Lebih Dekat Dengan Wakatobi Salah Satu Surga Bawah Laut Paling Indah Di Dunia

4 min read

Apabila mendengar kata Wakatobi pasti yang terbesit adalah keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan.

Memang keindahan bawah laut wakatobi sudah tidak diragukan lagi, karena masuk kedalam salah satu surga bawah laut paling indah yang ada di dunia.

Lebih Dekat Dengan Wakatobi Salah Satu Surga Bawah Laut Paling Indah Di Dunia
image : www.wakatobi.com/the-diving-experience/seasons

Wakatobi adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan Ibukotanya berada di Wangi-wangi.

Wakatobi juga dipakai sebagai nama kawasan Taman Nasional yang sudah ditetapkan pada tahun 1996 silam, dengan luas sekitar 1,39juta ha, dengan berjuta keanekaragaman hayati laut dan merupakan salah satu prioritas tertinggi dari konservasi laut yang ada di Indonesia.

Sebenarnya, Wakatobi ini sudah terkenal di kalangan masyarakat Dunia sejak Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebarkan bahwa kawasan Sulawesi Tenggara sangatlah kaya akan spesies koralnya.

Apa aja yang ada di Wakatobi?

Seperti yang sudah dikenal sebelumnya jika Wakatobi ini merupakan salah satu surga bawah laut paling indah di Dunia.

Salah satu kekayaan yang ada di Wakatobi adalah terumbu karang yang sangat luas dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni dan berbagai bentuk seperti slop, drop-off sampai goa bawah laut yang sangat indah.

Bawah Laut Wakatobi

Dengan adanya terumbu karang yang sangat luas dan selalu terjaga itulah yang membuat Wakatobi juga kaya akan ikan yang sangat unik. Di Taman Nasional Wakatobi ini tercatat ada 93 jenis ikan seperti ikan pogo-pogo, napoleon, ikan merah sampai clown fish yang sering kita kenal dengan Nemo yang sangat lucu dan imut.

Menuju Wakatobi

Sangat mudah untuk menuju Taman Nasional Wakatobi ini. Sekarang ini sudah tersedia penerbangan ke Bandara Matohara Wangi-wangi Makassar.

Sealin itu sekarang juga sudah ada penerbangan dari Kendari sampai ke Wakatobi.

Untuk jalur lain bisa ditempuh dengan jalur laut dengan rute Kendari–> Bau-Bau –> Wanci atau langsung dari Kendari ke Wanci.

Pulau Wanci atau disebut juga dengan Wangi-Wangi merupakan pintu gerbang untuk memasuki Taman Nasional Wakatobi. Dari sinilah pengunjung bisa mulai menjelajahi pulau-pulau yang ada di Wakatobi seperi pulau Binongko, Pulau Tomia, dan Pulau Kaledupa.

Fasilitas Yang Ada di Wakatobi

Untuk fasilitas sudah pasti lengkap untuk kawasan Taman Nasional Wakatobi ini. Sekarang sudah banyak tersedia Hotel, Resort sampai rumah penduduk yang menyewakan tempat untuk menginap.

Pada umumnya wisatawan yang berkunjung ke Wakatobi menginap di Pulau Wangi-Wangi. Untuk tarif bisa disesuaikan dengan kondisi kantong masing-masing, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah permalamnya.

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Dalam Negri