Tekan Resiko Kecelakaan Roda Dua, Program Motis Kembali Dilaksanakan

Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) Kembali digelar oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan RI setelah dua tahun tidak dilaksanakan akibat Pandemi COVID-19.

Pada angkutan Motis 2022 ini, DJKA menunjuk KAI Group melalui KAI Logistik untuk melayani angkutan Motis 2022 dengan waktu pelaksanaan angkutan mulai 26 April – 09 Mei 2022.

Tekan Resiko Kecelakaan Roda Dua, Program Motis Kembali Dilaksanakan
Tekan Resiko Kecelakaan Roda Dua, Program Motis Kembali Dilaksanakan

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menyebut program ini sebagai upaya Pemerintah untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat dalam melakukan mudik.

“Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Balitbang Kemenhub, diprediksi sebanyak 85 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik tahun ini, tentu antusiasme masyarakat yang besar perlu kita antisipasi agar mudik dapat dilaksanakan dengan selamat, aman, dan menimbulkan rasa bahagia bagi pelakunya,”

sebut Zulfikri.

Lebih lanjut, Zulfikri menjelaskan bahwa program Motis ini diselenggarakan guna mengurangi angka pemudik dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Sebab, dikhawatirkan akan menghadapi resiko keselamatan yang tinggi jika memaksakan diri untuk mudik dengan kendaraan roda dua.

Guna menarik minat masyarakat agar beralih dari kendaraan roda dua dan memanfaatkan program Motis ini, akan dibuka juga untuk penumpang yang mudik dengan menggunakan bus/travel, selain bagi penumpang kereta api yang telah memiliki tiket yang selama ini dilaksanakan.

Dalam sambutannya, Zulfikri menambahkan bahwa protokol kesehatan tetap perlu ditegakkan dalam penyelenggaraan Motis ini.

Sehingga bagi calon peserta Motis dihimbau untuk tetap mematuhi persyaratan perjalanan yang berlaku sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 yang telah di addendum dengan Surat Edaran Nomor 49 Tahun 2022 sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum perjalanan dengan memenuhi ketentuan dan persyaratan yang sudah ditetapkan.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI Group mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

KAI akan menjaga kepercayaan para pemudik yang akan mengirimkan motornya menggunakan kereta api dengan baik melalui pelayanan prima serta mengutamakan keselamatan.

“KAI Group siap untuk ikut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis.

Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2022 ini,”

jelas Didiek.

Direktur Utama KAI Logistik, TLN. Ahmad Malik Syah, menjelaskan bahwa KAI Logistik menerima pendaftaran angkutan Motis mulai hari ini hingga 8 Mei 2022 dengan menyesuaikan ketersediaan kuota.

Peserta dapat melakukan pendaftaran baik secara online melalui bit.ly/motis2022 ataupun pendaftaran secara langsung dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

“Ini merupakan kali kedua KAI Logistik kembali ditugaskan sebagai ekspedisi/pelaksana kegiatan angkutan motor gratis.

Kami sangat senang dapat terlibat dan menjadi bagian dari serangkaian kegiatan mudik dimana ini merupakan mudik pertama di masa pandemi.

Kami telah memastikan kesiapan pendukung operasional baik sarana, SDM hingga sistem untuk angkutan Motis 2022 dan siap mengangkut 9.280 motor untuk arus mudik dan balik sesuai dengan kuota yang disediakan oleh Pemerintah,”

tutup pria yang akrab disapa Malik.

Angkutan Motis ini melayani berbagai rute dengan perjalanan pulang pergi (PP) dan tersedia di dua jalur yaitu Lintas Utara dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang dan untuk Lintas Selatan dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari.

Dalam angkutan Motis Ini, Pemerintah menyediakan kuota harian sejumlah 928 unit motor yang diangkut menggunakan 2 (dua) kereta api dengan rangkaian masing-masing 8 (delapan) gerbong bagasi (Gerbong B) dan akan berjalan setiap hari selama periode arus mudik pada 26 – 30 April 2022 yang kemudian dilanjutkan periode arus balik pada 05-09 Mei 2022.

Selama pengiriman, peserta juga dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun website kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor resi pengiriman.

Selama penyelenggaraan program, seluruh rangkaian proses angkutan mulai dari penerimaan, pengepakan/packing, pemuatan ke dalam gerbong, pembongkaran dari gerbong hingga penyerahan kepada peserta motis, akan dilayani oleh KAI Logistik selaku pihak penyelenggara yang telah ditunjuk oleh Pemerintah.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?