in ,

Hitung Mundur Penutupan ArtJog 2023, Ini Artis yang Akan Tampil!

Share:

Piknikdong.com, Yogyakarta – Artjog 2023 resmi dibuka pada tanggal 30 Juni 2023 dan akan berakhir pada 27 Agustus 2023.

Seluruh program telah dilaksanakan dimulai dengan penampilan Teater Garasi di panggung Main Performance performa•ARTJOG pada 2-3 Juli 2023 dan dilanjutkan dengan mata program yang lain seperti Special Performance oleh Saron Groove, Olski, dan Megatruh Soundsystem dan Explanatory oleh empat seniman pertunjukan yaitu Arief Wicaksono, Deni Septyanugroho, Studio Klampisan, dan Densiel Lebang.

Program-program lain seperti Exhibition Tour dan Meet the Artist juga telah berlangsung dan telah diakhiri dengan sesi terakhir Meet the Artist bersama Anusapati dan Butet Kartaredjasa pada hari Kamis, 24 Agustus 2023.

ARTJOG 2023_performa ARTJOG_Main Performance_GR Men Ta (too) Way_1
ARTJOG 2023, Main Performance GR Men Ta (too) Way, photo : Tim Artjog

Menuju penutupan, masih ada satu program performa•ARTJOG Main Performance dari Sardono W. Kusumo dengan judul “MEN TA (TOO) WAY: Merayakan Seni Rupa Tertua di Dunia” pada 25 & 26 Agustus 2023.

Karya ini berlandaskan tentang penguatan kesadaran keragaman budaya dan keanekaragaman ekosistem di Indonesia.

Pendekatan pada desain budaya yang dilakukan melalui praktek kreativitas dalam kerja kolaboratif oleh Sardono W. Kusumo dengan masyarakat indigenous Mentawai ini bukan tentang ekspresi personal, tetapi refleksi atas memori kultural, memori sosial, memori tubuh, dan alam yang diresapi bagaimana melihat aspek-aspek budaya dari pulau kecil ini secara menyeluruh.

Suku Mentawai menganggap tato sebagai bagian dari peninggalan budaya yang memiliki nilai estetika dan makna simbolik bagi penggunanya, serta sebagai suatu hal yang sakral dan berfungsi sebagai simbol keseimbangan alam.

Tato atau seni rajah di Suku Mentawai Sumatera Barat ini dikenal sebagai tato tertua di dunia.

Meskipun begitu, banyak anak muda Mentawai mulai meninggalkan tradisi tato ini.

Motif tato tertua dalam bentuk garis-garis yang sederhana dan melekat pada mereka yang sudah dianggap memiliki keahlian yang bersangkutan dengan pengobatan atau yang disebut sebagai sikerei.

Sikerei melakukan penyembuhan menggunakan tradisi etnobotani yang merupakan kegiatan pemanfaatan tumbuhan yang dilakukan dan dipertahankan secara turun-temurun sejak dahulu kala di masa nenek moyang.

Untuk menonton pertunjukan ini, pengunjung dapat mengakses info lebih lengkap dan membeli tiket melalui tautan artjog.id/sardono atau membeli tiket secara langsung di loket Artjog.

Artis di yang akan tampil di Penutupan Artjog 2023

ARTJOG Closing F 3-min
ARTJOG Closing

Upacara Penutupan ARTJOG 2023 – Motif: Lamaran rencananya akan berlangsung pada hari Minggu, 27 Agustus 2023 pukul 19.30 WIB di Panggung ARTJOG.

Closing ceremony ARTJOG 2023  akan dimeriahkan oleh penampilan Prince Husein, Kunto Aji, dan The Mayasona.

Bagi pengunjung yang ingin turut serta dalam upacara penutupan dapat membeli tiket pameran ArtJog secara langsung di loket.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Written by Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.