Inilah 10 Menu Sarapan Pagi Sehat, Mudah Dibuat Dan Murah!

Pola hidup sehat saat ini sudah sering kali digembar-gemborkan. Namun tidak dijelaskan secara detail tentang bagaimana cara memulainya. Untuk memulai sebuah pola hidup yang sehat bisa dimulai dari menu sarapan pagi sehat yang bergizi tinggi.

Kenapa harus sarapan pagi?

Karena dengan melewatkan sarapan, tubuh akan kekurangan energi dan nantinya, justru akan membuat kita merasa “lapar sekali” pada saat makan siang.

Selain itu juga, melewatkan sarapan juga akan membuat tubuh merasa lelah dan tak bersemangat.

Bingung mau memasak sarapan yang seperti apa? Cek 10 menu sarapan pagi sehat berikut ini yuk! Check it out!

1. Avocado Toast

Avocado Toast
Avocado Toast, image by : pixabay

Menu sarapan kali ini sangatlah mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menghaluskan alpukat hingga menjadi seperti bubur.

Lalu panggang roti hingga kecoklatan dan oleskan bubur alpukat ke permukaan roti.

Jika kamu merasa cukup hambar, kamu bisa menambahkan potongan buah lain seperti pisang, strawberry atau tambahkan daun basil agar lebih terasa segar.

Tadaa, avocado toast kamu sudah selesai dan siap disantap! Dengan kandungan nutrisi alpukat dan karbo dari roti, tentunya bisa membuat tubuhmu lebih bersemangat untuk memulai hari.

2. Salad Buah

Salad buah
Salad buah, image by : pixabay

Kamu bisa membeli salad yang sudah jadi untuk dimakan esok paginya, atau kamu bisa membuatnya sendiri.

Untuk membuatnya pun tidak lah susah, kamu bisa menambahkan susu kental manis, yoghurt dan sedikit perasan jeruk di atas potongan buah yang kamu suka.

Kombinasi antara buah dan yoghurt tentunya akan memberikan nutrisi yang cukup banyak seperti serat, vitamin dan bakteri baik. Ini akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan membersihkan usus dari sisa makanan.

3. Potongan Buah

Potongan Buah
Potongan buah, image by : pixabay

Jika kamu tidak terlalu suka salad buah, kamu bisa loh sarapan hanya dengan potongan buah yang kamu suka.

Misal seperti pepaya, nanas, atau apel bisa kamu potong hingga kecil dan kamu santap selagi masih segar.

Manfaat dari buah pepaya yang memiliki banyak serat bisa melancarkan bab kamu lho. Buah apel juga sudah terkenal memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu mengurangi efek dari radikal bebas.

4. Smoothies

Smoothies
Smoothies, image  : pixabay

Bosan kalau hanya potongan buah? Kamu bisa loh membuat smoothies dengan buah-buahan yang kamu suka. Kamu hanya perlu membekukan buah seperti stroberi atau blueberry pada malam harinya.

Dan di pagi harinya, kamu bisa memblender buah tersebut dengan menggunakan susu rendah lemak.

Teksturnya yang seperti ice cream tentunya akan membuatmu merasa lebih kenyang dan tentunya lezat.

Smoothies dengan buah utuh juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Karena tidak melalui banyak proses, sehingga vitamin dan serat juga masih terjaga. Pencernaan juga akan lebih lancar dan kebutuhan nutrisi terjaga.

5. Sandwich

Sandwich
Sandwich, image by : pixabay

Kalau kamu tidak terlalu suka manis, bisa banget loh membuat sandwich ini. Sandwich dengan tambahan sayur selada, keju telur dan daging bisa menemani pagimu dengan tidak telalu manis.

Kebutuhan energi tubuh juga akan terpenuhi dengan karbohidrat dari roti. Selain itu protein dalam telur dan daging juga bisa memberikanmu tenaga ekstra yang membuatmu lebih bersemangat!

6. Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal, image  : pixabay

Oatmeal sudah terkenal sekali dengan kandungan serat dan rendah karbo simplexnya dan justru memiliki karbo kompleks yang membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Oatmeal pun bisa dinikmati dengan berbagai menu. Seperti, kamu bisa memasaknya dengan susu rendah lemak dan topping buah di atasnya. Atau dinikmati dengan kuah soto dan sebagai pengganti nasi.

Meskipun terasa lebih hambar, kandungan nutrisi dari oatmeal bisa menurunkan resiko serangan jantung scara signifikan loh. Menu satu ini wajib kamu coba!

7. Sereal

Sereal
Sereal, image by : pixabay

Jika kamu tidak teralu suka rasa dari oatmeal yang lebih hambar, kamu bisa coba menggantinya dengan sereal yang lebih manis.

Kombinasi antara sereal dan susu adalah kombinasi yang paling menyenangkan bagi anak-anak.

Namun, makanlah sesuai anjuran produk, karena kandungan gula yang tinggi dari sereal bisa membuat tubuh kelebihan gula dan justru menyebabkan mengantuk. Jadi, makanlah sesuai aturan ya!

8. Onigiri

Onigiri
Onigiri, photo: pixabay

Jika kamu termasuk orang yang tidak makan kalau tidak makan nasi, onigiri bisa menjadi jawaban untuk menu sarapan pagi sehat.

Bentuknya yang praktis, dan isian yang lezat, tentunya bisa memeberikan energi untuk aktivitas pagi ke siangmu.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan onigiri di minimarket terdekat, dengan harga yang lumayan murah. Onigiri bisa menjadi alternatif bagimu jika kamu tidak sempat menyiapkan sarapanmu di rumah.

9. Telor Orak-arik

Telor Orak-Arik
Telor Orak-Arik, image by : pixabay

Telur orak-arik, atau scrambled egg. Meskipun terlihat sepele, bisa menjadi spesial jika kamu tambahkan jamur, wortel atau jagung. Nantinya telur orak arik ini bisa kamu sajikan dengan roti tawar sebagai isian. Mudah bukan?

10. Roti

Roti
Roti, image by :pixabay

Roti menjadi pilihan terakhir karena sangat praktis. Kamu bisa membeli roti tawar yang kemudian dipanggang di atas teflon dan makan.

Atau kalau dirasa terlalu hambar kamu bisa memberikan topping seperti susu kental manis atau selai favoritmu.

Nutrisi yang ada di roti memang tidak sebanyak seperti buah atau sayur, tapi energi yang ada pada roti sudah cukup untuk kita melakukan aktivitas sampai makan siang selanjutnya.

Itu tadi adalah beberapa menu sarapan pagi sehat. Selain mudah, kandungan nutrisi yang diperoleh juga sangat cukup.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 7

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini