Mau Tahu Sejarah Singkat Hari Batik Nasional? Yuk Simak Kisah Singkatnya Di Sini!

Share:

Indonesia memiliki hari-hari penting yang banyak diperingat oleh seluruh lapisan masyarakatnya.

Mulai dari Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober dan masih banyak lagi.

Sejarah Singkat Hari Batik Nasional, Gambar oleh Mahmur Marganti dari Pixabay
Sejarah Singkat Hari Batik Nasional, Gambar oleh Mahmur Marganti dari Pixabay

Dari hari-hari penting tersebut, ada yang diperingati dengan diliburkannya berbagai aktivitas di tengah masyarakat, dan ada pula yang tidak.

Dari banyaknya hari-hari penting yang dirayakan dengan tidak diliburkannya aktivitas di masyarakat, Hari Batik Nasional adalah salah satunya.

Dan pada tahun 2022, Hari Batik Nasional jatuh pada hari Minggu (2/10/2022).

Hari Batik Nasional diperingati sebagai salah satu momen penting yang terjadi di Indonesia, bermula ketika beberapa tahun silam, UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan Budaya Lisan dan Nonbendawi dunia.

UNESCO menilai, bahwa batik layak dijadikan sebagai Warisan Kemanusiaan Budaya Lisan dan Nonbendawi dunia, karena batik memiliki teknik dan simbol yang sangat melekat dengan kebudayaan bangsa Indonesia.

Penetapan batik sebagai Warisan Kemanusiaan Budaya Lisan dan Nonbendawi pun jatuh pada 2 Oktober 2009 silam, melalui sidang keempat Komite Antar-Pemerintah yang diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Setelah penetapan dilakukan oleh UNESCO, Presiden Republik Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono menyambutnya dengan sangat baik.

Ia pun menetapkan setiap tanggal 2 Oktober adalah sebagai momen peringatan Hari Batik Nasional.

Asal usul Hari Batik Nasional

Ketetapan Hari Batik Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009, yang dikeluarkan pada 17 November 2009.

Keputusan itu diambil mengingat batik telah diakui oleh dunia internasional sebagai warisan budaya yang berasal dari Indonesia.

Selain itu, peringatan Hari Batik Nasional itu pun dipandangan akan sangat baik terhadap citra dan martabat bangsa Indonesia di mata negara-negara lain di dunia.

Dan sejak saat itulah, setiap tanggal 2 Oktober melalui Kementerian Dalam Negeri, pemerintah menghimbau seluruh lapisan yang ada di pemerintahan pusat, provinsi, kabupaten maupun kota untuk menggunakan batik saat diperingati Hari Batik Nasional.

Tak hanya itu, hal tersebut pun sudah dijadikan kebiasasan oleh setiap lapisan masyarakat di Indonesia, yang selalu menggunakan pakaian batik ketika momen Hari Batik Nasional.

Entah itu pegawai swasta, pelajar dan lainnya, menjadikan batik sebagai dresscode setiap tanggal 2 Oktober.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!