Yuk Intip Situ Rawa Gede Bogor, Wisata Murah Meriah Yang Sangat Indah

Selain memiliki aneka destinasi air terjun, Kota hujan Bogor juga masih menyimpan destinasi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Situ Rawa Gede yang terletak di Desa Sinarjaya Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor.

Destinasi wisata Situ Rawa Gede menawarkan wisata yang murah meriah mulai dari berkemah, wisata  danau dan juga bermain di area air terjun yang alami.

Indahnya Situ Rawa Gede Bogor, Image by IG : @nyssauttsada
Indahnya Situ Rawa Gede Bogor, Image by IG : @nyssauttsada

Salah satu alasan kenapa bisa murah adalah pengelolaan tempat ini yang masih dikelola secara gotong royong oleh pemuda dan warga setempat, kemudian dibantu oleh pemerintah setempat.

Aktifitas yang dapat dilakukan di rawa gede

Berendam santai di kolam renang

Berenang di Kolam Renang Situ Rawa Gede Bogor, image by IG : @el.journeys
Berenang di Kolam Renang Situ Rawa Gede Bogor, image by IG : @el.journeys

Situ Rawa Gede memiliki beragam kolam yang bisa dipilih pengunjung untuk bersantai, kolam buatan ini memang disiapkan pengelola bagi pengunjung yang ingin bersantai menikmati pemandangan sambil berendam di air, karena Telaga Rawa Gede memang tidak diperuntukan untuk berenang dan berendam bagi pengunjung.

Kolam yang disediakan pertama dalah kolam rendam yang berlokasi persis dibawah air tejun, kolam dengan air alami yang jernih ini memberikan kesegaran bagi pengunjung yang singgah untuk berendam.

Yang kedua adalah kolam terapi ikan, kolam ini bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin sedikit refleksi dengan terapi ikan, dan juga ada kolam renang yang memang disiapkan bagi pengunjung yang ingin berenang secara bebas sambil menikmati pemandangan sekitar rawa yang indah.

Ngecamp dan berburu spot foto

Ngecamp di Situ Rawa Gede Bogor, image by IG : @gimboel140822
Ngecamp di Situ Rawa Gede Bogor, image by IG : @gimboel140822

Menghabiskan malam yang tenang dengan pemandangan yang indah merupakan salah satu hal yang wajib dicoba di Kawasan Ritu Rawa Gede ini.

Bagi yang hobi bermalam di alam Situ Rawa Gede juga menyediakan lahan untuk mendirikan tenda.

Lahan tersebut berada disebelah telaga, dengan suasana yang tenang dan dingin, serta semilir angin malam dan suara hewan kecil akan menjadi penghantar tidur yang lengkap.

Untuk yang tertarik ngecamp di Situ Rawa Gede sebaiknya membawa peralatan dan perlengkapan sendiri mengingat di Kawasan Situ Rawa Gede belum menyediakan penyewaan tenda dan perlengkapannya.

Jangan lupa untuk membawa ekstra selimut dan penghangat karena suasana malan di Situ Rawa Gede ini termasuk dingin.

Ketika pagi menjemput jangan lupa untuk mengabadikan momen pagi dengan berfoto dengan latar telaga dan air terjun alami yang indah, dan tentunya taman buatan yang memang disiapkan untuk area swafoto.

Memancing dan naik perahu di Situ Rawa gede

Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, berkunjung ke Situ Rawa Gede merupakan pilihan yang tepat, karena di Kawasan ini terdapat beragam ikan seperti nila dan mujaer yang bisa dan diperbolehkan untuk dipancing.

Namun jika ingin memancing sebaiknya membawa peralatan sendiri ya, seperti diketahui jika pengelolaan disini masih sederhana jadi belum tersedia tempat penyewaan pancing dan perlengkapannya, atau jika tak ingin memancing bisa juga memberi makan ikan dengan terlebih dahulu membeli makanan ikan di kios yang tersedia.

Bagi yang ingin menikmati suasana dan pemandangan juga disediakan berbagai pilihan mulai dari berjalan di jembatan apung yang terbuat dari bambu yang disusun rapi dan ditopang dengan tong warna-warni yang membuat jembatan ini lebih cantik sehingga tak jarang dijadikan obyek swafoto.

Selain itu ada juga pilihan lain yaitu menaiki sepeda atau perahu air yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling menikmati keindahan alam Situ Rawa Gede.

Fasilitas, harga tiket masuk dan jam buka Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede Bogor, Image by IG : @rawagede.id
Situ Rawa Gede Bogor, Image by IG : @rawagede.id

Fasilitas yang disediakan di Situ Rawa Gede terbilang kumplit mulai dari area parkir, toilet, mushola, gazebo untuk istirahat dan tak ketinggalan warung-warung yang menjual aneka kuliner untuk mengisi perut.

Tiket masuk ke Situ Rawa Gede juga terbilang murah yaitu Rp20.000,00 harga tiket tersebut belum termasuk dengan biaya penitipan kendaraan dan tiket wahana lainnya seperrti perahu atau sepeda air.

Jam buka Situ Rawa Gede setiap hari selama 24 jam, jadi yang ingin ngecamp bisa datang kapanpun menyesuaikan waktu yang tepat.

Lokasi Situ Rawa gede

Situ Rawa Gede beralamatkan di Desa Sinarjaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Google Map), dapat ditempuh selama 2 jam jika dari arah Jakarta dan dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraan pribadi baik roda 2 maupun 4.

Ada 2 jalur yang dapat dipilih, jika dengan kendaraan roda 4 maka sebaiknya memilih rute Tol Jagorawi-Citeureup-Sukamakmur dan jika menggunakan roda 2 bisa memilih rute Cibubur-Cipanas Puncak-Sinarjaya.

Jika pengunjung dari Bogor maka dapat memilih rute Sentul atau Jonggol, bagi pengguna kendaraan roda 4 dan  bagi yang mengendarai roda 2 bisa memilih rute Cimahpar-Leuwi Hejo-Citeureup.

Demikian tadi ulasan menganai keindahan dan juga beberapa hal yang dapat dilakukan di Situ Rawa Gede Bogor. Menarik sekali bukan? Jadi jangan lupa masukkan Situr Rawa Bogor dalam list kunjungan kalian ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 8

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Seorang mahasiswa ekonomi yang hobi akan main musik, selalu meluangkan waktu untuk travelling ditengah kesibukan. Kegiatan yang menyenangkan lain adalah tidur.
BAGIKAN
Komentarmu?