Pameran Seni Avra Kadavra, Hasil Kolaborasi Artotel Artspace Dengan Selatan Klub

Artotel Artspace bekerjasama dengan Selatan Klub mempersembahkan pameran seni sebagai sebuah kolaborasi ajaib berjudul “AVRA-KADAVRA”.

Pameran seni ini akan dibuka untuk umum dari tanggal 27 Mei -27 Juli 2021 di Artspace Artotel Yogyakarta.

Pameran Seni Avra Kadavra
Pameran Seni Avra Kadavra, photo : Andri/piknikdong

Selatan Klub adalah wadah bagi seniman untuk mengembangkan karya seni melalui kolaborasi.

Pameran karya seni ini, menampilkan 7 seniman berbakat Indonesia yang memiliki keunikan dan keajaiban masing-masing diantaranya: Andi Acho Mallaena, Galieh Wicaksono, Krismarliyanti, Rawraw, Tehato, Wisnu Aji Kumara, dan Yula Setyowidi.

Selatan Klub sepakat menggunakan istilah “Avra-Kadavra” sebagai titik awal untuk memperkenalkan karya kepada publik.

Meyakini fantasi dan imajinasi yang mustahil diwujudkan dapat menjadi kenyataan lewat trik-trik magic.

Avra kadavra adalah sebuah mantra yang digunakan sebagai kata ajaib dalam trik sulap, dan menurut sejarah, kata ini diyakini memiliki kekuatan penyembuhan ketika tertulis di sebuah
jimat.

Kata ini sering dikaitkan dengan praktik ritual, talisman dan pentakel yang menunjukkan simbol dengan ekspresi baik berupa bunyi-bunyian maupun tulisan.

Pada abad pertengahan, kata ini digunakan sebagai formula ajaib. Avrakadavra disini hendak mengembalikan bagaimana sebuah karya seni memiliki kekuatan magis atau sihir dalam bentuk estetikanya.

Sihir disini bukan sebuah Ilmu hitam atau kekuatan supranatural tapi sebuah medium refleksi atas situasi sekarang, di saat pandemi covid-19 yang berlangsung selama satu tahun ini.

Pameran ini mengangkat bagaimana refleksi atas keadaan saat ini ke dalam bentuk karya seni rupa dan menghadirkan dimensi lain atas rupa.

Pameran Seni Avra Kadavra
Pameran Seni Avra Kadavra di Artotel Jogja, photo : Andri/piknikdong

Karya-karya di dalam pameran ini menghadirkan keinginan atau bentuk dari sesuatu yang secara material tidak ada di dunia nyata, menghadirkan nuansa atau situasi yang tak kasat mata dan secara tidak langsung mengubah cara pandangan kita dari dunia yang terlihat saat sekarang.

Hal ini terlihat dari karya karya yang ditampilkan para seniman yaitu 17 karya seni lukis yang dibuat dari keajaiban warna dan kreativitas masing-masing dari mereka.

“Berharap pameran seni kali ini dapat menjadi wadah untuk berkarya dan membantu membangkitkan kembali industri kreatif khususnya di Yogyakarta.”

kata Tuning Mamiek, General Manager ARTOTEL Yogyakarta.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 10

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini