in

Jangan Takut Liburan Sendiri! Ini Dia Tips Solo Traveling Anti Ribet!

gnews piknikdong
Bagikan:

Piknikdong.com – Bagi sebagian orang, liburan dengan keluarga atau teman-teman adalah cara terbaik menikmati waktu luang. Namun, bagi sebagian lainnya, liburan sendirian atau solo traveling adalah cara yang paling tepat menikmati waktu liburan.

Jika Anda pecinta solo traveling, tentu banyak hal yang mesti dipersiapkan. Mulai dari beli pesan tiket pesawat internasional secara online, sampai persiapan lainnya. Karena itu, pastikan kesiapan terlebih dahulu sebelum mulai solo traveling.

Tips Solo Traveling Anti Ribet
Tips Solo Traveling Anti Ribet, Gambar oleh Jan Vašek dari Pixabay

Berbagai Tips Solo Traveling Anti Ribet

Sebelum memutuskan untuk melakukan solo traveling, ada berbagai hal yang mesti Anda perhatikan.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya mengikuti berbagai tips sebelum mulai bersolo traveling. 

Lalu, apa saja tips melakukan solo traveling anti ribet? Bisakah pemula bersolo traveling juga? Ini dia berbagai tips solo traveling anti ribet yang bisa Anda coba.

1. Persiapkan Tiket Perjalanan Pulang Pergi

Sebelum mulai solo traveling, hal pertama yang mesti Anda lakukan tentunya mempersiapkan tiket perjalanan Anda. Mau itu tiket pesawat, kereta, atau bahkan kapal. Jangan sampai lupa persiapkan tiket perjalanan Anda.

Pastikan persiapkan tiket sesuai waktu dan rute perjalanan Anda. Perhatikan kenyamanan yang akan diperoleh saat memesan tiket perjalanan.

Agar lebih mudah, cobalah memesan tiket secara online melalui aplikasi perjalanan. Tak hanya itu, ada baiknya juga memesan tiket pulang pergi. Dengan begitu, Anda tak perlu kesulitan saat sedang liburan.

2. Pastikan Akomodasi Aman

Tak hanya tiket perjalanan saja yang mesti dipersiapkan. Sebelum mulai liburan, pastikan juga Anda sudah mempersiapkan semua akomodasi liburan Anda.

Mulailah pesan penginapan yang Anda butuhkan. Sesuaikan pilihan Anda dengan budget yang Anda punya. Cobalah cari berbagai rekomendasi penginapan agar mendapat penginapan terbaik dengan budget yang Anda punya.

Ada baiknya cari penginapan dengan lokasi strategis. Cobalah cari penginapan di pusat kota atau sekitar area wisata. Dijamin, liburan Anda makin seru dan tak akan terlupakan.

3. Buat Rencana Liburan yang Jelas

Rencana liburan yang jelas jadi salah satu hal yang tak boleh Anda lupakan saat akan bersolo traveling.

Terutama bila Anda berencana liburan ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. 

Adanya rencana liburan akan buat perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan. Anda pun tak akan kebingungan mau pergi ke mana untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

Saat membuat rencana liburan, pastikan memasukan berbagai objek wisata terkenal yang sayang dilewatkan. Catat transportasi sekitar yang bisa digunakan dan jam buka tiap objek wisata.

4. Cobalah Berbaur dengan Masyarakat Sekitar

Saat berwisata sendiri, tentu Anda tak punya teman untuk berbagi kisah menyenangkan selama liburan, kan? Bagi beberapa orang, hal ini membuat solo traveling terasa membosankan dan menakutkan.

Agar tak terasa membosankan, Anda bisa coba berbaur dengan masyarakat sekitar. Bersikap ramah dan sapalah setiap orang yang Anda temui dalam perjalanan Anda. Dengan begitu, bisa saja Anda mendapatkan teman baru dalam perjalanan Anda.

Kalau beruntung, solo traveling bisa jadi jalan bertemu orang baru yang menyenangkan. Bahkan tak sedikit yang menemukan sahabat dan pasangan dari solo traveling. Keren, kan?

5. Bawa Uang Tunai Lebih Banyak

Saat solo traveling, semua masalah yang mungkin muncul dalam perjalanan tentu mesti Anda selesaikan sendiri. Dari semua masalah yang mungkin ada, masalah keuangan tentu jadi yang paling ribet dan mendesak.

Bawa uang tunai dalam jumlah lebih banyak bisa jadi solusi yang pas. Dengan uang tunai, Anda tak perlu repot mencari tempat yang menerima pembayaran uang digital.

Pastikan membawa uang tersebut ke mana pun. Jangan tinggalkan dompet Anda saat liburan dan pastikan simpan di tempat yang aman untuk menghindari bahaya pencurian.

6. Jangan Lupa Dokumentasi 

Anda tak setiap saat bisa mengunjungi berbagai tempat wisata, kan? Karena itu, saat liburan sangat penting untuk melakukan dokumentasi di berbagai tempat wisata yang Anda kunjungi.

Abadikan tiap momen perjalanan Anda melalui foto maupun video seru. Cobalah berfoto di spot-spot terkenal agar liburan Anda terasa makin berkesan.

Jika merasa kesulitan mengambil foto dan video sendiri saat liburan, Anda bisa coba minta tolong pada wisatawan lainnya. Jangan ragu meminta tolong, ya.

Nah, tips-tips simpel ini bisa bantu solo traveling Anda terasa makin seru dan menyenangkan. Bagaimana? Tertarik untuk solo traveling juga? Destinasi apa yang ingin Anda kunjungi?

Untuk Anda yang tertarik mencoba solo traveling juga, ada baiknya persiapkan perjalanan Anda dari sekarang. Mulailah dengan memesan tiket perjalanan Anda melalui Traveloka.

Di Traveloka, Anda bisa pesan semua tiket perjalanan tanpa ribet. Tentunya Anda bisa mendapat harga lebih hemat dengan memesan melalui Traveloka. Menarik, kan?

Jadi tunggu apa lagi? Yuk persiapkan solo traveling Anda sekarang juga bersama Traveloka.

Traveloka? Teman perjalanan Anda.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.