Kemenparekraf Dan BP2MI Siapkan Pekerja Migran Jadi Duta Parekraf Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bertemu dengan Kepala BP2MI Benny Ramdhani, Rabu (3/3/2021).

Dalam pertemuan itu keduanya membahas penguatan kolaborasi guna mewujudkan program menjadikan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai Duta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Kemenparekraf-BP2MI Sepakat Siapkan Pekerja Migran Jadi Duta Parekraf Indonesia
Kemenparekraf-BP2MI Sepakat Siapkan Pekerja Migran Jadi Duta Parekraf Indonesia, image : Kemenparekraf

Kemenparekraf dan BP2MI sebelumnya telah menandatangani Nota Kesepahaman dalam rangka Pengembangan Potensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pekerja Migran Indonesia dan Keluarganya.

“Kita akan perkuat MoU kita ke depan dengan perjanjian kerja sama.

Tidak hanya menjadikan para PMI sebagai duta pariwisata, tapi juga duta ekonomi kreatif Indonesia,”

kata Menparekraf Sandiaga Uno di kantor BP2MI, Jakarta.

Dalam mewujudkan rencana tersebut, Kemenparekraf bersama BP2MI akan memberikan pelatihan-pelatihan dasar pariwisata kepada calon pekerja migran Indonesia yang akan berangkat ke luar negeri.

Sehingga mereka nantinya diharapkan dapat menjadi endorser atau dengan kata lain duta yang akan mempromosikan kekuatan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Kita akan pilih satu provinsi untuk jadi pilot project dalam pelatihan para calon PMI,”

kata Sandiaga Uno.

Terkait PMI Purna (PMI yang telah pulang bekerja dari luar negeri) Kemenparekraf juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan dalam memproduksi produk-produk ekonomi kreatif.

Penguatan kapasitas PMI Purna menjadi salah satu program unggulan yang dijalankan BP2MI agar mereka memiliki keterampilan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya dan nantinya bisa berkarya di daerahnya sendiri serta tidak kembali bekerja keluar negeri.

Dalam kunjungannya ke kantor BP2MI, Menparekraf Sandiaga Uno sempat melihat berbagai produk ekonomi kreatif yang dihasilkan para PMI Purna. Mulai dari kerajinan batik, kopi, kriya seperti hiasan dinding dan lainnya.

“Di sini kita melihat, selain dari kesepakatan kita untuk menjadikan para pekerja migran Indonesia menjadi duta pariwisata, tapi juga sekarang menjadi duta ekonomi kreatif.

Karena kalau kita lihat produk-produk yang dihasilkan oleh PMI Purna sudah sangat layak untuk dipasarkan menjadi komoditas ekspor,”

kata Sandiaga.

Ia berharap kolaborasi dengan BP2MI dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kepala BP2MI Benny Ramdhani menyambut baik penguatan kolaborasi antara pihaknya dengan Kemenparekraf guna mewujudkan para pekerja migran Indonesia sebagai duta pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Kita punya potensi 3,7 juta pekerja migran Indonesia yang bisa menjadi duta pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,”

kata Benny Ramdhani.

Kolaborasi dengan Kemenparekraf dikatakan Benny akan menjadi daya dorong agar PMI benar-benar berdaya dan sejahtera.

“Kita ingin mengakhiri persepsi publik yang negatif bahkan destruktif seolah-olah PMI pekerja rendahan atau sumber masalah.

Padahal sebenarnya mereka adalah penyumbang devisa terbesar kedua dalam bentuk remitansi setelah sektor migas.

Mereka adalah pahlawan devisa, sehingga apapun yang diendorse oleh negara, berkolaborasi dengan kementerian/lembaga mudah-mudahan menjadi daya dorong agar PMI benar-benar berdaya dan sejahtera,”

kata Benny.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya, serta Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?