Savana Bekol, Indahnya Afrika Ala Jawa Timur di Taman Nasional Baluran

Pasti banyak yang bertanya apa sih Savana Bekol, dan apa hubunganya dengan Afrika, sedangkan kita berada di Indonesia.

Nah, yuk kenalan dulu dengan yang namanya Savana Bekol. Savana Bekol merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi dan tepat berada di Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur dan merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran Jawa Timur.

Jika ditengok kembali, Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi yang memiliki berbagai macam flora dan fauna yang sangat beragam ditambah dengan pemadangan alam yang sangat menakjubkan.

Nah mengenai Afrika ala Jawa Timur, hal ini memang benar adanya, karena ketika berkunjung ke Taman Nasional Baluran dan berada di Savana Bekol, bakal disuguhkan pesona padang savana yang luas. Jika pasa musim kemarau Savana Bekol ini sangat mirip dengan Afrika. Jadi banyak orang menyebutnya dengan Afrika Ala Jawa Timur.

Keindahan Savana Bekol di Taman Nasional Baluran

Seperti yang disebutkan tadi, keindahan yang akan didapat jika berkunjung kesini adalah menikmati hamparan padang savana yang sangat luas dan seperti berada di Afrika.

Keindahan Savana Bekol di Taman Nasional Baluran
Image IG : @thanthowy_

Jika pada musim kemarau, padang savana ini benar-benar mirip dengan Afika, ketika pengunjung berkeliling, akan melihat pepohonan dan semak yang sudah kering namun akan sangat menajubkan, ditambah dengan melihat beberapa satwa langka seperti sekelompok rusa yang sedang berteduh ataupun elang jawa yang sedang berburu sampai orang utan atau lutung yang sedang mencari makanan dalam alam yang benar-benar liar.

rusa liar di savana bekol
Image IG : @nadiasahara

Di sela perjalanan menikmati Savana Bekol, terdapat gardu pandang yang bisa untuk berteduh sambil memandangi luasnya padang savana Afrika Alam Jawa Timur.

Savana bekol dari gardu pandang
Image IG : @nadiasahara

Dari gardu pandang inilah bisa dilihat jika Indonesia memiliki banyak sekali keindahan dan Padang Savana Bekol merupakan salah satunya.

Untuk yang ingin mengabadikan saat berkunjung ke Savana Bekol, banyak tersedia spot menarik untuk mengambil gambar yang bisa menunjukan indahnya padang savana.

Menuju Lokasi Savana Bekol

Untuk menuju lokasi Savana Bekol sangat mudah kok, karena memang masuk kedalam Taman Nasional Baluran. Jika dari Bnayuwangi bisa langsung menuju Situbindo kemudian sampai di daerah Banjulmati setelah melewati sungai, akan menemui pintu gerbang Taman Nasional Baluran.

Tips Jika Berkunjung Ke Savana Bekol Taman Nasional Baluran

  1. Bawalah sunblock atau sejenisnya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  2. Topi atau caping juga bisa jadi pilihan tepat, jadi bawalah dari rumah
  3. Lebih baik membawa kendaraan pribadi atau menyewa, karena dari puntu masuk Taman Nasional Baluran menuju Savana Bekol masih memerlukan peerjalanan sekitar 1 jam.
  4. Berhati-hati saat menyusuri Taman Nasional Baluran, karena jalan yang kurang mulus, jika musim kemarau bawalah masker karena akan banyak debu.