anda mudik bersama keluarga.

2. Pilih tempat duduk yang minim guncangan

Setiap orang pasti menginginkan tempat yang nyaman untuk menikmati sebuah perjalanan, apalagi perjalanan tersebut memakan waktu yang lama. Dengan susunan tempat duduk dikereta ada beberapa seat yang nyaman untuk hal tersebut diantaranya no 11, dan 12, bagi anda yang menginginkan kenyamanan dan minin guncangan disarankan untuk memilih nomor tersebut.

3. Jangan pilih tempat duduk di dekat Toilet

Bagi yang tidak ingin terganggu dengan bau yang tidak sedap selama perjalanan maka disarankan untuk memilih tempat duduk yang agak jauh dari toilet. Selain itu tempat duduk dekat dengan toilet juga termasuk tempat duduk yang memiliki guncangan yang cukup keras, jadi hal ini kemungkinan akan mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

4. Pilih tempat duduk yang dekat dengan lorong

Untuk yang membutuhkan akses lebih sering ke toliet maka tempat duduk di dekat lorong ini sangat tepat, selain memudahkan anda untuk mengakses toilet tempat duduk ini juga sedikit lebih longgar karena tidak terbentur dinding kereta api, yang termasuk tempat duduk dekat toilet ini adalah A dan B.

5. Hindari tempat duduk dekat bordes

Selain guncangan yang cukup keras, tempat duduk ini juga diperuntukkan bagi yang menginginkan akses lebih cepat ke bordes. Jadi kadang kita terganggu ketika sedang ingin istirahat/tidur. Selain itu tempat duduk ini juga memiliki  bagasi atas yang lebih sempit dibanding tempat duduk lainnya.

6. Sebaiknya perhatikan Kepala/Ekor kereta

Bagi yang sering mual saat melakukan perjalanan ada baiknya memperhatikan arah kereta, jangan sampai memilih tempat duduk yang membelakangi laju kereta, karena kemungkinan akan mual atau pusing saat melakukan perjalanan.

7. Pilihlah tempat duduk yang dekat jendela

Nah tempat duduk ini merupakan tempat duduk favorit karena dengan memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela kita akan disuguhkan pemandangan yang indah selama perjalanan. Gunakan kesempatan ini untuk menikmati indahnya pemandangan alam indonesia, dapat juga dijadikan tempat untuk memotret atau merekam perjalanan.

Nah itu tadi 7 tips memilih tempat duduk yang nyaman di Kereta Api . Semoga bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan, serta jangan lupa untuk berdoa dulu ya.

*NB : Posisi tempat duduk bisa saja berbeda dari satu Kereta Api ekonomi dengan Kereta ekonomi lainya, artikel diatas merupakan gambaran umum.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?