Bakal Ada Seminar Sastra Internasional di Joglitfest 2019

Festival Sastra Yogyakarta (Joglitfest) merupakan perhelatan kebudayaan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sastrawan/penggerak sastra, akademisi, perguruan tinggi, komunitas, penerbit, lembaga pemerintah, dan lembaga swasta.

Kegiatan utama festival yang akan berlangsung 27 s.d. 30 September 2019 ini bertujuan untuk mendekatkan dunia sastra dengan publik, sekaligus menjalin keterhubungan antar masyarakat sastra di dalam dan luar Yogyakarta.

Joglitfest  sendiri telah berlangsung sejak tanggal 20 Agustus 2019 dengan agenda Workshop Sastra yang diselenggarakan bekerjasama dengan komunitas-komunitas sastra di Yogyakarta.

Selain itu, kegiatan lain yang juga telah dilaksanakan adalah: Seminar Series & International Literary Workshop, Temu Penerbit Indonesia, Sastra Bergerak: Pustaka dan Mendongeng Keliling (di masing-masing kabupaten di DIY), Ruang Temu: Pentas Sastra Lintas Komunitas (di masingmasing kabupaten di DIY), hingga Soft Opening yang bertempat di Dinas Kebudayaan DIY (pada tanggal 2 September 2019).

Seminar Internasional Festival Sastra Yogyakarta (Joglitfest) 2019
Seminar Internasional Festival Sastra Yogyakarta (Joglitfest) 2019

Salah satu acara inti dalam Joglitfest adalah Seminar Sastra Internasional Joglitfest 2019 yang mengambil tempat di Hotel Melia Purosani Yogyakarta, Sabtu, 28 September 2019 (08.00 – 16.00 WIB).

Dalam acara seminar Sastra Internasional tersebut bakal menghadirkanProf. Dr. Muhajjir Efendy, MAP. (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI), Dr. Tirto Suwondo (Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah), Eka Kurniawan (novelis), dan Prof. Suminto A. Sayuti (Guru Besar Sastra UNY).

Seminar Sastra Internasional Joglitfest 2019 sendiri merupakan bagian kegiatan Pengkajian Sastra, yakni rangkaian acara ilmiah guna mengkaji/membahas karya sastra dan isu-isu kesastraan terkini oleh para pakar dan praktisi sastra dalam bentuk simposium, seminar, diskusi, ceramah literasi dan lokakarya.

Tidak hanya itu, dalam Seminar Sastra Internasional Joglitfest 2019 akan dihadirkan pula para pakar sastra dari Indonesia dan mancanegara untuk mengkaji secara akademik isu-isu kontemporer yang terkait dengan sastra global-lokal dengan tema utama “Yogyakarta dalam Konstelasi Sastra GlobalLokal”.

Adapun subtema seminar yakni : 1) Isu-Isu Glokalitas dalam Sastra; 2) Diaspora Yogyakarta; 3) Kontribusi Sastra Yogyakarta; dan 4) Yogyakarta sebagai Sumber Inspirasi Karya Sastra.

Grand Opening Joglitfest 2019, Gala dinner, dan Penyambutan Tamu akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2019, bertempat di Panggung Mahatmanto – Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Beberapa nama yang akan hadir memeriahkan adalah M. Aan Mansyur, Jogja Hiphop Foundation, Silampukau, Gabriella Fernandez, Yogyakarta Simphoni Orkestra, Gubernur DIY, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Joko Pinurbo.

Selain kegiatan tersebut, pada tanggal 27 juga ada rangkaian kegiatan lain di tempat dan waktu yang berbeda.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?