15 Kuliner Khas Cirebon Yang Selalu Bikin Kangen Kota Ini

Cirebon merupakan kota yang terletak di perbatasan antar Provinsi, yaitu Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dengan adanya budaya yang berbeda maka tak heran jika kota Cirebon juga memiiki beberapa ciri khas, diantaranya kuliner.

Siapa sih yang tak mengenal Nasi Jamblang dan Empal Genthong yang syarat dengan cita rasa yang gurih. Kedua kuliner khas Cirebon ini bahkan sudah tersebar luas di berbagai kota di Indonesia.

Namun tahukah kalian jika tidak hanya kedua kuliner tesebut yang menjadi unggulan dari Cirebon? Masih ada banyak kuliner gurih nan lezat yang wajib dicoba saat berkunjung ke Cirebon, namun hati-hati, karena bakal bikin kangen untuk balik lagi.

Nah daripada semakin penasaran, yuk disimak saja kuliner khas Cirebon yang selalu bikin kangen betapa enaknya kulineran disana.

1. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat,, Image By IG : @elfizahara221176
Kerupuk Melarat,, Image By IG : @elfizahara221176

Dalam bahasa Jawa melarat dapat juga diartikan miskin atau kurang mampu, namun jangan salah, makanan khas Cirebon yang satu ini jauh dari arti kata tersebut ya.

Memiliki tekstur rasa yang gurih dan manis menjadikan kerupuk ini salah satu yang perlu dicoba saat berkunjung ke Cirebon, jika ingin sensasi yang berbeda silakan tambahkan bumbu kacang atau sambel dage saat menikmati kerupuk ini.

2. Rujak Kangkung

rujak kangkung, Image By IG : @veys30
rujak kangkung, Image By IG : @veys30

Rujak kangkung menggunakan bahan utama kangkung yang sudah direbus, setelah itu disiram dengan bumbu rujak yang dibalut terasi khas Cirebon.

Meski sekilas makanan ini mirip dengan plecing kangkung namun ada yang membuatnya berbeda yaitu warna sambalnya yang kemerahan, bebeda dengan plecing kangkung yang menggunakan sambal kacang.

3. Bubur Sop Ayam

Bubur Sop Ayam, Image By IG : @aghniaghi
Bubur Sop Ayam, Image By IG : @aghniaghi

Untuk kuliner yang satu ini mungkin masih terdengar asing, ditambah lagi biasanya warga Cirebon menikmati Bubur Sop Ayam pada malam hari.

Bubur Sop Ayam merupakan kuliner berbahan dasar bubur yang disiram dengan kuah sop ayam, serta ada tambahan sayuran dan suwiran ayam, masih ada lagi pelengkap seperti suun, irisan tomat dan juga kol.

4. Empal Asam

Empal Asam, Image By IG : @hobimakanenak
Empal Asam, Image By IG : @hobimakanenak

Meski namanya mirip dengan empal gentong namun ternyata makanan yang satu ini punya rasa yang berbeda lho, jika empal gentong memiliki rasa yang gurih, maka menu yang satu ini memiliki rasa yang sesuai dengan namanya, yakni asam.

Bahan yang digunakan utnuk menimbulkan rasa asam ini adalah belimbing wuluh, untuk isiannya tinggal sesuaikan saja dengan selera, seperti daging, jeroan, atau babat. Untuk menikmati empal asam ini kalian cukup merogoh saku sekitar 23.000 saja.

5. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot Cirebon, Image By IG : @nina_epicure
Tahu Gejrot Cirebon, Image By IG : @nina_epicure

Untuk makanan yang satu ini sepertinya sudah sangat terkenal bahkan mudah dijumpai di kota-kota besar, beberapa pedagangnya menggunakan sepeda untuk berkeliling.

Cara penyajiannya yang unik yaitu dengan mengunakan cobek yang terbuat dari tanah liat yang digunakan untuk menghaluskan bumbu tahu gejrot ini, dengan rasa manis, asam, gurih serta sedikit pedas, membuta makanan ini selalu laris.

6. Mie Koclok

Mie Koclok, Image By IG : @dinahudayani
Mie Koclok, Image By IG : @dinahudayani

Bagi pecinta kuliner mie, sangat diwajibkan untuk mencoba menu mie koclok dari Cirebon.

Mie ini disajikan dengan irisan telur rebus, tauge, daun bawang dan tak lupa suwiran daging ayam. Kuah mie koclok agak sedikit kental dan inillah yang menjadikannya berbeda dan sangat nikmat, apalagi jika dinikmati pada malam hari akan menambah kenimatan dari mie koclok.

7. Empal Gentong

Empal Gentong Cirebon, Image By IG : @kulinerjabodetabek
Empal Gentong Cirebon, Image By IG : @kulinerjabodetabek

Nah makanan yang satu ini merupakan makanan yang paling terkenal di Cirebon dan menjadi buruan para pengunjung.

Siapa sih yang tidak ngiler dengan makanan ini? dijajakan dengan kuali dari tanah liat yang dipanaskan dengan kayu bakar dan memiliki aroma khas, membuat empal gentong sangat populer dikalangan pecinta kuliner.

Kuah empal gentong sangat cocok jika dinikmati dalam keadaan panas, tambahan isian pun bervariasi seperti daging sapi serta aneka jeroan seperti babat, usus, paru, dan limpa. Untuk menikmatinya kita cukup merogoh kocek seiktar 17.000 sampai 22.000 cukup terjangkau bukan?.

8. Tahu Kuningan

Tahu Kuningan, Image By IG : @ananfurqon
Tahu Kuningan, Image By IG : @ananfurqon

Meski makanan ini bukan asli dari Cirebon, namun nyatanya Tahu Kuningan cukup populer di Cirebon.

Memilliki warna cokelat dan tekstur kulit luar yang agak kasar serta memiliki isi yang hampir sama dengan tahu sumedang, membuat kuliner ini sangat digemari. Tahu Kuningan sangat nikmat dan cocok jika dinikmati dengan sambal kecap atau cabe rawit.

9. Bubur Ayam Cirebon

Bubur Ayam Cirebon, Image BY IG : @munozkalit
Bubur Ayam Cirebon, Image BY IG : @munozkalit

Cukup mudah untuk menemukan kuliner yang satu ini karena sudah banyak yang menjajakannya, bahkan diluar kota Cirebon pun sudah bisa dijumpai Bubur Ayam CIrebon.

Keunggulan dari Bubur Ayam Cirebon ini adalah kuah kaldunya yang berwarna kuning dan gurih, ada pula potongan cakwe yang membuat makanan khas ini semakin menarik. Untuk menikmatinya jangan lupakan berbagai sate jeroan seperti ampela, usus, telur puyuh serta ati untuk menjadi lauk pendamping.

10. Pedesan Entog

Pedesan entog Cirebon, Image By IG : @coffeewarung
Pedesan entog Cirebon, Image By IG : @coffeewarung

Seperti namanya, kuliner ini berbahan dasar daging Entog/Menthok yang disajikan dengan kuah ekstra pedas, cocok sekali bagi kalian yang suka menu pedas. Rasa pedas yang dihasilkan bukan hanya dari cabai namun juga dari campuran bumbu merica seta rempah lainnya.

Meski makanan ini asli dari Indamayu namun sangat mudah dijumpai di kota Cirebon. Harga satu porsinya pun murah meriah yaitu sekitar 15.000 saja.

11. Sate Kalong

Sate Kalong, Image By IG : @audranar
Sate Kalong, Image By IG : @audranar

Disebut sate kalong karena kuliner ini hanya tersedia di malam hari saja, jadi jangan mengira daging yang digunakan adalah daging kalong ya.

Perlu diketahui, bahan utama sate kalong ini merupakan daging kerbau, bentuk sate ini pun dibuat berbeda karena potongan dagingnya yang panjang. Sate Kalong ini memiliki rasa yang khas yaitu manis, namun bagi pecinta pedas dapat juga menambahkan sambal merah.

12. Sate Kentang

sate kentang, Image By IG : @dapurbuluk
sate kentang, Image By IG : @dapurbuluk

Kuliner sellanjutnya adaah Sate Kentang, yang satu termasuk kuliner yang lain daripada lainnya, karena menggunakan kentang sebagai bahan utama sate.

Walaupun dari Kentang, bukan daging, namun nyatanya kuliner ini sangat digemari lho, terutama anak muda, bumbu-bumbu yang gurih dan lezat menambah kenikmatan kuliner yang satu ini.

13. Nasi Lengko

Nasi Lengko, Image By IG : @gracebel1303
Nasi Lengko, Image By IG : @gracebel1303

Dari segi tampilan, menu yang satu ini terlihat mirip dengan nasi pecel, namun siraman kuah bumbu kacang yang menjadi pembeda dari Nasi Lengko.

Disajikan dengan bermacam sayuran seperti tauge, daun bawang, timun, potongan tahu, tempe, taburan bawang goreng dan daun kucai akan menambah nikmat rasa dari Nasi Lengko, kuiner khas Cirebon.

14. Docang

Docang, Image By IG : @caturwulan88
Docang, Image By IG : @caturwulan88

Docang biasanya disantap sebagai menu sarapan atau makan siang, dengan campuran lontong, touge, parutan kelapa dilengkapi sayuran daun singkong dan taburan kerupuk ditambah siraman kuah panas disertai sambal docang.

Adanya tempe bungkil serta oncom membuat kuliner ini nikmat untuk disantap di pagi atau siang hari. Kuahnya yang gurih, dibalut rasa segar rempah serta pedas dari sambal maka akan menimbulkan efek yang luar biasa di lidah, jangan khawatir karena untuk menu ini cukup membayar 10.000 hingga 15.000 per porsinya, murah kan?

15. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang, Image By IG : @nina_epicure
Nasi Jamblang, Image By IG : @nina_epicure

Tahukah kamu, jika kuliner ini pada awalnya berasal dari desa Jampang, namun karena unik serta harga yang murah maka kuliner ini menjadi populer dan bahkan dijual di berbagai daerah luar Cirebon.

Untuk menikmati Nasi Jamblang kita akan disodorkan dengan berbagai pilihan lauk seperti ayam goreng, aneka pepes, ikan asin, sate kentang, perkedel, tahu sayur, tempe dan juga tumis cumi hitam sampai paru goreng yang gurih dan niikmat. Harga lauknya pun murah mulai dari 2000 sampai 20.000.

Nasi yang khas dengan balutan daun jati saat penyajian ini berbeda dengan nasi liwet yang dibungkus dengan daun pisang. Yuk langsung cobain

Nah itu tadi adalah 15 Kuliner Khas Cirebon Yang Selalu Bikin Kangen untuk datang lagi ke Kota Cirebon. Bikin ngiler kan? Yuk, cobain.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?