in

Ini Bahaya Bakar Sampah di Dekat Rel Kereta Api, Bisa Merusak Kabel Optik, Hingga Mengganggu Pandangan Masisnis!

gnews piknikdong
Bagikan:

Piknikdong.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto mengimbau kepada masyarakat agar tidak bakar sampah dekat rel Kereta Api, karena bisa membahayakan perjalanan KA.

Advertisements

“Bahaya sampah di jalur KA yang masuk ruang manfaat jalan, bila sampah itu dibakar yang asapnya bisa menggangu pandangan masinis,”

kata Manajer KAI Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, Jumat (11/8/2023).

Bahaya! Ternyata Ini Efeknya Jika Bakar Sampah di Dekat Jalur Rel Kereta Api-min
Bahaya! Ternyata Ini Efeknya Jika Bakar Sampah di Dekat Jalur Rel Kereta Api, photo : KAI.id

Krisbiyantoro menuturkan selain mengganggu pandangan masinis, suhu panasnya juga bisa merusak kabel optik yang ditanam dibawah tanah sepanjang jalur KA.

Dia menjelaskan kabel optik adalah perangkat persinyalan yang menjamin keselamatan perjalanan KA.

“Bila kabel optik rusak maka sinyal  dan komunikasi antar stasiun akan terganggu yang akan berpotensi bahaya dapat mengganggu keselamatan dan keamanan perjalanan KA,”

jelasnya.

Selain itu pembuangan sampah sembarangan juga bisa menghambat air pada drainase di sepanjang jalur KA yang bisa mengakibatkan banjir dan menggenangi jalur KA, termasuk juga bisa mempengaruhi tekstur tanah di sekitarnya jalur KA menjadi gembur dan ambles bahkan longsor.

Advertisements

Hal tersebut diingatkan oleh Krisbiyantoro terkait adanya laporan dari Masinis KA Argo Dwipangga (KA 10) dari Gambir tujuan Solo Balapan bahwa ada bakar rumput di KM 302+5 disamping jalur hulu, petak jalan antara Stasiun Prupuk – Linggapura sekitar pukul 12:22 WIB.

Info juga datang dari masinis KA Barang 2722 (Karacibon service) terlihat bakaran rumput di dekat jalur hulu km 353+0/1 antara Stasiun Purwokerto – Notog pada pukul14:12 WIB.

“KAI tentunya tidak membenarkan tindakan tersebut, mengingat saat ini musim kemarau dan kering yang dibarengi dengan angin kencang tentunya tindakan sembarangan membuang puntung rokok atau membakar dan membuang sampah di jalur KA, akan sangat membahayakan bagi perjalanan kereta api,”

Advertisements

ujarnya.

“Keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api adalah tanggung jawab bersama, untuk itu mari bersama-sama saling menjaga untuk tidak melakukan tindakan yang dapat memicu potensi bahaya sehingga mengganggu keselamatan dan keamanan perjalanan KA,”

tutup Krisbiyantoro.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.