5 Tips Menabung Bagi Karyawan Gaji 2 Jutaan

Siapa bilang karyawan gaji 2 jutaan tidak bisa menabung? Memiliki dana simpanan atau tabungan itu sangat penting lho, apa lagi yang memang memiliki gaji pas-pasan.

Memang beberapa ahli keuangan memberikan saran setidaknya 30% gaji bulanan ditabung, namun bagi karyawan gaji 2 jutaan tentu agak sulit kan ya?

Tips Menabung Bagi Karyawan Gaji 2 Jutaan
Tips Menabung Bagi Karyawan Gaji 2 Jutaan

Tapi, sulit bukan berati tidak bisa menabung lho, berikut ini ada beberapa tips dan cara menabung bagi karyawan. Sangat mudah diterapkan kok, simak yuk!

1. Tabung dulu setelah gajian

Tips menabung bagi karyawan yang pertama adalah dengan memprioritaskan menabung dahulu setelah gajian.

Jadi, setelah gajian jangan lupa untuk segera memisahkan dana untuk ditabung lalu sisanya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Tak perlu memikirkan harus 30% kok, 10%  atau bahkan 5% persen pun jadi, jangan tunggu mampu, mulailah dari yang kecil.

2. Penggunaan dana secara efisien adalah kunci

Tak sedikit orang yang mengungkapkan mereka sudah menyisihkan uang untuk ditabung, namun karena kurangnya pemahaman tentang penggunaan secara efisien, alhasil tabungannya pun diambil lagi untuk digunakan.

Biasanya hal yang tidak efisien ini adalah penggunaan dana untuk nongkrong dengan teman-teman di cafe atau bar favorit. Hal ini memang tidak ada salahnya sih, tapi jangan terlalu sering.

Selain itu mengurangi nongkrong dengan teman bukan berati mengorbankan kehidupan sosial lho ya, apabila memang ingin nongkrong, cobalah memilih tempat yang cenderung lebih murah saja.

3. Carilah celah dari kebutuhan operasional

Mencari celah dari kebutuhan operasional sebenarnya tidak sulit kok, walaupun masih menjadi karyawan gaji 2 jutaan, tapi memang memerlukan waktu untuk membiasakannya.

Dana operasional seperti transportasi setiap hari misalnya. Ketika setiap hari menggunakan seperti motor, hitunglah berapa dana untuk bensin, parkir dll setiap bulannya, bandingkanlah dengan pengeluaran apabila menggunakan transportasi umum.

Sekarang ini banyak sekali promo transportasi umum lho, salah satunya adalah ojek online. Manfaatkan kode promo yang ada, maka kita sudah bisa menabung sedikit demi sedikit.

4. Gunakanlah rekening lain untuk menabung

Di era sekarang ini, tidaklah sulit untuk memiliki beberapa rekening tabungan.

Memiliki beberapa rekening tabungan ternyata sangatlah bermanfaat, apalagi digunakan untuk menabung.

Jika ingin menerapkan hal ini, jangan lupa untuk membatasi fasilitas transaksinya, salah satu contohnya tidak menggunakan ATM, SMS banking, atau fasilitas kemudahan bertransaksi lainnya.

Membatasi fasilitas kemudahan yang ditawarkan bank adalah cara terbaik untuk membatasi kita menggunakan dana yang sudah kita tabung sebelumnya.

5. Ikut arisan

Selain untuk menabung, arisan juga sangat efektif untuk menjalin silaturahmi sesama anggota.

Dengan mengikuti arisan tentu mau tidak mau harus menyisihkan gaji bulanan kita untuk disetorkan, dan baru bisa dinikmati saat mendapat giliran atau menang arisan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum ikut arisan, yakni tentang kemampuan membayar. Sesuaikanlah dengan gaji yang dimiliki, jangan sampai berhenti ditengah jalan karena tidak mampu membayar iuran.

Selain itu, perhatikan pula arisan yang akan diikuti, sekarang ini banyak sekali orang tertipu arisan bodong. Hal ini karena mereka tergiur iming-iming yag besar, bahkan beberapa diantaranya sangat tidak wajar.

Arisan paling aman adalah dengan orang yang ada disekeliling kita seperti arisan kantor, komplek, ataupun arisan keluarga.

Itulah 5 tips menabung bagi karyawan gaji 2 jutaan. Sebenarnya menabung itu tidaklah sulit, namun yang sulit adalah membulatkan niat untuk menabung. Jadi mulai dari sekarang biasakanlah untuk menabung terlebih dahulu.

Besar kecilnya tabungan itu tak masalah, yang penting adalah memulainya. Selamat menabung.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4 / 5. Jumlah 5

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?