Inilah 5 Pasar Ramadhan Paling Favorit di Jogja, Pilihan Tepat Untuk Ngabuburit

Bulan Ramadhan memang bisa dikatakan bulan yang penuh berkah, dimana ketika umat muslim berpuasa disiang hari maka sore hari adalah waktu yang tepat untuk mencari menu berbuka puasa.

Bicara menu berbuka puasa tentu akan lebih seru dan asik jika kita cari sendiri, lokasi yang asik, pilihan makanan yang banyak dan tentu harganya murah itu patokannya. Jadi untuk menjawab kriteria tersebut adalah dengan datang ke Pasar Sore Ramadhan.

Nah, di kota pelajar Yogyakarta fenomena Pasar Sore Ramadhan bukan hal yang baru lagi, bahkan bisa dibilang juga momen ini banyak dinantikan oleh penikmat kuliner dari berbagai kawasan.

Momen pasar yang hanya sekali dalam setahun menjadikan Pasar Ramadhan menjadi ajang untuk berkumpul (Ngabuburit) bagi anak muda  maupun masyarakat sekitar, tidak hanya harga makanan yang murah dan banyak pilihan saja, namun kita bisa mencicipi menu kuliner yang hanya muncul pada pasar Ramadhan.

Pasar Ramadhan di Yogyakarta sangatlah banyak, namun kali ini kita akan rangkum menjadi 5 Pasar Ramadhan Paling Favorit di Jogja. Penasaran dimana saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Kampung Ramadhan Jogokariyan

Kampung Ramadhan Jogokariyan, Image By IG : @masjidjogokariyan
Kampung Ramadhan Jogokariyan, Image By IG : @masjidjogokariyan

Pasar yang satu ini berlokasi di sepanjang jalan Jogokariyan, kebayang kan luasnya seperti apa? Dengan lahan yang luas, pengunjung akan dimanajakan dengan sedikitnya ada 300 pedagang yang siap menyuguhkan berbagai hidangan dalam pasar tahunan ini.

Pasar Ramadhan Jogokariyan menyediakan jajanan tradisional dan ada juga aneka ragam jajanan yang kekinian, maka tak heran jika pasar ini selalu ramai pengunjung yang ingin berburu takjil untuk berbuka puasa. Selain akses jalan yang mudah beragam pilihan menu menjadi daya tarik tersendiri di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan.

Pasar yang dikelola oleh pengurus Masjid Jogokariyan sejak tahun 2005, dan tahun demi tahun selalu mengalami peningkatan pengunjung, saking banyaknya pengunjung, bisa dikatakan jika perputaran uang selama pasar ramadhan ini bisa sampai miliaran. Super sekali yaa, tapi ini hal yang sangat wajar lho, mengingat masjid Jogokariyan merupakan salah satu masjid yang paling aktif di kawasan Jogjakarta. Selain acara tersebut masjid Jogokariyan juga sering menggelar acara keagamaan yang mendatangkan ulama dari berbagai daerah sampai mancanegara.

Meski  awalnya pasar ini dibuat untuk mensejahterakan dan mendongkrak penghasilan masyarakat sekitar kampung selama bulan ramadhan namun pada akhirnya pasar ini dibuka untuk pedagang umum. Perlu diperhatikan jika membuka stand di pasar ini tidak dikenakan biaya alias gratis, namun anda hanya akan mendapatkan satu slot ruang berukuran 1,5 x 1 meter persegi. hmm menarik sekali ya.

Jam Buka Kampung Ramadhan Jogokariyan : 15.30 – 18.00 WIB

2. Pasar Ramadhan Pakualaman

Pasar Ramadhan Pakualaman, Image By : jogja.tribunnews.com
Pasar Ramadhan Pakualaman, Image By : jogja.tribunnews.com

Pasar yang juga bernama lain gajah mada ramadhan festival ini tergolong baru dalam hal kegiatan pasar ramadhan di Jogjakarta karena pasar ini baru ada sejak tahun 2015 lalu, dan diprakarsai oleh warga purwokinanti.

Selain beragam kuliner yang ada di pasar Ramadhan Pakualaman kalian juga akan menjumpai berbagai macam dagangan dari pakaian hingga batu akik. Sangat menarik bukan? dengan memanfatkan lahan sekitar 200 meter disepanjang jalan Gajah Mada Pasar Ramadhan Pakualaman selalu ramai dengan pengunjung.

Jam Buka Pasar Ramadhan Pakualaman : 15.30 -18.00 WIB

3. Jalur Gaza Nitikan

Jalur Gaza Nitikan, Image By IG : @dyahnawaning
Jalur Gaza Nitikan, Image By IG : @dyahnawaning

Nama yang Pasar Ramadhan satu ini mengintakan kita Negara Palestina ya? Tapi Pasar  Sore Jalur Gaza Nitikan ini bukan di Palestina lho, tapi masih di Yogyakarta.

Jalur Gaza di Nitikan Yogyakarta ini merupakan sebuah singkatan dari Jajanan Lauk Sayur Gubug Ashar Zerba Ada, sehingga kalau disingkat akan menjadi JALUR GAZA. Sangat kreatif bukan?

Disini pengunjung akan menjumpai sedikitnya 130 pedagang dengan berbagai macam dagangan kulinernya, untuk para pedagang yang brjualan disini tidak diwajbkan membayar biaya ya, karena sistem yang diterapkan adalah infaq ke masjid secara sukaela.

Pasar yang diselenggarakan selama satu bulan penuh ini menaarik banyak pengunjung dan memiliki omset yang tergolong luar biasa. Penasaran dengan tempat ini silakan datang pada jam 15.00 – 17.45 ya!

Jam Buka Pasar Sore Jalur Gaza Nitikan : 15.00 – 17.45 WIB

4. Pasar Ramadhan Lembah UGM

Pasar Ramadhan Lembah UGM, Image By IG : @tribunjogja
Pasar Ramadhan Lembah UGM, Image By IG : @tribunjogja

Bagi yang sedang berlibur ke Yogyakarta dan berada di sekitar kampus UGM, maka jangan lewatkan keseruan dan keramaian yang ada di lembah UGM. Disini merupakan salah satu tempat pilihan untuk menanti waktu berbuka puasa. Sedikitnya terdapat ruas jalan yang terlihat selalu ramai, bahkan nyaris tak pernah sepi saat sore menjelang berebuka puasa.

Di kawasan ini, pengunjung akan menemukan beragam kuliner khas menjelang puasa mulai dari aneka es, gorengan hingga jajanan lainnya. Bikin ngiler kan?

Namun ada yang perlu diperhatikan saat berkunjung kesini, yakni jika mengendarai kendaraan pastikan memiliki stok sabar yang banyak karena ketika mulai sore ruas jalan ini akan sangat macet dengan banyaknya pengunjung. Ada salah satu alternatif jika ingin mencoba berkeliling di pasar ini yaitu dengan berjalan kaki.

Jam buka  Pasar Sore Lembah UGM 15.00 – 18.30

5. Pasar Sore Kauman

Pasar Sore Kauman, Image By IG : @jogja.kita.istimewa
Pasar Sore Kauman, Image By IG : @jogja.kita.istimewa

Pasar Sore Ramadhan Kauman yang terletak di jalan Ahmad Dahlan, tepatnya di kampung kauman RW 10- RW 13 ini merupakan pelopor munculnya pasar ramadhan di Yogjakarta. Bagaimana tidak, Pasar Sore Ramadhan Kauman sudah ada sejak tahun 1990-an.

Bagi yang tertarik ke pasar ramadhan ini cukup mudah kok, karena lokasinya yang tergolong dekat dengan titik nol jogjakarta, hanya berjarak sekitar 150an meter saja, dan ketiak sampai disana kalian akan disuguhi oleh sekitar 50 lebih pedagang yang siap dengan menu masing-masing disepanjang area sekitar 150an meter ini.

Pasar Sore Kauman Yogyakarta, Image By IG : @javafoodie
Pasar Sore Kauman Yogyakarta, Image By IG : @javafoodie

Namun ingat, tetap berhati-hatilah saat berkunjung kesini ya, apalagi jika memasuki waktu berbuka, karena banyaknya pengunjung yang berjejalan sebaiknya kalian tetap waspada dengan barang bawaannya.

Sering disebut sebagai sesepuh pasar ramadhan, Pasar  Ramadhan Kauman sangat pandai dalam hal memanjakan para pengunjungnya, baik dari segi makanan maupun tampilan, tidak jarang makanan yang disajikan hanya muncul pada saat ramadhan saja sehingga sangat sayang untuk melewatkan pasar yang satu ini.

Jam Buka Pasar Sore Ramadhan Kauman Yogyakarta  15.30 – 18.00

Nah itulah 5 Pasar Ramadhan Paling Favorit di Jogja, manakah yang akan kalian coba lebih dahulu? Dan mana yang menjadi favoritmu? Jangan lupa komentar ya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?