Dijamin Lezat! Inilah 10 Makanan Khas Maluku Yang Paling Terkenal

Tidak hanya menawarkan tempat wisata yang luar biasa indah, Maluku juga kaya akan ragam kulinernya yang sangat menggugah selera.

Hal ini wajar saja sih, karena jika kita tengok kebelakang lagi, penduduk Eropa pada jaman dulu menjuluki Maluku sebagaiKepualauan Rempah-Rempahkarena di Provinsi ini merupakan penghasil rempah-rempah terbaik.

Mencari makanan khas Maluku sebenarnya tidaklah sulit, namun yang menjadikannya sulit adalah memilih mana yang ingin dicicipi terlebih dahulu, karena sangatlah banyak, dan seperti judulnya, dijamin lezat.

Nah, maka dari itu, berikut ini piknikdong rangkum menjadi 10 makanan khas Maluku yang paling terkenal dan wajib banget dicicipi saat berada disana.

1. Papeda Maluku

Papeda Maluku, Image by : makanan-indonesia.weebly.com
Papeda Maluku, Image by : makanan-indonesia.weebly.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan Papeda? Salah satu makanan khas Maluku ini sudah terkenal di diseluruh Indonesia.

Papeda merupakan kuliner yang berbahan dasar tepung sagu yang dimasak hingga menjadi seperti bubur. Tekstur dari papeda kental, lentur, dan cenderung lengket dengan warna putih transparan.

Rasanya yang tawar menjadikan papeda digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi di daerah Maluku. Dalam penyajiannya, biasanya papeda akan disantap bersama ikan tongkol.

Cara menyantap papeda juga sangat unik, yakni menggunakan alat seperti sumpit untuk memindahkan papeda ke piring yang sudah berisi ikan tongkol dan kuahnya, atau orang Maluku menyebutnya dengan kuah ikan kuning.

2. Sambal Colo-colo

Sambal Colo-colo, Image by : hanyaresepku.blogspot.com
Sambal Colo-colo, Image by : hanyaresepku.blogspot.com

Makanan khas Maluku yang tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi adalah sambal colo-colo.

Seperti sambal pada umumnya, colo-colo juga merupakan makanan pelengkap, namun jika sedang di Maluku perlu dicatat, tidak boleh dilewatkan, karena rasanya unik dan lezat.

Yang paling unik dari Sambal Colo-colo adalah cara pembuatannya yang tidak perlu diulek (dilembutkan).

Colo-colo dibuat menggunakan irisan cabe rawit, bawang merah, tomat, jeruk nipis, dan garam. Semua bahan tadi dicampur dan diberi air perasan jeruk nipis, lalu ditambah sedikit air hangat, garam dan kecap manis.

Dalam penyajian sambal colo-colo bisa berdampingan dengan berbagai masakan seperti nasi, ubi rebus, papeda, ikan goreng, dan ikan komu asar.

3. Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar, tokomesin.com
Ikan Komu Asar, tokomesin.com

Ikan Komu Asar atau bisa juga dibilang ikan asap merupakan salah satu makanan khas Maluku yang sangat terkenal.

Kuliner khas Maluku Ikan Komu Asar biasanya menggunakan bahan utama ikan tongkol, cakalang hingga tuna, pemilihan ikan tersebut karena memiliki daging yang lebih tahan ketika proses pengasapan dan sesudahnya.

Dalam pembuatannya ikan akan ditusuk menggunakan bambu lalu dibungkus daun pisang dan diasap kurang lebih 1 jam. Dalam penyajiannya, ikan komu asar sangat cocok disandingkan dengan nasi dan sambal colo-colo.

4. Gohu Ikan

Gohu Ikan, Image By IG : @pelancongmakan
Gohu Ikan, Image By IG : @pelancongmakan

Jepang punya Sashimi, sedangkan di Maluku memiliki Gohu ikan.

Ya, memang mirip dengan sashimi di Jepang, Gohu ikan juga terbuat dari ikan tuna, atau cakalang mentah yang dipotong kecil seperti dadu lalu dicuci menggunakan perasan lemon dan garam.

Yang berbeda dari Sashimi Jepang adalah cara penyajiannya, untuk Gohu ikan Maluku akan disajikan bersama bumbu tumisan cabe rawit, dan bawang merah yang dirajang, lalu bumbu tersebut dituangkan diatas ikan, kemudian bisa dinikmati.

5.  Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda Khas Maluku, Image By : keluyuran.com
Ikan Kuah Pala Banda Khas Maluku, Image By : keluyuran.com
Advertisements

Makanan khas Maluku selanjutnya dalah Ikan Kuah Pala, yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku.

Jangan tanya rasa untuk makanan yang satu ini ya, karena dijamin lezat dan bikin ketagihan. Ikan kuah pala memiliki rasa segar yang khas, hal ini hadir karena adanya campuran buah pala.

Dalam penyajiannya, Ikan kuah pala biasanya bersanding dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar dan sambal bekasang. Perlu diketahui juga, sambal bekasang ini merupakan sambal dengan bahan dasar ikan cakalang yang ditumbuk.

6. Nasi Lapola

Nasi Lapola, Makanan Khas Maluku, Image by : beniarisandi.blogspot.co.id
Nasi Lapola, Makanan Khas Maluku, Image by : beniarisandi.blogspot.co.id

Nasi lapola merupakan makanan dengan bahan dasar beras, parutan kelapa dan kacang tolo. Selain lezat, nasi lapola juga sangat terkenal di Maluku, jadi wajib banget untuk dicicipi.

Rasa dari campuran kelapa parut, nasi dan kacang tolo seperti langsung lumer dimulut.  Nasi Lapola bisa langsung disantap tanpa ada tambahan makanan lain.

7.  Sagu Woku komo-komo

Sagu Woku komo-komo, Image by : genpi.co
Sagu Woku komo-komo, Image by : genpi.co

Seperti namanya, makanan khas Maluku yang satu ini berbahan dasar sagu.

Makanan ini sangatlah unik, karena dibungkus menggunakan daun woku. Daun Woku sendiri merupakan daun yang sering digunakan membungkus berbagai jenis masakan atau bisa dibilang pengganti daun pisang.

Sagu woku komo-komo juga memiliki beberapa bahan dasar lain yakni bawang putih, serai, jahe, dan jeroan ikan.

Rasa nikmat dari Sagu Woku Komo-komo akan memanjakan lidah saat dicicipi bersama nasi atau papeda.

8. Kohu-kohu atau urap khas Maluku

Kohu-kohu, image by : tandaseru.id
Kohu-kohu, image by : tandaseru.id

Kohu-kohu sama seperti urap pada umumnya, yang membedakan dan membuatnya spesial adalah urap khas Maluku ini menggunakan suwiran ikan cakalang untuk memperkaya rasa.

Selain bahan yang digunakan, perbedaan lain urap dan kohu-kohu adalah penyajiannya. Kohu-kohu biasanya disajikan bersama pisang, talas, singkong atau ubi yang direbus ataupun dikukus.

9. Rujak Natsepa

Rujak Natsepa, image by : traveltodayindonesia.com
Rujak Natsepa, image by : traveltodayindonesia.com

Rujak Natsepa meruapakan makanan legendaris yang berasal dari Pantai Natsepa Maluku.

Jika dilihat sekilas memang tidak jauh dengan rujak pada umumnya yang berbahan dasar  kedondong, mentimun, pepaya, nanas, jambu air, belimbing, dan berbagai pilihan buah lainnya, yang membedakannya adalah adanya buah pala yang dihaidrkan bersama irisan gula merah dan kacang tanah goreng.

Untuk menikmatinya, bisa langsung ke Pantai Natsepa Maluku, menikmati keindahan alam dan menikmati ragam kulinernya akan sangat lengkap disini.

10. Pisang Asar

Pisang Asar, image by : senadunglautbiru.blogspot.com/
Pisang Asar, image by : senadunglautbiru.blogspot.com/

Pisang Asar merupakan salah satu makanan khas Maluku yang paling terkenal, karena biasa dijajakan diberbagai tempat wisata disana.

Pisang asar merupakan makanan dari olahan pisan yang dibakar atau dipanggang menggunakan oven. Pisang asar sangat sempurna jika dinikmati saat sore hari bersama secangkir teh ataupun kopi.

Dalam pembuatannya, Pisang Asar tidak boleh menggunakan pisang sembarangan lho. Hanya pisang raja saja yang paling cocok.

Itulah 10 makanan khas Maluku yang paling terkenal dan dijamin lezat. Dari sekian banyaknya pilihan, tentu tidak cukup jika hanya sehari singgah di Maluku.

Menurut kalian bagaimana? atau ada rekomendasi lain? Jangan lupa share di komentar ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.6 / 5. Jumlah 29

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?