Pameran Nandur Srawung 2022 di Taman Budaya Yogyakarta, Intip Yuk Ada Apa Aja?

Share:

Pameran Nandur Srawung 2022 merupakan pameran seni rupa yang dikuratori oleh Arsita Pinandita, Bayu Widodo, Irene Agrivina, Rain Rosidi, dan Sujud Dartanto.

Kali ini, Nandur Srawung 2022 hadir dengan tema Matrix//Mayapada dan pada tahun 2022 ini merupakan tahun ke-9 perhelatan Nandur Srawung.

Pameran Nandur Srawung 2022
Pameran Nandur Srawung 2022, photo : Sany/Piknikdong

Selain hadir dalam format pameran di galeri, Nandur Srawung juga memiliki berbagai program dan aktivasi yang memberikan akses dan keterlibatan publik lebih luas.

Inklusivitas dan keterbukaan menjadi semangat acara ini, membawa harapan agar seni bisa terhubung dengan siapa saja.

Pameran Nandur Srawung sampai kapan?

Pameran Nandur Srawung di Taman Budaya Yogyakarta
Pameran Nandur Srawung di Taman Budaya Yogyakarta

Nandur Srawung mulai melakukan aktivasi pra-acara sejak 1-11 Oktober 2022. Pameran utama akan berlangsung selama 7 hari, mulai 16-22 Oktober.

Berlokasi di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), seremoni pembukaan pameran diramaikan dengan pertunjukan musik dan tari kontemporer.

Tajuk pameran Matrix//Mayapada mengangkat gagasan untuk melakukan pembacaan realita ganda, antara yang fisik dan nonfisik.

Gagasan ini diharapkan mampu menjaring banyak kalangan/segmen peserta baik konvensional maupun digital, sehingga bisa mewadahi beragam bentuk artistik dan komponen sosial.

Seniman yang terlibat di Nandur Srawung 2022

Pameran Nandur Srawung 2022 di Taman Budaya Yogyakarta
Pameran Nandur Srawung 2022 di Taman Budaya Yogyakarta

Peserta Nandur Srawung tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga menampilkan seniman dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Australia, Austria, India, Korea Selatan, Mexico, Perancis, Rusia, dan Jerman.

Selain pameran, terdapat program Nandur Gawe yang memberikan dukungan untuk projek seni dan Srawung Sinau yang mewadahi peneliti untuk melakukan riset.

Seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, terdapat pula Penghargaan Lifetime Achievement Award untuk seniman senior yang memiliki dedikasi dan konsistensi pada dunia seni rupa.

Selain itu, terdapat pula penghargaan Young Rising Artist Award yang akan diberikan kepada seniman muda pilihan berusia 35 tahun ke bawah.

Terdapat lebih dari 240 partisipan, individu dan kelompok, yang turut terlibat dalam pameran Nandur Srawung #9. Seluruhnya terbagi dalam tiga program pokok: Pameran, Nandur Gawe, dan Srawung Sinau.

Nandur Gawe diikuti oleh 9 kolektif, yakni Komunitas Akar Padi (Ngaran Kite Festival), POTADS X Iyak Ambar, Susuhan Art Farm, Jogja Disability Arts, XXLAB, SMK 1 Purwokerto, Re:Karya Fest, WAFT, dan Sanggar Matur Nuwun.

Selanjutnya, Srawung Sinau melibatkan 5 peneliti, antara lain Jasmine Haliza, Pandu Paneges, Shalihah Ramadhanita, Nafa Arinda, dan Hardiwan Prayoga.

Pada program harian penyelenggaraan pameran terdapat 6 agenda yang akan dilaksanakan seperti, seminar, workshop, diskusi Srawung Sinau, artist talk, exhibition tour for disabled people dan pop-up market.

Harga Tiket dan Cara berkunjung ke Nandur Srawung 2022

Perlu diketahui jika harga tiket masuk nandur srawung ini nol rupiah alias gratis.

Pengunjung hanya perlu melakukan registrasi online melalui tautan bit.ly/kunjunganmayapada atau bisa juga langsung datang di galeri Taman Budaya Yogyakarta.

Pengunjung bisa datang di galeri Taman Budaya Yogyakarta mulai pukul 12.00-21.00 WIB.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 5

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?