Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Meluncurkan Aplikasi Sirkuit PSBK

Setelah penandatanganan nota kesepemahaman antara PSBK dan MonsterAR Teknologi Indonesia pada malam pembukaan pameran yang lalu, 3 Oktober 2019 kemarin merupakan momen penting yang menandai transformasi PSBK sebagai ruang seni dan budaya dalam bersinergi dengan inovasi teknologi digital.

Diluncurkanlah aplikasi Sirkuit PSBK berbasis Augmented Reality (AR) sebagai keberlanjutan upaya penyediaan akses seni bagi masyarakat. Kehadiran aplikasi Sirkuit PSBK ini pula menandai ulang tahun PSBK ke-41 tahun yang juga jatuh pada 3 Oktober.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Meluncurkan Aplikasi Sirkuit PSBK
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Meluncurkan Aplikasi Sirkuit PSBK

MonsterAR Teknologi Indonesia dengan kampanye “Gerakan Digitalisasi Museum”-nya mempertemukan diri pada persimpangan “akses”, hal yang sama diupayakan oleh PSBK sebagai ruang seni budaya yang sirkuitnya secara aktif memproduksi jejak arsip pengetahuan.

Akses adalah kunci bagi pelestarian arsip serta modal pengembangan oleh generasi selanjutnya. Kerjasama PSBK dengan MonsterAR Teknologi Indonesia menjadi terobosan lintas sektor dalam pembangunan kebudayaan Indonesia.

Pengembangan aplikasi Sirkuit PSBK pada tahap awal ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi masyarakat ketika berkunjung ke kompleks PSBK. Masyarakat dapat menjelajahi PSBK yang luasnya sekitar 5.000 meter persegi secara mandiri dengan bekal pengalaman interaksinya dengan Augmented Reality (AR) dan berbagai akses pengetahuan yang terkandung di dalamnya.

Melalui AR, arsip berupa video, visual grafis, foto dan panduan audio yang terdapat di PSBK dapat diakses oleh masyarakat secara menyenangkan.

Hadirnya inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya kunjung masyarakat ke ruang seni dan budaya. Seiring dengan hal tersebut, PSBK berharap inovasi ini pula dapat mendorong daya kreasi seniman dalam berkarya.

Sementara, Aplikasi Sirkuit PSBK baru tersedia untuk smartphone dengan OS Android saja, karena untuk pengguna os lain seperti IOS, masih dalam pengembangan. Selain itu, aplikasi Android ini akan bisa di download di Playstore.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 4

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?