in ,

Artjog 2023 Sukses Digelar dan Sampai Ketemu di ArtJog 2024!

gnews piknikdong
Bagikan:

Piknikdong.com, Yogyakarta – Setelah dibuka resmi pada 30 Juni lalu, ArtJog 2023 Motif: Lamaran telah resmi diakhiri pada hari Minggu, 27 Agustus 2023.

Acara penutupan ArtJog 2023 diawali oleh sambutan Heri Pemad selaku Direktur ArtJog, orasi budaya oleh Goenawan Mohamad, dilanjutkan oleh pidato penutupan oleh Dr. Suwarno Wisetrotomo.

ARTJOG 2023_Closing Ceremony_Performance from Kunto Aji
ArtJog 2023, Closing Ceremony, Performance from Kunto Aji, photo : Tim ArtJog

Memeriahkan rangkaian acara penutupan, panggung ArtJog dimeriahkan oleh penampilan spesial dari Prince Husein, Kunto Aji, dan The Mayasona.

Selain memamerkan beragam karya rupa dari 73 seniman dewasa dan anak-anak, ArtJog 2023 juga menyajikan beragam pengalaman seni melalui performa•ArtJog dengan 4 Main Performance, tiga aktivasi pertunjukan melalui program Connect, serta Explanatory yang melibatkan empat seniman pertunjukan dalam merespon karya rupa.

Mengundang keterlibatan serta interaksi pengunjung dalam mengalami seni, ArtJog telah menggelar delapan sesi Meet the Artist dengan melibatkan 15 orang seniman.

Selain itu, dalam dua bulan, sebanyak 16 tur pameran telah digelar yaitu 8 tur pameran reguler setiap minggu, serta masing-masing 4 sesi tur untuk anak-anak dan pengujung berkebutuhan khusus.

ArtJog 2023 menegaskan komitmennya dalam menciptakan ruang seni yang inklusif dengan membuka akses lebih luas kepada anak-anak dan kawan difabel melalui ArtJog Kids, Pusat Layanan Disabilitas (PLD), dan berbagai kegiatan lain.

Selain itu, ArtJog juga memfasilitasi gerakan Artcare Indonesia dalam penyelenggaraan pameran dan penyaluran dukungan kepada 15 komunitas yang berjuang dalam bidang seni, budaya, kemanusiaan, pendidikan, dan lingkungan.

Selama pelaksanaannya, terpantau ragam pengunjung ArtJog 2023 semakin luas, tidak hanya publik pecinta seni tapi wisatawan domestik dan mancanegara turut menunjukkan antusiasmenya.

Angka kunjungan ArtJog 2023 mencapai lebih dari 100.000 orang, baik undangan maupun pengunjung reguler.

Selain itu ArtJog juga diramaikan oleh kunjungan berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Yogyakarta bahkan luar kota.

Dukungan 1000 tiket gratis untuk siswa dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek yang dijanjikan Hilmar Farid saat membuka ArtJog tahun ini juga telah terlaksana.

ARTJOG 2023_Closing Ceremony_Speech by the CEO of ARTJOG Heri Pemad
ArtJog 2023, Closing Ceremony, Speech by the CEO of ARTJOG Heri Pemad, photo : Tim ArtJog

Menanggapi kondisi kunjungan tahun ini, Heri Pemad selaku direktur ArtJog mengungkapkan bahwa sebagai agenda tahunan, ArtJog menjadi lebih percaya diri untuk terus menghadirkan pengalaman seni yang memperkaya khazanah seni budaya Indonesia.

Dalam orasi budayanya, Goenawan Mohamad menyampaikan bahwa sebuah peristiwa seni seyogyanya tidak hanya memamerkan karya, tetapi juga memfasilitasi ruang dan waktu demi terjadinya dialog, percakapan, serta apresiasi.

Hal serupa juga digarisbawahi oleh Dr. Suwarno Wisetrotomo yang mengungkapkan bahwa dalam usia ke 16 tahun, ArtJog telah konsisten menggerakkan roda-roda ekosistem seni meskipun telah banyak dihadang oleh badai cuaca, politik, serta pandemi.

Beliau berharap bahwa visi dan misi perihal inklusivitas segera disambut baik oleh pemangku kebijakan, sehingga selain memuliakan seniman, tata infrastruktur ruang seni hendaknya juga memuliakan segala lapisan pengunjung, khususnya kawan-kawan difabel.

Berkomitmen pada kemajuan seni dan budaya, ArtJog akan kembali hadir tahun 2024. Dimana untuk ArtJog 2024 akan diselenggarakan pada 28 Juni hingga 25 Agustus 2024.

Kesuksesan ARTJOG tidak terlepas dari dedikasi dan semangat bersama untuk menciptakan nyala dalam seni dan kebudayaan.

Seiring ditutupnya tirai ArtJog 2023, semoga warisan acara ini akan terus menggema dan mendorong semangat kolaborasi serta eksplorasi seni hingga perjumpaan-perjumpaan berikutnya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.